Langsung ke konten utama

 

 

 

Capaian Umum

Pada akhir fase D, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks sosial, dan akademis. Peserta didik mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi paparan tentang topik yang beragam dan karya sastra. Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi, mempresentasikan, dan menanggapi informasi nonfiksi dan fiksi yang dipaparkan; Peserta didik menulis berbagai teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur, dan menuliskan tanggapannya terhadap paparan dan bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya. Peserta didik mengembangkan kompetensi diri melalui pajanan berbagai teks untuk penguatan karakter.

Capaian Per Elemen

Menyimak

Peserta didik mampu menganalisis dan memaknai informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang tepat dari berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) audiovisual dan aural dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara. Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai informasi dari topik aktual yang didengar.

Membaca dan Memirsa

Peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks deskripsi, narasi, puisi, eksplanasi dan eksposisi dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. Peserta didik menginterpretasikan informasi untuk mengungkapkan simpati, kepedulian, empati atau pendapat pro dan kontra dari teks visual dan audiovisual. Peserta didik menggunakan sumber informasi lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan informasi pada teks. Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai topik aktual yang dibaca dan dipirsa.

Berbicara dan Mempresentasikan

Peserta didik mampu menyampaikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan pengajuan usul, pemecahan masalah, dan pemberian solusi secara lisan dalam bentuk monolog dan dialog logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu menggunakan dan memaknai kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk berbicara dan menyajikan gagasannya. Peserta didik mampu menggunakan ungkapan sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. Peserta didik mampu berdiskusi secara aktif, kontributif, efektif, dan santun. Peserta didik mampu menuturkan dan menyajikan ungkapan simpati, empati, peduli, perasaan, dan penghargaan dalam bentuk teks informatif dan fiksi melalui teks multimoda. Peserta didik mampu mengungkapkan dan mempresentasikan berbagai topik aktual secara kritis.

Menulis

Peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik juga menuliskan hasil penelitian menggunakan metodologi sederhana dengan mengutip sumber rujukan secara etis. Menyampaikan ungkapan rasa simpati, empati, peduli, dan pendapat pro/kontra secara etis dalam memberikan penghargaan secara tertulis dalam teks multimodal. Peserta didik mampu menggunakan dan mengembangkan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk menulis. Peserta didik menyampaikan tulisan berdasarkan fakta, pengalaman, dan imajinasi secara indah dan menarik dalam bentuk prosa dan puisi dengan penggunaan kosa kata secara kreatif.

 

 

 

 

 

ALUR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) KURIKULUM MERDEKA

 

Nama Sekolah                             :    SMPN 4 MATARAM

Nama penyusun                           :    DEVI HERDIANI, S.Pd., Gr. NIK         : 3672087105900001

Mata pelajaran                            : Bahasa Indonesia

Fase D, Kelas / Semester            : VIII (Delapan) / I (Ganjil) & II (Genap)

 



 

ALUR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) BAHASA INDONESIA FASE D KELAS VIII

 

Mata Pelajaran                  :   Bahasa Indonesia

Satuan Pendidikan              :   SMP

Fase D, Kelas / Semester                          :                          VIII (Delapan) / I (Ganjil) dan II (Genap) Tahun Pelajaran                          :                          2023/2024

 

A.    Rasional Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Kemampuan berbahasa, bersastra, dan berpikir merupakan fondasi dari kemampuan literasi. Semua bidang kajian, bidang kehidupan, dan tujuan-tujuan sosial menggunakan kemampuan literasi. Literasi menjadi kemampuan sangat penting yang digunakan untuk bekerja dan belajar sepanjang hayat. Dengan demikian, pembelajaran bahasa Indonesia merupakan pembelajaran literasi untuk berbagai tujuan berkomunikasi dalam konteks sosial budaya Indonesia. Kemampuan literasi dikembangkan ke dalam pembelajaran menyimak, membaca dan memirsa, menulis, berbicara, dan mempresentasikan untuk berbagai tujuan berbasis genre yang terkait dengan penggunaan bahasa dalam kehidupan. Setiap genre memiliki tipe teks yang didasarkan pada alur pikir— struktur—khas teks tertentu. Tipe teks merupakan alur pikir yang dapat mengoptimalkan penggunaan bahasa untuk bekerja dan belajar sepanjang hayat.

