Capaian Umum
Pada akhir fase D, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa
untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks sosial, dan
akademis. Peserta didik mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi
informasi paparan tentang topik yang beragam dan karya sastra. Peserta didik
mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi, mempresentasikan, dan menanggapi
informasi nonfiksi dan fiksi yang dipaparkan; Peserta didik menulis berbagai
teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur,
dan menuliskan tanggapannya terhadap paparan dan bacaan menggunakan pengalaman
dan pengetahuannya. Peserta didik mengembangkan kompetensi diri melalui pajanan
berbagai teks untuk penguatan karakter.
Capaian Per Elemen
Menyimak
Peserta didik mampu menganalisis dan memaknai informasi
berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang tepat dari
berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) audiovisual dan aural dalam bentuk
monolog, dialog, dan gelar wicara. Peserta didik mampu mengeksplorasi dan
mengevaluasi berbagai informasi dari topik aktual yang didengar.
Membaca dan Memirsa
Peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran,
pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks deskripsi,
narasi, puisi, eksplanasi dan eksposisi dari teks visual dan audiovisual untuk
menemukan makna yang tersurat dan tersirat. Peserta didik menginterpretasikan
informasi untuk mengungkapkan simpati, kepedulian, empati atau pendapat pro dan
kontra dari teks visual dan audiovisual. Peserta didik menggunakan sumber
informasi lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan
informasi pada teks. Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi
berbagai topik aktual yang dibaca dan dipirsa.
Berbicara dan Mempresentasikan
Peserta didik mampu menyampaikan gagasan, pikiran,
pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan pengajuan usul, pemecahan masalah,
dan pemberian solusi secara lisan dalam bentuk monolog dan dialog logis,
kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu menggunakan dan memaknai kosakata baru
yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk berbicara dan
menyajikan gagasannya. Peserta didik mampu menggunakan ungkapan sesuai dengan
norma kesopanan dalam berkomunikasi. Peserta didik mampu berdiskusi secara
aktif, kontributif, efektif, dan santun. Peserta didik mampu menuturkan dan
menyajikan ungkapan simpati, empati, peduli, perasaan, dan penghargaan dalam
bentuk teks informatif dan fiksi melalui teks multimoda. Peserta didik mampu
mengungkapkan dan mempresentasikan berbagai topik aktual secara kritis.
Menulis
Peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan,
arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan
kreatif. Peserta didik juga menuliskan hasil penelitian menggunakan metodologi
sederhana dengan mengutip sumber rujukan secara etis. Menyampaikan ungkapan
rasa simpati, empati, peduli, dan pendapat pro/kontra secara etis dalam
memberikan penghargaan secara tertulis dalam teks multimodal. Peserta didik
mampu menggunakan dan mengembangkan kosakata baru yang memiliki makna
denotatif, konotatif, dan kiasan untuk menulis. Peserta didik menyampaikan
tulisan berdasarkan fakta, pengalaman, dan imajinasi secara indah dan menarik
dalam bentuk prosa dan puisi dengan penggunaan kosa kata secara kreatif.
ALUR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) KURIKULUM MERDEKA |
Nama Sekolah : SMPN 4
MATARAM Nama penyusun : DEVI HERDIANI, S.Pd., Gr. NIK : 3672087105900001 Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia Fase D, Kelas / Semester :
VIII (Delapan) / I (Ganjil) &
II (Genap) |
ALUR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN
(ATP) BAHASA INDONESIA FASE D KELAS VIII
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Satuan Pendidikan : SMP
Fase D, Kelas / Semester : VIII (Delapan) / I
(Ganjil) dan II (Genap) Tahun Pelajaran : 2023/2024
A.
Rasional Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia
Kemampuan berbahasa, bersastra, dan berpikir merupakan
fondasi dari kemampuan literasi. Semua bidang kajian, bidang kehidupan, dan
tujuan-tujuan sosial menggunakan
kemampuan literasi. Literasi menjadi kemampuan sangat penting yang digunakan
untuk bekerja dan belajar sepanjang hayat. Dengan demikian, pembelajaran bahasa Indonesia merupakan pembelajaran
literasi untuk berbagai tujuan berkomunikasi dalam konteks sosial budaya
Indonesia. Kemampuan literasi
dikembangkan ke dalam pembelajaran menyimak, membaca dan memirsa, menulis,
berbicara, dan mempresentasikan untuk berbagai
tujuan berbasis genre yang terkait dengan penggunaan bahasa dalam
kehidupan. Setiap genre memiliki tipe teks
yang didasarkan pada alur pikir— struktur—khas teks tertentu. Tipe teks merupakan alur pikir yang dapat mengoptimalkan penggunaan bahasa untuk bekerja
dan belajar sepanjang hayat.
Model utama yang digunakan dalam pembelajaran bahasa
Indonesia adalah pedagogi genre. Model ini memiliki empat tahapan, yaitu:
penjelasan untuk membangun konteks
(explaining, building
the context), pemodelan
(modelling), pembimbingan (joint construction), dan pemandirian (independent construction). Di samping pedagogi
genre, pembelajaran bahasa Indonesia dapat dikembangkan dengan model-model lain
sesuai dengan pencapaian pembelajaran tertentu.
Pembinaan dan pengembangan kemampuan berbahasa
Indonesia akan membentuk pribadi
Pancasila yang beriman, bertakwa
kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berpikir kritis,
mandiri, kreatif, bergotong royong, dan berkebinekaan global. Rasional
sebagaimana diuraikan di atas dapat dipaparkan pada gambar 1 sebagai berikut.
Gambar 1: Rasional Pembelajaran Bahasa
Indonesia
B. Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia Setiap Fase D (Umumnya
untuk kelas VIII SMP/MTs/Program Paket B)
Pada akhir fase D, peserta didik memiliki kemampuan
berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks
sosial, dan akademis. Peserta didik
mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi paparan tentang topik
yang beragam dan karya sastra. Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi, mempresentasikan, dan
menanggapi informasi nonfiksi dan fiksi yang dipaparkan; Peserta didik menulis
berbagai teks untuk menyampaikan
pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur, dan menuliskan
tanggapannya terhadap paparan dan bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya. Peserta
didik mengembangkan kompetensi diri melalui pajanan berbagai teks untuk penguatan karakter.
Fase D Berdasarkan Elemen.
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Menyimak |
Peserta didik mampu menganalisis dan
memaknai informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan
atau pesan yang tepat
dari berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) audiovisual dan aural dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara. Peserta didik mampu
mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai informasi dari
topik aktual yang
didengar. |
Membaca
dan Memirsa |
Peserta didik memahami informasi berupa
gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks deskripsi, narasi, puisi, eksplanasi dan
eksposisi dari teks visual dan audiovisual
untuk menemukan makna
yang tersurat dan tersirat. Peserta didik menginterpretasikan informasi untuk mengungkapkan
simpati, kepedulian, empati atau pendapat pro dan kontra dari teks visual dan
audiovisual. Peserta didik
menggunakan sumber informasi lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta |
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
|
membandingkan informasi pada teks. Peserta didik mampu
mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai topik aktual
yang dibaca dan
dipirsa. |
Berbicara dan Mempresentasikan |
Peserta didik
mampu menyampaikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan
atau pesan untuk
tujuan pengajuan usul,
pemecahan masalah, dan pemberian solusi secara lisan dalam bentuk
monolog dan dialog logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu
menggunakan dan memaknai
kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif,
dan kiasan untuk berbicara dan menyajikan gagasannya. Peserta didik mampu menggunakan ungkapan sesuai
dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. Peserta didik mampu
berdiskusi secara aktif,
kontributif, efektif, dan
santun. Peserta didik mampu menuturkan dan menyajikan ungkapan simpati,
empati, peduli, perasaan, dan penghargaan
dalam bentuk teks informatif dan fiksi melalui teks multimoda. Peserta didik
mampu mengungkapkan dan
mempresentasikan berbagai topik
aktual secara kritis. |
Menulis |
Peserta didik mampu
menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk
berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik juga menuliskan hasil
penelitian menggunakan
metodologi sederhana dengan
mengutip sumber rujukan
secara etis. Menyampaikan ungkapan rasa simpati, empati, peduli, dan pendapat pro/kontra secara etis dalam
memberikan penghargaan secara tertulis dalam teks multimodal. Peserta
didik mampu menggunakan dan mengembangkan
kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk
menulis. Peserta didik
menyampaikan tulisan berdasarkan fakta, pengalaman, dan imajinasi secara
indah dan menarik
dalam bentuk prosa dan puisi dengan
penggunaan kosa kata secara kreatif. |
ALUR DAN TUJUAN
PEMBELAJARAN DALAM RANGKA
PENGEMBANGAN PERANGKAT AJAR (BAHASA INDONESIA
FASE D KELAS VII)
Semester : I (Ganjil)
Bab I : Menulis Teks
Laporan Hasil Observasi |
||||||
Capaian Pembelajaran (CP) |
Capaian Pembelajaran Elemen |
Alur Tujuan Pembelajaran
dalam setiap fase |
Kata/Frasa Kunci,
Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat |
Perkiraan Jumlah Jam |
Profil Pelajar Pancasila |
Glosarium |
Pada akhir fase D,
peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi
dan bernalar sesuai dengan
tujuan, konteks sosial, dan akademis. Peserta didik mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi paparan tentang topik yang beragam
dan karya sastra. Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi, mempresentasikan, dan menanggapi |
Menyimak § Peserta didik mampu menganalisis
dan memaknai informasi berupa gagasan,
pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang tepat
dari berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) audiovisual dan aural dalam bentuk
monolog, dialog, dan gelar
wicara. Peserta didik mampu
mengeksplorasi dan
mengevaluasi berbagai informasi dari
topik aktual |
§ Peserta didik memahami observasi sebagai
kata kunci dari sebuah teks laporan
hasil observasi. § Peserta didik bisa menjelaskan, bahwa
informasi dalam sebuah teks laporan hasil observasi didapatkan melalui hasil pengamatan. Dengan
demikian, informasi tersebut benar dan nyata adanya. § Peserta didik juga bisa menyebutkan informasi yang |
§ Kata/frasa
kunci: mengenal teks laporan hasil observasi § Topik/konten inti: teks laporan hasil observasi
dan informasi dalam teks LHO § Penjelasan
singkat: memahami observasi sebagai kata kunci dari sebuah teks laporan
hasil observasi, menjelaskan, bahwa informasi dalam
sebuah teks laporan hasil observasi didapatkan |
6 JP |
§ Mandiri § Bernalar kritis § Kreatif. |
A analogi
: membandingkan dua
hal yang mempunyai kesamaan bentuk dengan cara kiasan antonim
: kata- kata yang maknanya berlawanan D data : kumpulan informasi atau keterangan yang benar dan nyata deskripsi : suatu keadaan secara detail sehingga pembaca
dapat melihat, |
informasi nonfiksi
dan fiksi yang dipaparkan; Peserta didik menulis berbagai teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan
lebih terstruktur, dan menuliskan tanggapannya terhadap
paparan dan bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya. Peserta didik mengembangkan kompetensi diri melalui pajanan berbagai
teks untuk penguatan karakter. |
yang didengar. Membaca
dan Memirsa § Peserta didik memahami informasi
berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai
jenis teks misalnya teks deskripsi, narasi, puisi, eksplanasi dan eksposisi dari teks
visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat.
