RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Teks Puisi
|
Sekolah |
SMPN 1 MATARAM |
|
|
Mata Pelajaran |
Bahasa Indonesia |
|
|
Kelas/ Semester |
VIII/1 |
|
|
Materi Pokok |
Teks Puisi |
|
|
Alokasi Waktu |
1x pertemuan (2 JP) |
|
A |
Kompetensi Inti |
|
|
|
Sikap Spritual (KI-1) |
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. |
|
|
Sikap Sosial (KI-2) |
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
|
|
Pengetahuan (KI-3) |
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata |
|
|
Keterampilan (KI-4) |
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. |
|
B |
Kompetensi Dasar |
|
|
|
Kompetensi Pembelajaran-KD.3.7 |
Mengidentifikasi unsur-unsur
teks puisi (membanggakan dan
memotivasi) yang didengar dan dibaca |
|
|
Indikator |
3.7.1 Menjelaskan pengertian teks puisi yang dibaca atau ditayangkan 3.7.2 Mendata unsur-unsur teks puisi |
|
C |
Tujuan Pembelajaran |
·
Menjelaskan
pengertian teks puisi yang dibaca atau ditayangkan. ·
Mendata unsur-unsur teks
puisi. |
|
|
|
|
|
D |
Materi Pembelajaran |
1.
Pengertian
teks puisi 2. Unsur-unsur teks puisi |
|
E |
Metode Pembelajaran |
1.
Pendekatan : Saintifik 2.
Metode : Diskusi, tanya jawab, 3.
penugasan 4.
Model : Belajar kelompok |
|
F |
Media, Alat dan Sumber Belajar |
|
|
|
Media |
Teks puisi
yang berjudul “Serenada Hijau” |
|
|
Alat dan Bahan |
·
LCD ·
Laptop ·
Papan Tulis ·
Spidol |
|
|
Sumber Belajar |
Harsiati, Titik at all. 2016. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
SMP/MTs Kelas VIII
(Edisi Revisi 2016). Jakarta: Kemdikbud |
|
G |
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran |
|
|
|
1. Pertemuan ke-1 |
|
|
|
a |
Pendahuluan/ kegiatan awal (10
menit) |
·
Peserta
didik merespon salam dari guru. ·
Guru menanyakan kabar dan
memeriksa kehadiran peserta didik. ·
Salah satu peserta didik memimpin
doa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. ·
Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat,
dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan. ·
Guru membagi menjadi peserta didik di enam kelompok. ·
Guru meminta peserta didik untuk
tenang saat memulai pembelajaran. |
|
b. |
Kegiatan Inti (60 menit) |
·
Peserta didik mengamati puisi
yang didengar atau dibaca. ·
Guru dan peserta didik bertanya
jawab mengenai pengertian dan unsur-unsur, teks puisi yang telah didengar
atau dibaca. ·
Dengan berdiskusi, peserta didik
menjelaskan pengertian teks puisi dan mengidentifikasi unsur-unsur yang ada
di dalam teks puisi yang dibaca atau didengar. ·
Dengan berdiskusi, peserta didik
menyimpulkan pengertian puisi. ·
Dengan berdiskusi peserta didik
menyimpulkan hasil identifikasinya terhadap unsur-unsur puisi yang dibaca
atau didengar. ·
Setiap kelompok mempresentasikan
hasil diskusinya di depan kelas. |
|
c. |
Penutup (10 menit) |
·
Peserta didik merefleksi materi
pelajaran yang telah dipelajari. ·
Guru memberikan apresiasi terhadap
hasil pembelajaran
peserta didik. ·
Guru menginformasikan materi
pelajaran selanjutnya. ·
Guru memberi motivasi
berupa kata mutiara Guru dan peserta didik menutup
pelajaran dengan berdoa. |
A. Penilaian Hasil
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Jenis dan Teknik Penilaian
a. Kompetensi Sikap/ Afektip:
·
Observasi
b. Kompetensi Pengetahuan/ Kognitif:
·
Tes
Tulis
c. Kompetensi keterampilan/
Psikomotorik:
·
Kinerja
a)
Penilaian Sikap
Instrumen
Penilaian :
·
Lembar
Observasi
LEMBAR OBSERVASI
Mata Pelajaran : Bahasa Indoenesia
Kelas : VIII B
Materi : Teks Puisi
No. |
Nama
Siswa |
Sikap
Pribadi |
Skor
Sikap |
Jumlah
Skor |
Nilai |
|||
BS |
JJ |
TJ |
DS |
|||||
1. |
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
DWI AJENG
KARTIKA |
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
• BS :
Bekerja Sama
• JJ :
Jujur
• TJ :
Tanggung Jawab
• DS :
Disiplin
Catatan
:
2.