Model utama yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah pedagogi genre. Model ini memiliki empat tahapan, yaitu: penjelasan untuk membangun konteks (explaining, building the context), pemodelan (modelling), pembimbingan (joint construction), dan pemandirian (independent construction). Di samping pedagogi genre, pembelajaran bahasa Indonesia dapat dikembangkan dengan model-model lain sesuai dengan pencapaian pembelajaran tertentu.

Pembinaan dan pengembangan kemampuan berbahasa Indonesia akan membentuk pribadi Pancasila yang beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berpikir kritis, mandiri, kreatif, bergotong royong, dan berkebinekaan global. Rasional sebagaimana diuraikan di atas dapat dipaparkan pada gambar 1 sebagai berikut.


 

Gambar 1: Rasional Pembelajaran Bahasa Indonesia

B.    Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Setiap Fase D (Umumnya untuk kelas VIII SMP/MTs/Program Paket B)

Pada akhir fase D, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks sosial, dan akademis. Peserta didik mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi paparan tentang topik yang beragam dan karya sastra. Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi, mempresentasikan, dan menanggapi informasi nonfiksi dan fiksi yang dipaparkan; Peserta didik menulis berbagai teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur, dan menuliskan tanggapannya terhadap paparan dan bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya. Peserta didik mengembangkan kompetensi diri melalui pajanan berbagai teks untuk penguatan karakter.

Fase D Berdasarkan Elemen.

 

Elemen

Capaian Pembelajaran

Menyimak

Peserta didik mampu menganalisis dan memaknai informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang tepat dari berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) audiovisual dan aural dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara. Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai informasi dari topik aktual yang didengar.

Membaca dan Memirsa

Peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks deskripsi, narasi, puisi, eksplanasi dan eksposisi dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. Peserta didik menginterpretasikan informasi untuk

mengungkapkan simpati, kepedulian, empati atau pendapat pro dan kontra dari teks visual dan audiovisual. Peserta didik menggunakan sumber informasi lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta


 

Elemen

Capaian Pembelajaran

 

membandingkan informasi pada teks.

Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai topik aktual yang dibaca dan dipirsa.

Berbicara dan Mempresentasikan

Peserta didik mampu menyampaikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan pengajuan usul, pemecahan masalah, dan

pemberian solusi secara lisan dalam bentuk monolog dan dialog logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu menggunakan dan memaknai kosakata baru

yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk berbicara dan menyajikan gagasannya. Peserta didik mampu menggunakan ungkapan sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. Peserta didik mampu berdiskusi secara aktif, kontributif, efektif,

dan santun. Peserta didik mampu menuturkan dan menyajikan ungkapan simpati, empati, peduli, perasaan, dan penghargaan dalam bentuk teks informatif dan fiksi melalui teks multimoda. Peserta didik mampu mengungkapkan dan mempresentasikan berbagai topik aktual secara kritis.

Menulis

Peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran,

pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik juga menuliskan hasil penelitian

menggunakan metodologi sederhana dengan mengutip sumber rujukan secara etis.

Menyampaikan ungkapan rasa simpati, empati, peduli, dan pendapat pro/kontra secara etis dalam memberikan penghargaan secara tertulis dalam teks multimodal. Peserta didik mampu menggunakan dan mengembangkan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk menulis. Peserta didik menyampaikan tulisan berdasarkan fakta, pengalaman, dan imajinasi secara indah dan menarik dalam bentuk prosa dan puisi dengan penggunaan kosa kata secara kreatif.


 

ALUR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN DALAM RANGKA PENGEMBANGAN PERANGKAT AJAR (BAHASA INDONESIA FASE D KELAS VII)

Semester : I (Ganjil)

 

Bab I : Menulis Teks Laporan Hasil Observasi

 

Capaian Pembelajaran (CP)

Capaian Pembelajaran Elemen

Alur Tujuan Pembelajaran dalam setiap fase

Kata/Frasa Kunci, Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat

 

Perkiraan Jumlah Jam

 

Profil Pelajar Pancasila

 

Glosarium

Pada akhir fase D, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks sosial, dan akademis. Peserta didik mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi paparan tentang topik yang beragam dan karya sastra. Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi, mempresentasikan, dan menanggapi

Menyimak

§  Peserta didik mampu menganalisis dan memaknai informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang tepat dari berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) audiovisual dan aural dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara. Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai informasi dari topik aktual

§  Peserta didik memahami observasi sebagai kata kunci dari sebuah teks laporan hasil observasi.