Peserta didik menginterpretasika n informasi untuk mengungkapkan simpati, kepedulian,
empati atau pendapat pro dan kontra
dari teks visual dan audiovisual. Peserta didik menggunakan sumber informasi lain untuk menilai |
ditemukan dalam sebuah
teks laporan hasil
observasi. |
melalui hasil pengamatan. Dengan demikian, informasi tersebut benar
dan nyata adanya. serta
dapat menyebutkan informasi yang ditemukan dalam sebuah teks laporan hasil
observasi.. |
|
|
membayangkan, dan merasakan apa yang sedang
dideskripsikan dedikasi
: pengorbanan tenaga,
pikiran, dan usaha demi keberhasilan suatu usaha diafan
: puisi yang kata dan maknanya mudah
dipahami E editor : orang yang
mengedit naskah efektif : tepat guna atau tepat
sasaran eksis : ada dan
berkembang eksposisi : uraian informasi tentang sesuatu hal yang dapat menambah pengetahuan pembaca era : masa atau
kurun waktu F |
§ Peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi topik
dan gagasan utama dalam sebuah teks LHO. |
§ Kata/frasa kunci: mengenali topik dan gagasan
utama dalam teks
laporan hasil observasi § Topik/konten inti: mengidentifikasi topik
dan gagasan utama dalam sebuah
teks LHO. § Penjelasan
singkat: mengidentifikasi topik
dan gagasan utama dalam sebuah teks LHO. |
6 JP |
||||
§ Peserta didik mengidentifikasi |
§ Kata/frasa
kunci: mengenal data |
6 JP |
|
akurasi dan kualitas
data serta membandingkan informasi pada teks. Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai
topik aktual yang dibaca dan dipirsa. Berbicara dan Mempresentasikan § Peserta didik mampu menyampaikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau
pesan untuk tujuan pengajuan usul, pemecahan masalah, dan pemberian
solusi secara lisan dalam bentuk monolog dan dialog logis, kritis,
dan kreatif. Peserta didik mampu
menggunakan dan memaknai kosakata baru yang memiliki makna |
data-data yang ada
di dalam teks. |
dalam teks laporan hasil
observasi § Topik/konten inti: mengidentifikasi data-data. § Penjelasan
singkat: data-data yang ada di dalam teks |
|
|
Fakta
: hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan atau yang benar-benar terjadi fiksi : cerita rekaan atau
tidak berdasarkan kenyataan I Ideology
: kumpulan gagasan, ide,
atau cara pandang yang memberikan arahan dan tujuan
untuk kehidupan ilmiah : bersifat ilmu
(mengandung ilmu pengetahuan) ikon : simbol yang mewakili
suatu keadaan imperatif
: larangan atau keharusan melaksanakan perbuatan inklusi : kegiatan |
§ Peserta didik dapat mengidentifikasi struktur teks LHO dan dapat menjelaskannya, baik secara lisan maupun tulisan. |
§ Kata/frasa kunci: mengenal struktur teks
laporan hasil observasi § Topik/konten inti: menandai bagian- bagian yang menjadi
pembuka, isi, dan penutup dalam
teks LHO. § Penjelasan
singkat: struktur teks LHO
dan dapat menjelaskannya, baik secara lisan maupun
tulisan |
6 JP |
||||
§ Peserta didik dapat mengidentifikasi paragraf deskripsi |
§ Kata/frasa kunci: mengidentifikasi paragraf deskripsi dan eksposisi |
6 JP |
|
denotatif, konotatif,
dan kiasan untuk berbicara dan menyajikan gagasannya. Peserta
didik mampu menggunakan ungkapan
sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. Peserta
didik mampu berdiskusi secara
aktif, kontributif, efektif, dan santun. Peserta didik
mampu menuturkan dan menyajikan ungkapan simpati, empati,
peduli, perasaan, dan penghargaan dalam bentuk teks informatif dan fiksi melalui teks multimoda. Peserta didik mampu
mengungkapkan dan mempresentasikan berbagai topik |
dan eksposisi dalam teks,
serta dapat menulis kedua jenis paragraf ini dengan baik. |
dalam laporan hasil observasi § Topik/konten inti: mengenal paragraf deskripsi dan eksposisi serta membuat
paragraf deskripsi dan eksposisi. § Penjelasan
singkat: paragraf deskripsi
dan eksposisi dalam teks, serta dapat menulis kedua jenis paragraf ini dengan baik |
|
|
mengajar peserta didik
berkebutuhan khusus di sekolah regular atau sekolah umum intonasi
: ketepatan pengucapan
dan irama kalimat K khalayak
: orang banyak
atau masyarakat konsumen : orang yang
menggunakan produk kruk : tongkat penyangga untuk membantu berjalan kuesioner : daftar pertanyaan yang digunakan dalam sebuah
survey M Majas : cara melukiskan sesuatu
dengan menyamakannya dengan sesuatu yang lain metafora : |
§ Peserta didik mengenal tanda baca
dan kata-kata serapan yang ada dalam
teks laporan hasil
observasi. |
§ Kata/frasa
kunci: mengenal tanda baca dan penulisan kata berbahasa
asing dan daerah § Topik/konten inti: mengenal pemakaian
tanda baca titik (.), koma (,), titik dua (:), dan titik koma (;) Serta mengenal tata
cara penulisan kata
dari bahasa asing dan bahasa |
6 JP |
|
aktual secara kritis. Menulis § Peserta didik mampu menulis gagasan,
pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk
berbagai tujuan secara
logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik juga menuliskan hasil penelitian menggunakan metodologi sederhana dengan mengutip
sumber rujukan secara etis. Menyampaikan ungkapan rasa simpati, empati, peduli, dan pendapat pro/kontra secara etis dalam memberikan penghargaan secara tertulis
dalam teks multimodal. Peserta didik mampu menggunakan
dan mengembangkan kosakata baru yang |
|
daerah. § Penjelasan
singkat: mengenal tanda
baca dan kata-kata serapan yang ada dalam teks laporan hasil observasi. |
|
|
pemakaian kata atau
kelompok kata bukan dengan arti yang sebenarnya O objektif : penilaian
yang berdasarkan logika dan
tidak melibatkan perasaan. observasi : pengamatan
atau peninjauan secara
cermat opini : pendapat, pikiran,
atau pendirian P persuasif : membujuk secara halus untuk meyakinkan populer
: dikenal dan disukai banyak orang dan mudah dipahami primadona
: yang utama, penting, dan sebagainya prismatis : puisi |
§ Peserta didik dapat menulis sebuah
teks laporan hasil observasi. |
§ Kata/frasa
kunci: mengenal langkah-langkah penulisan teks laporan
hasil observasi § Topik/konten inti: mengenal langkah-langkah menulis teks laporan hasil observasi
(LHO) serta menulis teks laporan hasil observasi (LHO) § Penjelasan
singkat: menulis sebuah teks laporan
hasil observasi. |
6 JP |
|
|
memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk menulis. Peserta didik menyampaikan tulisan
berdasarkan fakta,
pengalaman, dan imajinasi secara indah dan menarik dalam bentuk
prosa dan puisi dengan penggunaan kosa kata secara
kreatif. |
|
|
|
|
yang kata-kata dan maknanya
cukup sulit dipahami produk : hasil produksi atau
hasil sebuah pekerjaan yang berbentuk barang atau jasa R repetisi : gaya bahasa
yang menggunakan pengulangan kata untuk mendapatkan makna tertentu respek : memberikan rasa hormat atau menunjukkan rasa
peduli roman : karangan prosa
yang melukiskan watak, hati,
dan jiwa tokoh S simile : majas pertautan
yang membandingkan dua hal yang
secara hakiki berbeda, tetapi
dianggap memiliki kesamaan |
|
|
|
|
|
|
dengan penanda kata
(seperti, laksana, bagaikan, dan bak) sinonim : kata-kata
yang maknanya sama atau
mirip subjektif
: penilaian berdasarkan perasaan suka dan tidak suka survei : penyelidikan untuk penelitian T testimoni : pengakuan atau penilaian yang disampaikan oleh
seseorang untuk sebuah
produk V verifikasi : dicek kembali kebenarannya W |
|
|
|
|
|
|
Web : jaringan informasi
yang bisa diakses melalui internet |
Bab II : Membuat Iklan,