Aspek
perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat
Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25
=
Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai
dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 =400
3.
Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
b)
Penilaian
Pengetahuan
1). Teknik penilain : tes tertulis
2). Kisi-kisi :
No. |
Kompetensi
Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Bentuk
penilaian |
Instrumen |
1. |
Mengidentifikasi
unsur-unsur teks puisi (membanggakan
dan memotivasi) yang didengar dan dibaca |
3.
Menjelaskan pengertian puisi 4.
Mendata unsur-unsur
teks puisi |
Uraian |
1.
Jelaskanlah pengertian puisi ! 2.
Datalah unsur-unsur puisi yang terdapat pada puisi
tersebut ! |
Teks Puisi |
||||
Serenade
Hijau Oleh
W.S Rendra Kupacu
kudaku Kupacu
kudaku menujumu. Bila
bulan menegur
salam dan
syahdu malam bergantung
di dahan-dahan. Menyusuri
kali kenangan yang
berkata tentang rindu dan
terdengar keluhan dari
batu yang terendam. Kupacu
kudaku. Kupacu
kudaku menujumu. Dan
kubayangkan sedang
kau tunggu daku sambil
kau jalin rambutmu yang panjang. |
Kunci Jawaban :
2.
Puisi
adalah Puisi atau karangan yang mengungkapkan pikiran pikiran dan perasaan
dengan mengutamakan keindahan kata-kata.
3.
Unsur-unsur
puisi :
a.
Majas
·
Majas pesonifikasi
1.
Bila bulan menegur salam
2.
Syahdu malam bergantung di dahan-dahan
3.
Terdengar keluhan dari batu yang terendam
4.
Kali kenangan yang berkata tentang rindu
·
Majas paralelisme
Kupacu
kudaku
Kupacu
kudaku menujumu
·
Majas hiperbola
Menyusuri kali
kenangan
b.
Irama
Irama
dalam puisi tersebut diekspresikan dengan dengan tenang dan bahagia sebagai
tanda dari rasa rindu. Hal ini terlihat pada kata kupacu kudaku, kupacu kudaku
menujumu yang menggambarkan seseorang mempercepat kendaraannya dengan
bersemangat untuk menemui kekasihnya.
c.
Kata konotasi
1.
Kudaku maknanya kendaraan
2.
Bulan menegur salam maknanya sudah mulai malam
3.
Kali kenangan maknanya ingatan atau kenangan yang lalu
4.
Batu yang terendam maknanya perasaan hati yang
terpendam
5.
Jalin rambutmu yang panjang maknanya memain-mainkan
rambut
d.
Kata berlambang
1.
Bulan melambangkan malam
2.
Batu melambangkan hati atau perasaan
e.
Kata pengimajinasian
1.
Kupacu kudaku (imajinasi visual)
2.
Menegur salam (imajinasi audio)
3.
Syahdu malam bergantung di dahan-dahan (imajinasi
visual)
4.
Menyusuri kali kenangan (imajinasi visual)
5.
Berkata tentang rindu (imajinasi audio)
6.
Terdengar keluhan dari batu yang terendam imajinasi
audio)
4.
Sambil kau jalin rambutmu yang panjang (imajinasi
visual)
c)
Penilaian
Hasil Belajar
Rubrik
penilaian pengertian puisi dan unsur-unsur puisi
No. |
Aspek |
Deskripsi |
Skor |
1. |
Menjelaskan pengertian teks puisi |
Peserta didik menjelaskan pengertian puisi dengan tepat |
1-10 |
2. |
Mendata unsur-unsur puisi |
Peserta didik mendata majas puisi dengan tepat |
1-20 |
Peserta didik mendata irama dalam puisi dengan tepat |
1-10 |
||
Peserta didik mendata kata-kata konotasi dengan
tepat |
1-20 |
||
Peserta didik mendata kata-kata berlambang dengan
tepat |
1-20 |
||
Peserta didik mendata kata-kata pengimajinasian
dengan tepat. |
1-20 |
||
Skor
Maksimal |
6-100 |
Komentar
Posting Komentar