§  Peserta didik bisa menjelaskan, bahwa informasi dalam sebuah teks laporan hasil observasi didapatkan melalui hasil pengamatan. Dengan demikian, informasi tersebut benar dan nyata adanya.

§  Peserta didik juga bisa menyebutkan

informasi yang

§  Kata/frasa kunci: mengenal teks laporan hasil observasi

§  Topik/konten inti: teks laporan hasil observasi dan informasi dalam teks LHO

§  Penjelasan singkat: memahami observasi sebagai kata kunci dari sebuah teks laporan hasil observasi, menjelaskan, bahwa informasi dalam sebuah teks laporan hasil observasi

didapatkan

6 JP

§  Mandiri

§  Bernalar kritis

§  Kreatif.

A

analogi : membandingkan dua hal yang mempunyai kesamaan bentuk dengan cara kiasan

antonim : kata- kata yang maknanya berlawanan

D

data : kumpulan informasi atau keterangan yang benar dan nyata

deskripsi : suatu keadaan secara detail sehingga pembaca dapat melihat,


 

informasi nonfiksi dan fiksi yang dipaparkan; Peserta didik menulis berbagai teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur, dan menuliskan tanggapannya terhadap paparan dan bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya.

Peserta didik mengembangkan kompetensi diri melalui pajanan berbagai teks untuk penguatan karakter.

yang didengar.

Membaca dan Memirsa

§  Peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks deskripsi, narasi, puisi, eksplanasi dan eksposisi dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. Peserta didik menginterpretasika n informasi untuk mengungkapkan simpati, kepedulian, empati atau pendapat pro dan kontra dari teks visual dan audiovisual. Peserta didik menggunakan sumber informasi lain untuk menilai

ditemukan dalam sebuah teks laporan hasil observasi.

melalui hasil pengamatan. Dengan demikian, informasi tersebut benar dan nyata adanya. serta dapat menyebutkan informasi yang ditemukan dalam sebuah teks laporan hasil observasi..

 

 

membayangkan, dan merasakan apa yang sedang dideskripsikan

dedikasi : pengorbanan tenaga, pikiran, dan usaha demi keberhasilan suatu usaha

diafan : puisi yang kata dan maknanya mudah dipahami

E

editor : orang yang mengedit naskah

efektif : tepat guna atau tepat sasaran

eksis : ada dan berkembang

eksposisi : uraian informasi tentang sesuatu hal yang dapat menambah pengetahuan pembaca

era : masa atau kurun waktu

F

§  Peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi topik dan gagasan utama dalam sebuah teks LHO.

§  Kata/frasa kunci: mengenali topik dan gagasan utama dalam teks laporan hasil observasi

§  Topik/konten inti: mengidentifikasi topik dan gagasan utama dalam sebuah teks LHO.

§  Penjelasan singkat: mengidentifikasi topik dan gagasan utama dalam sebuah teks LHO.

6 JP

§  Peserta didik mengidentifikasi

§  Kata/frasa kunci: mengenal data

6 JP


 

 

akurasi dan kualitas data serta membandingkan informasi pada teks. Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai topik aktual yang dibaca dan dipirsa.

Berbicara dan Mempresentasikan

§  Peserta didik mampu menyampaikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan pengajuan usul, pemecahan masalah, dan pemberian solusi secara lisan dalam bentuk monolog dan dialog logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu menggunakan dan memaknai kosakata baru yang memiliki makna

data-data yang ada di dalam teks.

dalam teks laporan hasil observasi

§  Topik/konten inti: mengidentifikasi data-data.

§  Penjelasan singkat: data-data yang ada di dalam teks

 

 

Fakta : hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan atau yang benar-benar terjadi

fiksi : cerita rekaan atau tidak berdasarkan kenyataan

I

Ideology : kumpulan gagasan, ide, atau cara pandang yang memberikan arahan dan tujuan untuk kehidupan

ilmiah : bersifat ilmu (mengandung ilmu pengetahuan)

ikon : simbol yang mewakili suatu keadaan

imperatif : larangan atau keharusan melaksanakan perbuatan

inklusi : kegiatan

§  Peserta didik dapat mengidentifikasi struktur teks LHO dan dapat menjelaskannya, baik secara lisan maupun tulisan.

§  Kata/frasa kunci: mengenal struktur teks laporan hasil observasi

§  Topik/konten inti: menandai bagian- bagian yang menjadi pembuka, isi, dan penutup dalam teks LHO.