Slogan, dan Poster |
||||||
Capaian Pembelajaran (CP) |
Capaian Pembelajaran Elemen |
Alur Tujuan Pembelajaran
dalam setiap fase |
Kata/Frasa Kunci,
Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat |
Perkiraan Jumlah
Jam |
Profil
Pelajar Pancasila |
Glosarium |
Pada akhir fase D,
peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi
dan bernalar sesuai dengan
tujuan, konteks sosial, dan akademis. Peserta didik mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi paparan tentang topik yang beragam
dan karya sastra. Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi, mempresentasikan, |
Menyimak § Peserta didik mampu menganalisis
dan memaknai informasi berupa gagasan,
pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang tepat
dari berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) audiovisual dan aural dalam bentuk
monolog, dialog, dan gelar
wicara. Peserta didik mampu
mengeksplorasi dan
mengevaluasi berbagai informasi |
§ Peserta didik dapat
menyebutkan pengertian
iklan, menjelaskan perbedaan iklan komersial dan nonkomersial, serta menyebutkan informasi yang ada dalam sebuah iklan. |
§ Kata/frasa
kunci: mengenal teks iklan § Topik/konten inti: mengenal iklan, mengenal
iklan komersial serta mengidentifikasi informasi dalam iklan komersial. § Penjelasan
singkat: menyebutkan pengertian iklan, menjelaskan perbedaan iklan komersial dan nonkomersial, serta
menyebutkan informasi yang ada dalam sebuah |
6 JP |
§ Mandiri § Bernalar kritis § Kreatif. |
A analogi
: membandingkan dua
hal yang mempunyai kesamaan bentuk dengan cara kiasan antonim
: kata- kata yang maknanya berlawanan D data : kumpulan informasi atau keterangan yang benar dan nyata deskripsi : suatu keadaan secara detail sehingga pembaca dapat |
dan menanggapi informasi nonfiksi dan fiksi yang dipaparkan; Peserta didik
menulis berbagai teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan
lebih terstruktur, dan menuliskan tanggapannya terhadap
paparan dan bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya. Peserta didik mengembangkan kompetensi diri melalui pajanan berbagai
teks untuk penguatan karakter. |
dari topik aktual
yang didengar. Membaca dan Memirsa § Peserta didik memahami informasi
berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai
jenis teks misalnya teks deskripsi, narasi, puisi, eksplanasi dan eksposisi dari teks
visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat.
Peserta didik menginterpretasika n informasi untuk mengungkapkan simpati, kepedulian,
empati atau pendapat pro dan kontra
dari teks visual dan audiovisual. Peserta didik menggunakan sumber
informasi |
|
iklan. |
|
|
melihat, membayangkan, dan merasakan apa yang sedang
dideskripsikan dedikasi
: pengorbanan tenaga,
pikiran, dan usaha demi keberhasilan suatu usaha diafan
: puisi yang kata dan maknanya mudah
dipahami E editor : orang yang
mengedit naskah efektif : tepat guna atau
tepat sasaran eksis : ada dan
berkembang eksposisi : uraian informasi tentang sesuatu hal yang dapat menambah pengetahuan pembaca era : masa atau
kurun waktu |
§ Peserta didik dapat menginterpretasik an pesan yang ada dalam sebuah iklan komersial. § Peserta didik dapat
menganalisis iklan efektif dan tidak efektif. |
§ Kata/frasa
kunci: mengenal pesan yang terkandung dalam iklan komersial § Topik/konten inti: Pesan iklan komersial serta Iklan yang efektif dan tidak
efektif. § Penjelasan
singkat: menginterpretasik an pesan yang ada dalam sebuah iklan komersial, serta menganalisis iklan efektif dan tidak
efektif. |
6 JP |
||||
§ Peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri slogan dan poster. § Peserta didik dapat membuat slogan dan poster. |
§ Kata/frasa
kunci: mengenal pesan yang terkandung dalam iklan nonkomersial § Topik/konten inti: mengenal iklan nonkomersial
dan mengidentifikasi pesan-pesan yang ada di dalamnya |
6 JP |
|
lain untuk menilai
akurasi dan kualitas data
serta membandingkan informasi pada teks. Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai
topik aktual yang dibaca dan dipirsa. Berbicara dan Mempresentasikan § Peserta didik mampu menyampaikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau
pesan untuk tujuan pengajuan usul, pemecahan masalah, dan pemberian
solusi secara lisan dalam bentuk monolog dan dialog logis, kritis,
dan kreatif. Peserta didik mampu
menggunakan dan memaknai kosakata baru yang |
|
serta mengenal iklan
layanan masyarakat dan iklan pemberitahuan. § Penjelasan
singkat: menjelaskan ciri-
ciri slogan dan poster serta membuat slogan dan poster |
|
|
F Fakta
: hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan atau yang benar-benar terjadi fiksi : cerita rekaan atau
tidak berdasarkan kenyataan I Ideology
: kumpulan gagasan, ide,
atau cara pandang yang memberikan arahan dan tujuan
untuk kehidupan ilmiah : bersifat ilmu
(mengandung ilmu pengetahuan) ikon : simbol yang mewakili
suatu keadaan imperatif
: larangan atau keharusan melaksanakan perbuatan |
§ Peserta didik mampu menjelaskan ciri-
ciri slogan. § Peserta didik bisa membuat slogan. |
§ Kata/frasa kunci:
menulis slogan § Topik/konten inti: Slogan dapat ditemukan
dalam iklan dan poster. Menurut KBBI slogan adalah perkataan
atau kalimat pendek yang menarik atau
mencolok dan mudah diingat untuk
memberitahukan atau mengiklankan sesuatu, seperti Solo
Berseri (bersih, sehat, indah, rapi). |
6 JP |
|
memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk berbicara dan menyajikan gagasannya. Peserta didik mampu menggunakan ungkapan sesuai dengan
norma kesopanan dalam berkomunikasi. Peserta didik mampu
berdiskusi secara aktif,
kontributif, efektif, dan
santun. Peserta didik mampu
menuturkan dan menyajikan ungkapan simpati, empati, peduli, perasaan,
dan penghargaan dalam
bentuk teks informatif dan
fiksi melalui teks multimoda. Peserta didik
mampu mengungkapkan dan mempresentasikan berbagai topik |
|
Slogan juga berarti perkataan atau kalimat pendek
yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menjelaskan tujuan suatu ideologi golongan, organisasi, partai politik, dan sebagainya. § Penjelasan
singkat: menjelaskan ciri-
ciri slogan serta membuat slogan. |
|
|
inklusi : kegiatan mengajar
peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah regular atau sekolah umum intonasi
: ketepatan pengucapan
dan irama kalimat K khalayak
: orang banyak
atau masyarakat konsumen
: orang yang menggunakan produk kruk : tongkat penyangga untuk membantu berjalan kuesioner : daftar pertanyaan yang digunakan dalam sebuah
survey M Majas : cara melukiskan sesuatu
dengan menyamakannya dengan sesuatu yang lain |
§ Peserta didik dapat menyebutkan kalimat
imperatif dan persuasif dalam
iklan. § Peserta didik dapat membuat kalimat sendiri. |
§ Kata/frasa kunci: mengenal kalimat imperatif dan persuasif dalam iklan § Topik/konten inti: mengenal kalimat imperatif
dan persuasif. § Penjelasan
singkat: menyebutkan kalimat imperatif dan persuasif |
6 JP |
|
aktual secara kritis. Menulis § Peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau
pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis,
dan kreatif. Peserta didik juga menuliskan hasil penelitian menggunakan metodologi sederhana dengan mengutip
sumber rujukan secara etis. Menyampaikan ungkapan rasa simpati, empati, peduli, dan pendapat pro/kontra secara etis dalam memberikan penghargaan secara tertulis
dalam teks multimodal. Peserta didik mampu menggunakan
dan mengembangkan kosakata baru yang |
|
dalam iklan serta membuat kalimat sendiri. |
|
|
metafora : pemakaian
kata atau kelompok kata bukan dengan arti yang sebenarnya O objektif : penilaian
yang berdasarkan logika dan
tidak melibatkan perasaan. observasi : pengamatan
atau peninjauan secara
cermat opini : pendapat, pikiran,
atau pendirian P persuasif : membujuk secara halus untuk meyakinkan populer
: dikenal dan disukai banyak orang dan mudah dipahami primadona
: yang utama, penting, dan sebagainya |
§ Peserta didik mampu membuat sebuah
poster secara kreatif. |
§ Kata/frasa
kunci: membuat poster. § Topik/konten inti: Menurut KBBI, poster
adalah plakat yang dipasang di tempat umum (berupa
pengumuman atau iklan). Poster umumnya menampilkan beragam
informasi seperti iklan
produk dan festival rakyat § Penjelasan
singkat: membuat sebuah
poster secara kreatif. |
6 JP |
||||
§ Peserta didik mampu mengetahui langkah-langkah pembuatan iklan dan dapat
membuat sebuah iklan sederhana. |
§ Kata/frasa
kunci: membuat iklan § Topik/konten inti: mengenal langkah pembuatan
iklan serta membuat iklan. |
|
memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk menulis. Peserta didik menyampaikan tulisan
berdasarkan fakta,
pengalaman, dan imajinasi secara indah dan menarik dalam bentuk
prosa dan puisi dengan penggunaan kosa kata secara kreatif. |
|
§ Penjelasan
singkat: mengetahui langkah-langkah pembuatan iklan dan dapat
membuat sebuah iklan sederhana. |
|
|
prismatis
: puisi yang
kata-kata dan maknanya cukup sulit dipahami produk : hasil produksi atau
hasil sebuah pekerjaan yang berbentuk barang atau jasa R repetisi : gaya bahasa
yang menggunakan pengulangan kata untuk mendapatkan makna tertentu respek : memberikan rasa hormat atau menunjukkan rasa
peduli roman : karangan prosa
yang melukiskan watak, hati,
dan jiwa tokoh S simile : majas pertautan
yang membandingkan dua hal yang
secara hakiki berbeda, tetapi dianggap |
|
|
|
|
|
|
memiliki kesamaan dengan penanda kata (seperti, laksana,
bagaikan, dan bak) sinonim : kata-kata
yang maknanya sama atau
mirip subjektif
: penilaian berdasarkan perasaan suka dan tidak suka survei : penyelidikan untuk penelitian T testimoni : pengakuan atau penilaian yang disampaikan oleh
seseorang untuk sebuah
produk V verifikasi : dicek kembali kebenarannya W Web :
jaringan informasi yang bisa diakses melalui |
|
|
|
|
|
|
internet |
Bab III : Menulis
Artikel Ilmiah Populer |
||||||
Capaian Pembelajaran (CP) |
Capaian Pembelajaran Elemen |
Alur Tujuan Pembelajaran
dalam setiap fase |
Kata/Frasa Kunci,
Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat |
Perkiraan Jumlah Jam |
Profil Pelajar Pancasila |
Glosarium |
Pada akhir fase D,
peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi
dan bernalar sesuai dengan
tujuan, konteks sosial, dan akademis. Peserta didik mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi paparan tentang topik yang beragam
dan karya sastra. Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi, mempresentasikan, dan menanggapi informasi nonfiksi dan fiksi
yang |
Menyimak § Peserta didik mampu menganalisis
dan memaknai informasi berupa gagasan,
pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang tepat
dari berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) audiovisual dan aural dalam bentuk
monolog, dialog, dan gelar
wicara. Peserta didik mampu
mengeksplorasi dan
mengevaluasi berbagai informasi dari topik aktual yang
didengar. |
§ Peserta didik dapat
menjelaskan pengertian
artikel ilmiah populer, membedakan artikel ilmiah dengan artikel ilmiah populer, dan dapat
menyebutkan informasi yang ada di dalamnya. |
§ Kata/frasa kunci: mengenal artikel ilmiah populer § Topik/konten inti: Artikel ilmiah populer
serta Informasi dalam artikel
ilmiah populer § Penjelasan
singkat: fokus pembelajaran adalah
menjelaskan pengertian artikel ilmiah populer, membedakan artikel ilmiah dengan artikel ilmiah
populer, dan dapat menyebutkan informasi yang ada di dalamnya. |
6 JP |
§ Mandiri § Bernalar kritis § Kreatif. |
A analogi
: membandingkan dua
hal yang mempunyai kesamaan bentuk dengan cara kiasan antonim
: kata- kata yang maknanya berlawanan D data : kumpulan informasi atau keterangan yang benar dan nyata deskripsi : suatu keadaan secara detail sehingga pembaca
dapat melihat, membayangkan, dan merasakan apa |
dipaparkan; Peserta didik
menulis berbagai teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan
lebih terstruktur, dan menuliskan tanggapannya terhadap
paparan dan bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya. Peserta didik mengembangkan kompetensi diri melalui pajanan berbagai
teks untuk penguatan karakter. |
Membaca
dan Memirsa § Peserta didik memahami informasi
berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai
jenis teks misalnya teks deskripsi, narasi, puisi, eksplanasi dan eksposisi dari teks
visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat.
Peserta didik menginterpretasika n informasi untuk mengungkapkan simpati, kepedulian,
empati atau pendapat pro dan kontra
dari teks visual dan audiovisual. Peserta didik menggunakan sumber informasi lain untuk menilai akurasi dan kualitas data
serta |
§ Peserta didik dapat
menjelaskan ciri-ciri
artikel ilmiah populer |
§ Kata/frasa kunci: mengenal ciri-ciri artikel ilmiah populer § Topik/konten inti: mengidentifikasi ciri-ciri
artikel ilmiah populer. Ciri-ciri artikel ilmiah populer a § Penjelasan
singkat: fokus pembelajaran adalah
menjelaskan ciri- ciri artikel
ilmiah populer. |
6 JP |
|
yang sedang dideskripsikan dedikasi
: pengorbanan tenaga,
pikiran, dan usaha demi keberhasilan suatu usaha diafan
: puisi yang kata dan maknanya mudah
dipahami E editor : orang yang
mengedit naskah efektif : tepat guna atau tepat
sasaran eksis : ada dan
berkembang eksposisi : uraian informasi tentang sesuatu hal yang dapat menambah pengetahuan pembaca era : masa atau
kurun waktu F Fakta
: hal (keadaan, |
§ Peserta didik dapat
mengidentifikasi dan memberi
contoh fakta dan opini dalam
artikel ilmiah populer. |
§ Kata/frasa
kunci: mengidentifikasi fakta dan opini dalam artikel ilmiah populer § Topik/konten inti: pengertian fakta dan
opini serta mengidentifikasi fakta dan opini di dalam teks. § Penjelasan singkat: fokus pembelajaran adalah |
6 JP |
|
membandingkan informasi
pada teks. Peserta didik mampu
mengeksplorasi dan
mengevaluasi berbagai topik aktual
yang dibaca dan dipirsa. Berbicara dan Mempresentasikan § Peserta didik mampu menyampaikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau
pesan untuk tujuan pengajuan usul, pemecahan masalah, dan pemberian
solusi secara lisan dalam bentuk monolog dan dialog logis, kritis,
dan kreatif. Peserta didik mampu
menggunakan dan memaknai kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan |
|
mengidentifikasi dan memberi contoh fakta dan opini dalam artikel
ilmiah populer. |
|
|
peristiwa) yang merupakan kenyataan atau yang benar-benar terjadi fiksi : cerita rekaan atau
tidak berdasarkan kenyataan I Ideology
: kumpulan gagasan, ide,
atau cara pandang yang memberikan arahan dan tujuan
untuk kehidupan ilmiah : bersifat ilmu
(mengandung ilmu pengetahuan) ikon : simbol yang mewakili
suatu keadaan imperatif