§  Penjelasan singkat: struktur teks LHO dan dapat menjelaskannya, baik secara lisan maupun tulisan

6 JP

§  Peserta didik dapat mengidentifikasi paragraf deskripsi

§  Kata/frasa kunci: mengidentifikasi paragraf deskripsi dan eksposisi

6 JP


 

 

denotatif, konotatif, dan kiasan untuk berbicara dan menyajikan gagasannya. Peserta didik mampu menggunakan ungkapan sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. Peserta didik mampu berdiskusi secara aktif, kontributif, efektif, dan santun. Peserta didik mampu menuturkan dan menyajikan ungkapan simpati, empati, peduli, perasaan, dan penghargaan dalam bentuk teks informatif dan fiksi melalui teks multimoda. Peserta didik mampu mengungkapkan dan mempresentasikan berbagai topik

dan eksposisi dalam teks, serta dapat menulis kedua jenis paragraf ini dengan baik.

dalam laporan hasil observasi

§  Topik/konten inti: mengenal paragraf deskripsi dan eksposisi serta membuat paragraf deskripsi dan eksposisi.

§  Penjelasan singkat: paragraf deskripsi dan eksposisi dalam teks, serta dapat menulis kedua jenis paragraf ini dengan baik

 

 

mengajar peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah regular atau sekolah umum

intonasi : ketepatan pengucapan dan irama kalimat

K

khalayak : orang banyak atau masyarakat

konsumen : orang yang menggunakan produk

kruk : tongkat penyangga untuk membantu berjalan

kuesioner : daftar pertanyaan yang digunakan dalam sebuah survey

M

Majas : cara melukiskan sesuatu dengan menyamakannya dengan sesuatu yang lain

metafora :

§  Peserta didik mengenal tanda baca dan kata-kata serapan yang ada dalam teks laporan hasil observasi.

§  Kata/frasa kunci: mengenal tanda baca dan penulisan kata berbahasa asing dan daerah

§  Topik/konten inti: mengenal pemakaian tanda baca titik (.), koma (,), titik dua (:), dan titik koma (;) Serta mengenal tata cara penulisan kata dari bahasa

asing dan bahasa

6 JP


 

 

aktual secara kritis.

Menulis

§  Peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik juga menuliskan hasil penelitian menggunakan metodologi sederhana dengan mengutip sumber rujukan secara etis. Menyampaikan ungkapan rasa simpati, empati, peduli, dan pendapat pro/kontra secara etis dalam memberikan penghargaan secara tertulis dalam teks multimodal. Peserta didik mampu menggunakan dan mengembangkan kosakata baru yang

 

daerah.

§  Penjelasan singkat: mengenal tanda baca dan kata-kata serapan yang ada dalam teks laporan hasil observasi.

 

 

pemakaian kata atau kelompok kata bukan dengan arti yang sebenarnya

O

objektif : penilaian yang berdasarkan logika dan tidak melibatkan perasaan.

observasi : pengamatan atau peninjauan secara cermat

opini : pendapat, pikiran, atau pendirian

P

persuasif : membujuk secara halus untuk meyakinkan

populer : dikenal dan disukai banyak orang dan mudah dipahami

primadona : yang utama, penting, dan sebagainya

prismatis : puisi

§  Peserta didik dapat menulis sebuah teks laporan hasil observasi.

§  Kata/frasa kunci: mengenal langkah-langkah penulisan teks laporan hasil observasi

§  Topik/konten inti: mengenal langkah-langkah menulis teks laporan hasil observasi (LHO) serta menulis teks laporan hasil observasi (LHO)

§  Penjelasan singkat: menulis sebuah teks laporan hasil observasi.

6 JP

 


 

 

memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk menulis. Peserta didik menyampaikan tulisan berdasarkan fakta, pengalaman, dan imajinasi secara indah dan menarik dalam bentuk prosa dan puisi dengan penggunaan kosa kata secara kreatif.

 

 

 

 

yang kata-kata dan maknanya cukup sulit dipahami

produk : hasil produksi atau hasil sebuah pekerjaan yang berbentuk barang atau jasa

R

repetisi : gaya bahasa yang menggunakan pengulangan kata untuk mendapatkan makna tertentu

respek : memberikan rasa hormat atau menunjukkan rasa peduli

roman : karangan prosa yang melukiskan watak, hati, dan jiwa tokoh

S

simile : majas pertautan yang membandingkan dua hal yang secara hakiki berbeda, tetapi dianggap

memiliki kesamaan


 

 

 

 

 

 

 

dengan penanda kata (seperti, laksana, bagaikan, dan bak)

sinonim : kata-kata yang maknanya sama atau mirip

subjektif : penilaian berdasarkan perasaan suka dan tidak suka

survei : penyelidikan untuk penelitian

 

 

T

testimoni : pengakuan atau penilaian yang disampaikan oleh seseorang untuk sebuah produk

 

 

V

verifikasi : dicek kembali kebenarannya

 

 

W


 

 

 

 

 

 

 

Web : jaringan informasi yang bisa diakses melalui internet

Bab II : Membuat Iklan, Slogan, dan Poster

 

Capaian Pembelajaran (CP)

Capaian Pembelajaran Elemen

Alur Tujuan Pembelajaran dalam setiap fase

Kata/Frasa Kunci, Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat

 

Perkiraan Jumlah Jam

 

Profil Pelajar Pancasila

 

Glosarium

Pada akhir fase D, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks sosial, dan akademis. Peserta didik mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi paparan tentang topik yang beragam dan karya sastra. Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi, mempresentasikan,

Menyimak

§  Peserta didik mampu menganalisis dan memaknai informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang tepat dari berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) audiovisual dan aural dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara. Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai informasi

§  Peserta didik dapat menyebutkan pengertian iklan, menjelaskan perbedaan iklan komersial dan nonkomersial, serta menyebutkan informasi yang ada dalam sebuah iklan.

§  Kata/frasa kunci: mengenal teks iklan

§  Topik/konten inti: mengenal iklan, mengenal iklan komersial serta mengidentifikasi informasi dalam iklan komersial.

§  Penjelasan singkat: menyebutkan pengertian iklan, menjelaskan perbedaan iklan komersial dan nonkomersial, serta menyebutkan informasi yang

ada dalam sebuah

6 JP

§  Mandiri

§  Bernalar kritis

§  Kreatif.

A

analogi : membandingkan dua hal yang mempunyai kesamaan bentuk dengan cara kiasan

antonim : kata- kata yang maknanya berlawanan

D

data : kumpulan informasi atau keterangan yang benar dan nyata

deskripsi : suatu keadaan secara detail sehingga pembaca dapat


 

dan menanggapi informasi nonfiksi dan fiksi yang dipaparkan; Peserta didik menulis berbagai teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur, dan menuliskan tanggapannya terhadap paparan dan bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya.

Peserta didik mengembangkan kompetensi diri melalui pajanan berbagai teks untuk penguatan karakter.

dari topik aktual yang didengar.

 

 

Membaca dan Memirsa

§  Peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks deskripsi, narasi, puisi, eksplanasi dan eksposisi dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. Peserta didik menginterpretasika n informasi untuk mengungkapkan simpati, kepedulian, empati atau pendapat pro dan kontra dari teks visual dan audiovisual. Peserta didik menggunakan sumber informasi

 

iklan.

 

 

melihat, membayangkan, dan merasakan apa yang sedang dideskripsikan

dedikasi : pengorbanan tenaga, pikiran, dan usaha demi keberhasilan suatu usaha

diafan : puisi yang kata dan maknanya mudah dipahami

E

editor : orang yang mengedit naskah

efektif : tepat guna atau tepat sasaran

eksis : ada dan berkembang

eksposisi : uraian informasi tentang sesuatu hal yang dapat menambah pengetahuan pembaca

era : masa atau kurun waktu

§  Peserta didik dapat menginterpretasik an pesan yang ada dalam sebuah iklan komersial.

§  Peserta didik dapat menganalisis iklan efektif dan tidak efektif.

§  Kata/frasa kunci: mengenal pesan yang terkandung dalam iklan komersial

§  Topik/konten inti: Pesan iklan komersial serta Iklan yang efektif dan tidak efektif.

§  Penjelasan singkat: menginterpretasik an pesan yang ada dalam sebuah iklan komersial, serta menganalisis iklan efektif dan tidak efektif.

6 JP

§  Peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri slogan dan poster.

§  Peserta didik dapat membuat slogan dan poster.