: larangan atau keharusan melaksanakan perbuatan inklusi : kegiatan mengajar
peserta didik berkebutuhan |
§ Peserta didik dapat melakukan wawancara, menyebarkan kuesioner, dan studi
pustaka, untuk mendapatkan informasi dalam menulis
sebuah artikel ilmiah populer. |
§ Kata/frasa
kunci: cara mengumpulkan data dalam menulis
artikel ilmiah populer § Topik/konten inti: teknik mendapatkan informasi dalam penulisan artikel ilmiah populer. § Penjelasan
singkat: fokus pembelajaran adalah
melakukan wawancara, menyebarkan kuesioner, dan studi
pustaka, untuk mendapatkan informasi dalam menulis
sebuah artikel ilmiah populer. |
6 JP |
|
kiasan untuk berbicara dan menyajikan gagasannya. Peserta didik mampu menggunakan ungkapan sesuai dengan norma kesopanan
dalam berkomunikasi. Peserta didik mampu berdiskusi secara aktif,
kontributif, efektif, dan
santun. Peserta didik mampu
menuturkan dan menyajikan ungkapan simpati, empati, peduli, perasaan,
dan penghargaan dalam
bentuk teks informatif dan
fiksi melalui teks multimoda. Peserta didik
mampu mengungkapkan dan mempresentasikan berbagai topik aktual secara kritis. Menulis |
§ Peserta didik dapat membuat sebuah
artikel ilmiah populer. |
§ Kata/frasa kunci: mengenal langkah penulisan
artikel ilmiah populer § Topik/konten inti: langkah-langkah penulisan
artikel ilmiah populer. § Penjelasan
singkat: membuat sebuah
artikel ilmiah populer. |
6 JP |
|
khusus di sekolah
regular atau sekolah umum intonasi
: ketepatan pengucapan
dan irama kalimat K khalayak
: orang banyak
atau masyarakat konsumen
: orang yang menggunakan produk kruk : tongkat penyangga untuk membantu berjalan kuesioner : daftar pertanyaan yang digunakan dalam sebuah
survey M Majas : cara melukiskan sesuatu
dengan menyamakannya dengan sesuatu yang lain metafora : pemakaian
kata atau kelompok kata |
§ Peserta didik dapat
menunjukkan contoh kalimat perbandingan dan analogi dalam teks
serta dapat membuat kalimat perbandingan dan analogi sendiri. § Peserta didik dapat memberi contoh
antonim dan sinonim. |
§ Kata/frasa kunci: mengenal kalimat perbandingan, analogi, antonim, dan sinonim § Topik/konten inti: mengenal kalimat perbandingan
dan kalimat analogi. § Penjelasan
singkat: menunjukkan contoh kalimat perbandingan dan analogi dalam
teks serta dapat membuat kalimat perbandingan dan analogi sendiri serta dapat |
6 JP |
|
§ Peserta didik mampu menulis gagasan,
pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk
berbagai tujuan secara
logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik juga menuliskan hasil penelitian menggunakan metodologi sederhana dengan mengutip
sumber rujukan secara etis. Menyampaikan ungkapan rasa simpati, empati, peduli, dan pendapat pro/kontra secara etis dalam memberikan penghargaan secara tertulis
dalam teks multimodal. Peserta didik mampu menggunakan
dan mengembangkan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif,
dan |
|
memberi contoh antonim
dan sinonim. |
|
|
bukan dengan arti
yang sebenarnya O objektif : penilaian
yang berdasarkan logika dan
tidak melibatkan perasaan. observasi : pengamatan
atau peninjauan secara
cermat opini : pendapat, pikiran, atau pendirian P persuasif : membujuk secara halus untuk meyakinkan populer
: dikenal dan disukai banyak orang dan mudah dipahami primadona
: yang utama, penting, dan sebagainya prismatis : puisi yang kata-kata dan maknanya cukup |
|
kiasan untuk menulis. Peserta didik menyampaikan tulisan
berdasarkan fakta,
pengalaman, dan imajinasi secara indah dan menarik dalam bentuk
prosa dan puisi dengan penggunaan kosa kata secara kreatif. |
|
|
|
|
sulit dipahami produk : hasil produksi atau
hasil sebuah pekerjaan yang berbentuk barang atau jasa R repetisi : gaya bahasa
yang menggunakan pengulangan kata untuk mendapatkan makna tertentu respek : memberikan rasa hormat atau menunjukkan rasa
peduli roman : karangan prosa
yang melukiskan watak, hati,
dan jiwa tokoh S simile : majas pertautan
yang membandingkan dua hal yang
secara hakiki berbeda, tetapi dianggap memiliki kesamaan dengan penanda kata (seperti, |
|
|
|
|
|
|
laksana, bagaikan, dan bak) sinonim : kata-kata yang maknanya sama atau
mirip subjektif
: penilaian berdasarkan perasaan suka dan tidak suka survei : penyelidikan untuk penelitian T testimoni : pengakuan atau penilaian yang disampaikan oleh
seseorang untuk sebuah
produk V verifikasi : dicek kembali kebenarannya W Web : jaringan informasi
yang bisa diakses melalui internet |
Semester :
II (Genap)
Bab IV : Mengulas Karya
Fiksi |
||||||
Capaian Pembelajaran (CP) |
Capaian Pembelajaran Elemen |
Alur Tujuan Pembelajaran
dalam setiap fase |
Kata/Frasa Kunci,
Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat |
Perkiraan Jumlah Jam |
Profil Pelajar Pancasila |
Glosarium |
Pada akhir fase D,
peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi
dan bernalar sesuai dengan
tujuan, konteks sosial, dan akademis. Peserta didik mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi paparan tentang topik yang beragam
dan karya sastra. Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi, mempresentasikan, dan menanggapi informasi nonfiksi dan fiksi
yang dipaparkan; Peserta didik
menulis berbagai teks untuk |
Menyimak § Peserta didik mampu menganalisis
dan memaknai informasi berupa gagasan,
pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang tepat
dari berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) audiovisual dan aural dalam bentuk
monolog, dialog, dan gelar
wicara. Peserta didik mampu
mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai informasi dari topik aktual yang
didengar. Membaca
dan Memirsa § Peserta didik |
§ Peserta didik memahami pengertian
karya fiksi dan peserta didik berlatih mengidentifikasi informasi
yang ada dalam sebuah karya fiksi. § Peserta didik dapat menjelaskan informasi
yang ada dalam karya fiksi dan menyebutkan informasi yang ditemukan
dalam sebuah karya fiksi. |
§ Kata/frasa
kunci: mengenal karya fiksi § Topik/konten inti: mengidentifikasi informansi
pada karya fiksi. § Penjelasan singkat: memahami pengertian
karya fiksi dan peserta didik berlatih mengidentifikasi informasi
yang ada dalam sebuah karya fiksi serta dapat menjelaskan informasi yang ada dalam
karya fiksi dan menyebutkan informasi yang ditemukan dalam sebuah karya
fiksi. |
6 JP |
§
Mandiri § Bernalar kritis §
Kreatif. |
A analogi
: membandingkan dua
hal yang mempunyai kesamaan bentuk dengan cara kiasan antonim
: kata- kata yang maknanya berlawanan D data : kumpulan informasi atau keterangan yang benar dan nyata deskripsi
: suatu keadaan secara detail sehingga pembaca
dapat melihat, membayangkan, dan merasakan apa yang sedang
dideskripsikan dedikasi : |
§ Peserta didik mampu mengidentifikasi unsur-unsur yang |
§ Kata/frasa kunci: menemukan unsur sebuah karya
fiksi |
6 JP |
menyampaikan pengamatan
dan pengalamannya dengan
lebih terstruktur, dan menuliskan tanggapannya terhadap
paparan dan bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya. Peserta
didik mengembangkan kompetensi diri melalui pajanan berbagai
teks untuk penguatan karakter. |
memahami informasi
berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai
jenis teks misalnya teks deskripsi, narasi, puisi, eksplanasi dan eksposisi dari teks
visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat.