§  Kata/frasa kunci: mengenal pesan yang terkandung dalam iklan nonkomersial

§  Topik/konten inti: mengenal iklan nonkomersial dan mengidentifikasi pesan-pesan yang

ada di dalamnya

6 JP


 

 

lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan informasi pada teks. Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai topik aktual yang dibaca dan dipirsa.

Berbicara dan Mempresentasikan

§  Peserta didik mampu menyampaikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan pengajuan usul, pemecahan masalah, dan pemberian solusi secara lisan dalam bentuk monolog dan dialog logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu menggunakan dan memaknai kosakata baru yang

 

serta mengenal iklan layanan masyarakat dan iklan pemberitahuan.

§  Penjelasan singkat: menjelaskan ciri- ciri slogan dan poster serta membuat slogan dan poster

 

 

F

Fakta : hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan atau yang benar-benar terjadi

fiksi : cerita rekaan atau tidak berdasarkan kenyataan

I

Ideology : kumpulan gagasan, ide, atau cara pandang yang memberikan arahan dan tujuan untuk kehidupan

ilmiah : bersifat ilmu (mengandung ilmu pengetahuan)

ikon : simbol yang mewakili suatu keadaan

imperatif : larangan atau keharusan melaksanakan perbuatan

§  Peserta didik mampu menjelaskan ciri- ciri slogan.

§  Peserta didik bisa membuat slogan.

§  Kata/frasa kunci: menulis slogan

§  Topik/konten inti: Slogan dapat ditemukan dalam iklan dan poster. Menurut KBBI slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan atau mengiklankan sesuatu, seperti Solo Berseri (bersih, sehat,

indah, rapi).

6 JP


 

 

memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk berbicara dan menyajikan gagasannya.

Peserta didik mampu menggunakan ungkapan sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. Peserta didik mampu berdiskusi secara aktif, kontributif, efektif, dan santun. Peserta didik mampu menuturkan dan menyajikan ungkapan simpati, empati, peduli, perasaan, dan penghargaan dalam bentuk teks informatif dan fiksi melalui teks multimoda. Peserta didik mampu mengungkapkan dan mempresentasikan berbagai topik

 

Slogan juga berarti perkataan atau kalimat pendek yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menjelaskan tujuan suatu ideologi golongan, organisasi, partai politik, dan sebagainya.

§  Penjelasan singkat: menjelaskan ciri- ciri slogan serta membuat slogan.

 

 

inklusi : kegiatan mengajar peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah regular atau sekolah umum

intonasi : ketepatan pengucapan dan irama kalimat

K

khalayak : orang banyak atau masyarakat

konsumen : orang yang menggunakan produk

kruk : tongkat penyangga untuk membantu berjalan

kuesioner : daftar pertanyaan yang digunakan dalam sebuah survey

M

Majas : cara melukiskan sesuatu dengan menyamakannya dengan sesuatu yang lain

§  Peserta didik dapat menyebutkan kalimat imperatif dan persuasif dalam iklan.

§  Peserta didik dapat membuat kalimat sendiri.

§  Kata/frasa kunci: mengenal kalimat imperatif dan persuasif dalam iklan

§  Topik/konten inti: mengenal kalimat imperatif dan persuasif.

§  Penjelasan singkat: menyebutkan

kalimat imperatif dan persuasif

6 JP


 

 

aktual secara kritis.

Menulis

§  Peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik juga menuliskan hasil penelitian menggunakan metodologi sederhana dengan mengutip sumber rujukan secara etis. Menyampaikan ungkapan rasa simpati, empati, peduli, dan pendapat pro/kontra secara etis dalam memberikan penghargaan secara tertulis dalam teks multimodal. Peserta didik mampu menggunakan dan mengembangkan kosakata baru yang

 

dalam iklan serta membuat kalimat sendiri.

 

 

metafora : pemakaian kata atau kelompok kata bukan dengan arti yang sebenarnya

O

objektif : penilaian yang berdasarkan logika dan tidak melibatkan perasaan.

observasi : pengamatan atau peninjauan secara cermat

opini : pendapat, pikiran, atau pendirian

P

persuasif : membujuk secara halus untuk meyakinkan

populer : dikenal dan disukai banyak orang dan mudah dipahami

primadona : yang utama, penting, dan sebagainya

§  Peserta didik mampu membuat sebuah poster secara kreatif.

§  Kata/frasa kunci: membuat poster.

§  Topik/konten inti: Menurut KBBI, poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum (berupa pengumuman atau iklan). Poster umumnya menampilkan beragam informasi seperti iklan produk dan festival rakyat

§  Penjelasan singkat: membuat sebuah poster secara kreatif.