Peserta didik menginterpretasika n informasi untuk mengungkapkan simpati, kepedulian,
empati atau pendapat pro dan kontra
dari teks visual dan audiovisual. Peserta didik menggunakan sumber informasi lain untuk menilai akurasi
dan kualitas data serta membandingkan informasi pada teks. Peserta didik mampu |
ada dalam sebuah
karya fiksi, dan menguraikannya dengan
baik. |
§ Topik/konten inti:mengindentifik asi unsur-unsur dalam karya fiksi. § Penjelasan
singkat: mengidentifikasi unsur-unsur yang ada dalam sebuah karya
fiksi, dan menguraikannya dengan
baik. |
|
|
pengorbanan tenaga,
pikiran, dan usaha demi keberhasilan suatu usaha diafan
: puisi yang kata dan maknanya mudah
dipahami E editor : orang yang
mengedit naskah efektif : tepat guna
atau tepat sasaran eksis : ada dan
berkembang eksposisi : uraian informasi tentang sesuatu hal yang dapat menambah pengetahuan pembaca era : masa atau
kurun waktu F Fakta
: hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan atau |
§ Peserta didik mampu melakukan penilaian
terhadap unsur-unsur yang ada dalam sebuah karya fiksi. |
§ Kata/frasa kunci: melakukan penilaian terhadap karya fiksi § Topik/konten inti: menandai unsur- unsur
yang ada dalam karya fiksi dalam
cerpen “Kota Sulap Paman Tom” serta “Parki dan Alergi Telur”. § Penjelasan
singkat: memahami melakukan penilaian terhadap unsur-unsur
yang ada dalam sebuah karya
fiksi. |
6 JP |
||||
§ Peserta didik dapat membandingkan |
§ Kata/frasa
kunci: membandingkan |
6 JP |
|
mengeksplorasi dan
mengevaluasi berbagai topik aktual
yang dibaca dan dipirsa. Berbicara dan Mempresentasikan § Peserta didik mampu menyampaikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau
pesan untuk tujuan pengajuan usul, pemecahan masalah, dan pemberian
solusi secara lisan dalam bentuk monolog dan dialog logis, kritis,
dan kreatif. Peserta didik mampu
menggunakan dan memaknai kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif,
dan kiasan untuk berbicara dan menyajikan gagasannya. Peserta didik |
kata bermakna konotasi
dan denotasi yang diteumkan dalam karya fiksi. |
kata denotasi dan
konotasi dalam karya fiksi § Topik/konten inti: membandingkan kosakata
yang bermakna konotasi dan
denotasi dalam karya
fiksi. § Penjelasan
singkat: membandingkan kata bermakna konotasi dan denotasi
yang diteumkan dalam karya
fiksi. |
|
|
yang benar-benar
terjadi fiksi : cerita rekaan atau
tidak berdasarkan kenyataan I Ideology
: kumpulan gagasan, ide, atau cara pandang yang memberikan arahan dan tujuan untuk kehidupan ilmiah : bersifat ilmu
(mengandung ilmu pengetahuan) ikon : simbol
yang mewakili suatu keadaan imperatif
: larangan atau keharusan melaksanakan perbuatan inklusi : kegiatan mengajar
peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah regular atau sekolah umum |
§ Peserta didik dapat menulis sebuah atau resensi
karya fiksi dengan baik setelah mempelajari informasi yang ada pada
karya fiksi, unsur-unsur karya fiksi dan melakukan penilaian terhadap karya fiksi serta menggunakan kata bermakna
konotasi dan denotasi dalam ulasan
karya fiksi. |
§ Kata/frasa kunci: mengenali langkah- langkah
penulisan resensi § Topik/konten inti: penilaian penulisan ulasan
atau resensi karya fiksi Agar peserta didik lebih memahami cara menulis ulasan atau
resensi karya fiksi, guru
dapat mengajak peserta didik menandai unsur-unsur paling menonjol dalam |
6 JP |
|
mampu menggunakan ungkapan sesuai dengan norma kesopanan
dalam berkomunikasi. Peserta didik mampu berdiskusi secara aktif,
kontributif, efektif, dan
santun. Peserta didik mampu
menuturkan dan menyajikan ungkapan simpati, empati, peduli, perasaan,
dan penghargaan dalam
bentuk teks informatif dan
fiksi melalui teks multimoda. Peserta didik
mampu mengungkapkan dan mempresentasikan berbagai topik aktual secara kritis. Menulis § Peserta didik mampu menulis gagasan,
pikiran, pandangan, arahan
atau pesan tertulis |
|
dalam karya fiksi. § Penjelasan singkat: menulis sebuah atau
resensi karya fiksi dengan baik setelah
mempelajari informasi yang
ada pada karya fiksi, unsur-unsur karya fiksi dan melakukan penilaian terhadap karya fiksi serta menggunakan kata bermakna
konotasi dan denotasi dalam ulasan karya
fiksi. |
|
|
intonasi
: ketepatan pengucapan
dan irama kalimat K khalayak
: orang banyak
atau masyarakat konsumen
: orang yang menggunakan produk kruk : tongkat penyangga untuk membantu berjalan kuesioner : daftar pertanyaan yang digunakan dalam sebuah
survey M Majas : cara melukiskan sesuatu
dengan menyamakannya dengan sesuatu yang lain metafora : pemakaian
kata atau kelompok kata bukan dengan arti yang sebenarnya O |
|
untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik juga menuliskan hasil penelitian menggunakan metodologi sederhana dengan mengutip
sumber rujukan secara etis. Menyampaikan ungkapan rasa simpati, empati, peduli, dan pendapat pro/kontra secara etis dalam memberikan penghargaan secara tertulis
dalam teks multimodal. Peserta didik mampu menggunakan dan mengembangkan kosakata
baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk
menulis. Peserta didik menyampaikan tulisan
berdasarkan |
|
|
|
|
objektif : penilaian
yang berdasarkan logika dan
tidak melibatkan perasaan. observasi : pengamatan
atau peninjauan secara
cermat opini : pendapat, pikiran, atau pendirian P persuasif : membujuk secara halus untuk meyakinkan populer
: dikenal dan disukai banyak orang dan mudah dipahami primadona
: yang utama, penting, dan sebagainya prismatis
: puisi yang
kata-kata dan maknanya cukup sulit dipahami produk : hasil produksi atau
hasil |
|
fakta, pengalaman,
dan imajinasi secara indah
dan menarik dalam bentuk prosa dan puisi dengan penggunaan
kosa kata secara kreatif. |
|
|
|
|
sebuah pekerjaan yang berbentuk barang atau jasa R repetisi : gaya bahasa
yang menggunakan pengulangan kata untuk mendapatkan makna tertentu respek : memberikan rasa hormat atau menunjukkan rasa
peduli roman : karangan prosa
yang melukiskan watak, hati, dan jiwa tokoh S simile : majas pertautan
yang membandingkan dua hal yang
secara hakiki berbeda, tetapi dianggap memiliki kesamaan dengan
penanda kata (seperti, laksana, bagaikan, dan bak) |
|
|
|
|
|
|
sinonim
: kata- kata yang maknanya sama atau mirip subjektif
: penilaian berdasarkan perasaan suka dan tidak suka survei : penyelidikan untuk penelitian T testimoni : pengakuan atau penilaian yang disampaikan oleh
seseorang untuk sebuah
produk V verifikasi : dicek kembali kebenarannya W Web : jaringan
informasi yang bisa diakses melalui
internet |
Bab V : Menciptakan Puisi |
Capaian Pembelajaran (CP) |
Capaian Pembelajaran Elemen |
Alur Tujuan Pembelajaran
dalam setiap fase |
Kata/Frasa Kunci,
Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat |
Perkiraan Jumlah
Jam |
Profil
Pelajar Pancasila |
Glosarium |
Pada akhir fase D,
peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi
dan bernalar sesuai dengan
tujuan, konteks sosial, dan akademis. Peserta didik mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi paparan tentang topik yang beragam
dan karya sastra. Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi, mempresentasikan, dan menanggapi informasi nonfiksi dan
fiksi yang dipaparkan; Peserta didik
menulis berbagai teks untuk menyampaikan pengamatan dan |
Menyimak § Peserta didik mampu menganalisis
dan memaknai informasi berupa gagasan,
pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang tepat
dari berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) audiovisual dan aural dalam bentuk
monolog, dialog, dan gelar
wicara. Peserta didik mampu
mengeksplorasi dan
mengevaluasi berbagai informasi dari topik aktual yang
didengar. Membaca
dan Memirsa § Peserta didik memahami |
§ Peserta didik dapat mengenali pengertian dan
ciri- ciri sebuah puisi serta dapat mengidentifikasi unsur-unsur
yang ada dalam sebuah puisi. |
§ Kata/frasa
kunci: mengenal puisi. § Topik/konten inti: Mengenal pengertian
puisi serta mengenal unsur-unsur puisi. § Penjelasan singkat: mengenali pengertian
dan ciri- ciri sebuah puisi serta dapat mengidentifikasi unsur-unsur
yang ada dalam sebuah puisi. |
6 JP |
§
Mandiri § Bernalar kritis §
Kreatif. |
A analogi
: membandingkan dua
hal yang mempunyai kesamaan bentuk dengan cara kiasan antonim
: kata- kata yang maknanya berlawanan D data : kumpulan informasi atau keterangan yang benar dan nyata deskripsi
: suatu keadaan secara detail sehingga pembaca
dapat melihat, membayangkan, dan merasakan apa yang sedang
dideskripsikan dedikasi : pengorbanan |
§ Peserta didik dapat menjelaskan ciri- ciri
puisi, membandingkan puisi diafan dan puisi prismatis, serta
mengenali unsur-unsur sebuah puisi. |
§ Kata/frasa
kunci: mengenali puisi diafan dan puisi prismatis. § Topik/konten inti: mengenal pengertian
puisi, memahami perbedaan antara puisi diafan dengan prismatic serta mengenal unsur- |
6 JP |
pengalamannya dengan lebih
terstruktur, dan menuliskan tanggapannya terhadap paparan dan bacaan
menggunakan pengalaman dan pengetahuannya. Peserta didik mengembangkan kompetensi diri melalui pajanan berbagai
teks untuk penguatan karakter. |
informasi berupa gagasan,
pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya
teks deskripsi, narasi, puisi, eksplanasi dan eksposisi dari teks
visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat.
Peserta didik menginterpretasika n informasi untuk mengungkapkan simpati, kepedulian,
empati atau pendapat pro dan kontra
dari teks visual dan audiovisual. Peserta didik menggunakan sumber informasi lain untuk menilai akurasi
dan kualitas data serta membandingkan informasi pada teks. Peserta didik mampu mengeksplorasi |
|
unsur puisi prismatis. § Penjelasan singkat: menjelaskan ciri- ciri
puisi, membandingkan puisi diafan dan puisi prismatis, serta
mengenali unsur-unsur sebuah puisi. |
|
|
tenaga, pikiran, dan
usaha demi keberhasilan suatu
usaha diafan
: puisi yang kata dan maknanya mudah
dipahami E editor : orang yang
mengedit naskah efektif : tepat guna
atau tepat sasaran eksis : ada dan berkembang eksposisi : uraian informasi tentang sesuatu hal yang dapat menambah pengetahuan pembaca era : masa atau kurun waktu F Fakta
: hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan atau yang benar-benar |
§ Peserta didik dapat menemukan pesan- pesan yang ada dalam
sebuah puisi. |
§ Kata/frasa kunci: menemukan pesan dalam puisi. § Topik/konten inti: Mengidentifikasi majas
yang digunakan dalam puisi serta menemukan pesan- pesan yang ada dalam puisi. § Penjelasan singkat: menemukan pesan- pesan yang ada dalam
sebuah puisi. |
6 JP |
||||
§ Peserta didik mampu membandingkan majas yang ada dalam puisi. Majas yang dikenalkan |
§ Kata/frasa kunci: membandingkan majas
metafora, simile, dan repetisi dalam puisi. |
6 JP |
|
dan mengevaluasi berbagai
topik aktual yang dibaca dan dipirsa. Berbicara dan Mempresentasikan § Peserta didik mampu menyampaikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau
pesan untuk tujuan pengajuan usul, pemecahan masalah, dan pemberian
solusi secara lisan dalam bentuk monolog dan dialog logis, kritis,
dan kreatif. Peserta didik mampu
menggunakan dan memaknai kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif,
dan kiasan untuk berbicara dan menyajikan gagasannya. Peserta didik |
adalah majas metafora dan simile. Peserta didik juga
dikenalkan pada gaya repetisi dalam puisi. |
§ Topik/konten inti: mengenal majas metafora dan simile dalam puisi serta mengenal gaya repetisi dalam puisi. § Penjelasan singkat: membandingkan majas
yang ada dalam puisi. Majas yang dikenalkan adalah majas metafora dan simile. Peserta didik juga dikenalkan
pada gaya repetisi dalam puisi. |
|
|
terjadi fiksi : cerita rekaan atau
tidak berdasarkan kenyataan I Ideology
: kumpulan gagasan, ide, atau cara pandang yang memberikan arahan dan tujuan untuk kehidupan ilmiah : bersifat ilmu (mengandung ilmu pengetahuan) ikon : simbol
yang mewakili suatu keadaan imperatif
: larangan atau keharusan melaksanakan perbuatan inklusi : kegiatan mengajar
peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah regular atau sekolah umum |
§ Peserta didik mampu menciptakan
puisi sendiri dan memasukkan majas ke dalam
puisinya. |
§ Kata/frasa kunci: langkah-langkah menciptakan puisi. § Topik/konten inti: memahami langkah-langkah penulisan puisi serta menciptakan puisi. § Penjelasan singkat: menciptakan puisi sendiri dan memasukkan majas |
6 JP |
|
mampu menggunakan ungkapan sesuai dengan norma kesopanan
dalam berkomunikasi. Peserta didik mampu berdiskusi secara aktif,
kontributif, efektif, dan
santun. Peserta didik mampu
menuturkan dan menyajikan ungkapan simpati, empati, peduli, perasaan,
dan penghargaan dalam
bentuk teks informatif dan
fiksi melalui teks multimoda. Peserta didik
mampu mengungkapkan dan mempresentasikan berbagai topik aktual secara kritis. Menulis § Peserta didik mampu menulis gagasan,
pikiran, pandangan, arahan
atau pesan tertulis |
|
ke dalam puisinya. |
|
|
intonasi
: ketepatan pengucapan
dan irama kalimat K khalayak
: orang banyak
atau masyarakat konsumen
: orang yang menggunakan produk kruk : tongkat penyangga untuk membantu berjalan kuesioner : daftar pertanyaan yang digunakan dalam sebuah
survey M Majas : cara melukiskan sesuatu
dengan menyamakannya dengan sesuatu yang lain metafora : pemakaian
kata atau kelompok kata bukan dengan arti yang sebenarnya O |
§ Peserta didik mampu mendeklamasikan sebuah
puisi dengan baik. |
§ Kata/frasa kunci: mengenal cara mendeklamasikan puisi. § Topik/konten inti: deklamasi puisi serta
menyimak puisi yang dideklamasikan dan menemukan pesan
puisi yang dideklamasikan. § Penjelasan
singkat: mendeklamasikan sebuah
puisi dengan baik. |
6 JP |
|
untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik juga menuliskan hasil penelitian menggunakan metodologi sederhana dengan mengutip
sumber rujukan secara etis. Menyampaikan ungkapan rasa simpati, empati, peduli, dan pendapat pro/kontra secara etis dalam memberikan penghargaan secara tertulis
dalam teks multimodal. Peserta didik mampu menggunakan dan mengembangkan kosakata
baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk
menulis. Peserta didik menyampaikan tulisan
berdasarkan |
|
|
|
|
objektif : penilaian
yang berdasarkan logika dan
tidak melibatkan perasaan. observasi : pengamatan
atau peninjauan secara
cermat opini : pendapat, pikiran, atau pendirian P persuasif : membujuk secara halus untuk meyakinkan populer
: dikenal dan disukai banyak orang dan mudah dipahami primadona
: yang utama, penting, dan sebagainya prismatis
: puisi yang
kata-kata dan maknanya cukup sulit dipahami produk : hasil produksi atau
hasil |
|
fakta, pengalaman, dan imajinasi secara indah dan menarik
dalam bentuk prosa dan puisi dengan penggunaan kosa kata secara
kreatif. |
|
|
|
|
sebuah pekerjaan yang berbentuk barang atau jasa R repetisi : gaya bahasa
yang menggunakan pengulangan kata untuk mendapatkan makna tertentu respek : memberikan rasa hormat atau menunjukkan rasa
peduli roman : karangan prosa
yang melukiskan watak, hati, dan jiwa tokoh S simile : majas pertautan
yang membandingkan dua hal yang
secara hakiki berbeda, tetapi dianggap memiliki kesamaan dengan
penanda kata (seperti, laksana, bagaikan, dan bak) |
|
|
|
|
|
|
sinonim
: kata- kata yang maknanya sama atau
mirip subjektif
: penilaian berdasarkan perasaan suka dan tidak suka survei : penyelidikan untuk penelitian T testimoni : pengakuan atau penilaian yang disampaikan oleh
seseorang untuk sebuah
produk V verifikasi : dicek kembali kebenarannya W Web : jaringan
informasi yang bisa diakses melalui
internet |
Bab VI : Menulis
Teks Pidato |
Capaian Pembelajaran (CP) |
Capaian Pembelajaran Elemen |
Alur Tujuan
Pembelajaran dalam setiap fase |
Kata/Frasa Kunci,
Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat |
Perkiraan Jumlah
Jam |
Profil
Pelajar Pancasila |
Glosarium |
Pada akhir fase D,
peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi
dan bernalar sesuai dengan
tujuan, konteks sosial, dan akademis. Peserta didik mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi paparan tentang topik yang beragam
dan karya sastra. Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi, mempresentasikan, dan menanggapi informasi nonfiksi dan
fiksi yang dipaparkan; Peserta didik
menulis berbagai teks untuk menyampaikan pengamatan dan |
Menyimak § Peserta didik mampu menganalisis
dan memaknai informasi berupa gagasan,
pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang tepat
dari berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) audiovisual dan aural dalam bentuk
monolog, dialog, dan gelar
wicara. Peserta didik mampu
mengeksplorasi dan
mengevaluasi berbagai informasi dari topik aktual yang
didengar. Membaca
dan Memirsa § Peserta didik memahami informasi berupa |
§ Peserta didik mampu menemukenali informasi yang ada dalam sebuah teks pidato. |
§ Kata/frasa kunci: mengenal pidato. § Topik/konten inti: salam pembuka pidato serta
mengenali pernyataan dalam sebuah
teks pidato. § Penjelasan
singkat: menemukenali informasi yang ada dalam sebuah teks pidato. |