6 JP

§  Peserta didik mampu mengetahui langkah-langkah pembuatan iklan dan dapat membuat sebuah iklan sederhana.

§  Kata/frasa kunci: membuat iklan

§  Topik/konten inti: mengenal langkah pembuatan iklan serta membuat iklan.


 

 

memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk menulis. Peserta didik menyampaikan tulisan berdasarkan fakta, pengalaman, dan imajinasi secara indah dan menarik dalam bentuk prosa dan puisi dengan penggunaan kosa kata secara kreatif.

 

§  Penjelasan singkat: mengetahui langkah-langkah pembuatan iklan dan dapat membuat sebuah iklan sederhana.

 

 

prismatis : puisi yang kata-kata dan maknanya cukup sulit dipahami

produk : hasil produksi atau hasil sebuah pekerjaan yang berbentuk barang atau jasa

R

repetisi : gaya bahasa yang menggunakan pengulangan kata untuk mendapatkan makna tertentu

respek : memberikan rasa hormat atau menunjukkan rasa peduli

roman : karangan prosa yang melukiskan watak, hati, dan jiwa tokoh

S

simile : majas pertautan yang membandingkan dua hal yang secara hakiki berbeda,

tetapi dianggap


 

 

 

 

 

 

 

memiliki kesamaan dengan penanda kata (seperti, laksana, bagaikan, dan bak)

sinonim : kata-kata yang maknanya sama atau mirip

subjektif : penilaian berdasarkan perasaan suka dan tidak suka

survei : penyelidikan untuk penelitian

T

testimoni : pengakuan atau penilaian yang disampaikan oleh seseorang untuk sebuah produk

V

verifikasi : dicek kembali kebenarannya

W

Web : jaringan informasi yang bisa diakses melalui


 

 

 

 

 

 

 

internet

Bab III : Menulis Artikel Ilmiah Populer

 

Capaian Pembelajaran (CP)

Capaian Pembelajaran Elemen

Alur Tujuan Pembelajaran dalam setiap fase

Kata/Frasa Kunci, Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat

 

Perkiraan Jumlah Jam

 

Profil Pelajar Pancasila

 

Glosarium

Pada akhir fase D, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks sosial, dan akademis. Peserta didik mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi paparan tentang topik yang beragam dan karya sastra. Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi, mempresentasikan, dan menanggapi informasi nonfiksi dan fiksi yang

Menyimak

§  Peserta didik mampu menganalisis dan memaknai informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang tepat dari berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) audiovisual dan aural dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara. Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai informasi dari topik aktual yang didengar.

§  Peserta didik dapat menjelaskan pengertian artikel ilmiah populer, membedakan artikel ilmiah dengan artikel ilmiah populer, dan dapat menyebutkan informasi yang ada di dalamnya.

§  Kata/frasa kunci: mengenal artikel ilmiah populer

§  Topik/konten inti: Artikel ilmiah populer serta Informasi dalam artikel ilmiah populer

§  Penjelasan singkat: fokus pembelajaran adalah menjelaskan pengertian artikel ilmiah populer, membedakan artikel ilmiah dengan artikel ilmiah populer, dan dapat menyebutkan informasi yang ada di dalamnya.

6 JP

§  Mandiri

§  Bernalar kritis

§  Kreatif.

A

analogi : membandingkan dua hal yang mempunyai kesamaan bentuk dengan cara kiasan

antonim : kata- kata yang maknanya berlawanan

D

data : kumpulan informasi atau keterangan yang benar dan nyata

deskripsi : suatu keadaan secara detail sehingga pembaca dapat melihat,

membayangkan, dan merasakan apa


 

dipaparkan; Peserta didik menulis berbagai teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur, dan menuliskan tanggapannya terhadap paparan dan bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya.

Peserta didik mengembangkan kompetensi diri melalui pajanan berbagai teks untuk penguatan karakter.

Membaca dan Memirsa

§  Peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks deskripsi, narasi, puisi, eksplanasi dan eksposisi dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. Peserta didik menginterpretasika n informasi untuk mengungkapkan simpati, kepedulian, empati atau pendapat pro dan kontra dari teks visual dan audiovisual. Peserta didik menggunakan sumber informasi lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta

§  Peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri artikel ilmiah populer

§  Kata/frasa kunci: mengenal ciri-ciri artikel ilmiah populer

§  Topik/konten inti: mengidentifikasi ciri-ciri artikel ilmiah populer. Ciri-ciri artikel ilmiah populer a

§  Penjelasan singkat: fokus pembelajaran adalah menjelaskan ciri- ciri artikel ilmiah populer.