6 JP |
§
Mandiri § Bernalar kritis §
Kreatif. |
A analogi
: membandingkan dua
hal yang mempunyai kesamaan bentuk dengan cara kiasan antonim
: kata- kata yang maknanya berlawanan D data : kumpulan informasi atau keterangan yang benar dan nyata deskripsi
: suatu keadaan secara detail sehingga pembaca
dapat melihat, membayangkan, dan merasakan apa yang sedang
dideskripsikan dedikasi : pengorbanan tenaga,
pikiran, |
§ Peserta didik dapat menyimpulkan pengertian
pidato dan mengidentifikasi struktur teks pidato. |
§ Kata/frasa kunci: pengertian pidato dan struktur teks pidato. § Topik/konten inti: menyimpulkan pengertian
pidato serta mengidentifikasi dan
memahami struktur pidato . § Penjelasan
singkat: menyimpulkan pengertian pidato dan |
6 JP |
pengalamannya dengan lebih
terstruktur, dan menuliskan tanggapannya terhadap paparan dan bacaan
menggunakan pengalaman dan pengetahuannya. Peserta didik mengembangkan kompetensi diri melalui pajanan berbagai
teks untuk penguatan karakter. |
gagasan, pikiran,
pandangan, arahan atau pesan
dari berbagai jenis teks misalnya teks deskripsi, narasi, puisi,
eksplanasi dan eksposisi dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan
makna yang tersurat dan tersirat. Peserta didik menginterpretasika n informasi untuk mengungkapkan simpati, kepedulian,
empati atau pendapat pro dan kontra
dari teks visual dan audiovisual. Peserta didik menggunakan sumber informasi lain untuk menilai akurasi
dan kualitas data serta membandingkan informasi pada teks. Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi |
|
mengidentifikasi struktur teks pidato. |
|
|
dan usaha demi keberhasilan suatu
usaha diafan
: puisi yang kata dan maknanya mudah
dipahami E editor : orang yang
mengedit naskah efektif : tepat guna
atau tepat sasaran eksis : ada dan
berkembang eksposisi : uraian informasi tentang sesuatu hal yang dapat menambah pengetahuan pembaca era : masa atau
kurun waktu F Fakta
: hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan atau yang benar-benar |
§ Peserta didik dapat menyimpulkan fakta, data,
dan kata ilmiah dalam teks pidato. |
§ Kata/frasa kunci: menyimpulkan fakta,
data, dan kata-kata ilmiah dalam
teks pidato. § Topik/konten inti: mengenal fakta dan
data yang digunakan dalam teks pidato serta memahami kata- kata
ilmiah yang digunakan dalam teks pidato. § Penjelasan
singkat: menyimpulkan fakta, data, dan kata ilmiah dalam teks pidato. |
6 JP |
||||
§ Peserta didik mampu mengidentifikasi pengertian kalimat persuasif dan ungkapan rasa peduli
atau simpati yang digunakan dalam pidato. |
§ Kata/frasa kunci: kalimat persuasif dan
ungkapan rasa peduli atau simpati dalam pidato. § Topik/konten inti: memahami pengertian kalimat
persuasif dan ungkapan rasa |
6 JP |
|
berbagai topik aktual yang
dibaca dan dipirsa. Berbicara dan Mempresentasikan § Peserta didik mampu menyampaikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau
pesan untuk tujuan pengajuan usul, pemecahan masalah, dan pemberian solusi secara lisan dalam bentuk
monolog dan dialog logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu menggunakan
dan memaknai kosakata baru yang memiliki
makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk berbicara dan menyajikan gagasannya. Peserta didik mampu |
|
simpati serta mengidentifikasi contoh-contoh kalimat persuasif dan ungkapan rasa simpati dalam pidato. § Penjelasan
singkat: mengidentifikasi pengertian kalimat persuasif dan ungkapan rasa peduli atau simpati yang digunakan dalam pidato. |
|
|
terjadi fiksi : cerita rekaan atau
tidak berdasarkan kenyataan I Ideology
: kumpulan gagasan, ide, atau cara pandang yang memberikan arahan dan tujuan untuk kehidupan ilmiah : bersifat ilmu (mengandung ilmu pengetahuan) ikon : simbol
yang mewakili suatu keadaan imperatif
: larangan atau keharusan melaksanakan perbuatan inklusi : kegiatan mengajar
peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah regular atau sekolah umum intonasi : |
§ Peserta didik mampu menulis teks pidato dengan langkah-langkah yang sudah diberikan dan memasukkan
unsur- unsur kebahasaan kata-kata ilmiah serta kalimat persuasif
di dalamnya. |
§ Kata/frasa kunci: menulis teks pidato dengan
unsur-unsur kebahasaan. § Topik/konten inti: menulis pidato. § Penjelasan singkat: menulis teks pidato dengan langkah- langkah yang sudah diberikan dan memasukkan unsur-unsur kebahasaan
kata- kata ilmiah serta kalimat
persuasif di dalamnya.. |
6 JP |
|
menggunakan ungkapan
sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. Peserta
didik mampu berdiskusi secara
aktif, kontributif, efektif, dan santun. Peserta didik
mampu menuturkan dan menyajikan ungkapan simpati, empati,
peduli, perasaan, dan penghargaan dalam bentuk teks informatif dan fiksi melalui teks multimoda. Peserta didik mampu
mengungkapkan dan mempresentasikan berbagai topik aktual secara
kritis. Menulis § Peserta didik mampu menulis gagasan,
pikiran, pandangan, arahan
atau pesan tertulis untuk berbagai |
§ Peserta didik mampu menyimpulkan bermacam-macam metode dalam berpidato
dan dapat berpidato dengan baik di depan
kelas. |
§ Kata/frasa
kunci: metode-metode dalam
berpidato. § Topik/konten inti: metode-metode dalam
berpidato (metode impromptu, manuskrip, memoriter,
dan ekstempore). § Penjelasan singkat: menyimpulkan bermacam-macam metode dalam berpidato dan dapat berpidato
dengan baik di depan kelas. |
6 JP |
|
ketepatan pengucapan
dan irama kalimat K khalayak
: orang banyak
atau masyarakat konsumen
: orang yang menggunakan produk kruk : tongkat penyangga untuk membantu berjalan kuesioner : daftar pertanyaan yang digunakan dalam sebuah
survey M Majas : cara melukiskan sesuatu
dengan menyamakannya dengan sesuatu yang lain metafora : pemakaian
kata atau kelompok kata bukan dengan arti yang sebenarnya O objektif : |
|
tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. Peserta
didik juga menuliskan hasil penelitian menggunakan metodologi sederhana dengan mengutip sumber rujukan
secara etis. Menyampaikan ungkapan rasa simpati,
empati, peduli, dan pendapat pro/kontra secara etis
dalam memberikan penghargaan secara tertulis
dalam teks multimodal. Peserta didik mampu menggunakan dan mengembangkan kosakata
baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk
menulis. Peserta didik menyampaikan tulisan berdasarkan fakta, pengalaman, |
|
|
|
|
penilaian yang berdasarkan
logika dan tidak melibatkan perasaan. observasi : pengamatan
atau peninjauan secara
cermat opini : pendapat, pikiran, atau pendirian P persuasif : membujuk secara halus untuk meyakinkan populer
: dikenal dan disukai banyak orang dan mudah dipahami primadona
: yang utama, penting, dan sebagainya prismatis
: puisi yang
kata-kata dan maknanya cukup sulit dipahami produk : hasil produksi atau
hasil sebuah pekerjaan |
|
dan imajinasi secara
indah dan menarik dalam bentuk prosa dan puisi dengan penggunaan
kosa kata secara kreatif. |
|
|
|
|
yang berbentuk barang atau
jasa R repetisi : gaya bahasa
yang menggunakan pengulangan kata untuk mendapatkan makna tertentu respek : memberikan rasa hormat atau menunjukkan rasa
peduli roman : karangan prosa
yang melukiskan watak, hati, dan jiwa tokoh S simile : majas pertautan
yang membandingkan dua hal yang
secara hakiki berbeda, tetapi dianggap memiliki kesamaan dengan
penanda kata (seperti, laksana, bagaikan, dan bak) sinonim : kata- |
|
|
|
|
|
|
kata yang maknanya
sama atau mirip subjektif
: penilaian berdasarkan perasaan suka dan tidak suka survei : penyelidikan untuk penelitian T testimoni : pengakuan atau penilaian yang disampaikan oleh
seseorang untuk sebuah
produk V verifikasi : dicek kembali kebenarannya W Web : jaringan
informasi yang bisa diakses melalui
internet |
Komentar
Posting Komentar