6 JP

 

yang sedang dideskripsikan

dedikasi : pengorbanan tenaga, pikiran, dan usaha demi keberhasilan suatu usaha

diafan : puisi yang kata dan maknanya mudah dipahami

E

editor : orang yang mengedit naskah

efektif : tepat guna atau tepat sasaran

eksis : ada dan berkembang

eksposisi : uraian informasi tentang sesuatu hal yang dapat menambah pengetahuan pembaca

era : masa atau kurun waktu

F

Fakta : hal (keadaan,

§  Peserta didik dapat mengidentifikasi dan memberi contoh fakta dan opini dalam artikel ilmiah populer.

§  Kata/frasa kunci: mengidentifikasi fakta dan opini dalam artikel ilmiah populer

§  Topik/konten inti: pengertian fakta dan opini serta mengidentifikasi fakta dan opini di dalam teks.

§  Penjelasan singkat: fokus

pembelajaran adalah

6 JP


 

 

membandingkan informasi pada teks. Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai topik aktual yang dibaca dan dipirsa.

Berbicara dan Mempresentasikan

§  Peserta didik mampu menyampaikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan pengajuan usul, pemecahan masalah, dan pemberian solusi secara lisan dalam bentuk monolog dan dialog logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu menggunakan dan memaknai kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan

 

mengidentifikasi dan memberi contoh fakta dan opini dalam artikel ilmiah populer.

 

 

peristiwa) yang merupakan kenyataan atau yang benar-benar terjadi

fiksi : cerita rekaan atau tidak berdasarkan kenyataan

I

Ideology : kumpulan gagasan, ide, atau cara pandang yang memberikan arahan dan tujuan untuk kehidupan

ilmiah : bersifat ilmu (mengandung ilmu pengetahuan)

ikon : simbol yang mewakili suatu keadaan

imperatif : larangan atau keharusan melaksanakan perbuatan

inklusi : kegiatan mengajar peserta didik berkebutuhan

§  Peserta didik dapat melakukan wawancara, menyebarkan kuesioner, dan studi pustaka, untuk mendapatkan informasi dalam menulis sebuah artikel ilmiah populer.

§  Kata/frasa kunci: cara mengumpulkan data dalam menulis artikel ilmiah populer

§  Topik/konten inti: teknik mendapatkan informasi dalam penulisan artikel ilmiah populer.

§  Penjelasan singkat: fokus pembelajaran adalah melakukan wawancara, menyebarkan kuesioner, dan studi pustaka, untuk mendapatkan informasi dalam menulis sebuah artikel ilmiah populer.

6 JP


 

 

kiasan untuk berbicara dan menyajikan gagasannya. Peserta didik mampu menggunakan ungkapan sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. Peserta didik mampu berdiskusi secara aktif, kontributif, efektif, dan santun. Peserta didik mampu menuturkan dan menyajikan ungkapan simpati, empati, peduli, perasaan, dan penghargaan dalam bentuk teks informatif dan fiksi melalui teks multimoda. Peserta didik mampu mengungkapkan dan mempresentasikan berbagai topik aktual secara kritis.

Menulis

§  Peserta didik dapat membuat sebuah artikel ilmiah populer.

§  Kata/frasa kunci: mengenal langkah penulisan artikel ilmiah populer

§  Topik/konten inti: langkah-langkah penulisan artikel ilmiah populer.

§  Penjelasan singkat: membuat sebuah artikel ilmiah populer.

6 JP

 

khusus di sekolah regular atau sekolah umum

intonasi : ketepatan pengucapan dan irama kalimat

K

khalayak : orang banyak atau masyarakat

konsumen : orang yang menggunakan produk

kruk : tongkat penyangga untuk membantu berjalan

kuesioner : daftar pertanyaan yang digunakan dalam sebuah survey

M

Majas : cara melukiskan sesuatu dengan menyamakannya dengan sesuatu yang lain

metafora : pemakaian kata atau kelompok kata

§  Peserta didik dapat menunjukkan contoh kalimat perbandingan dan analogi dalam teks serta dapat membuat kalimat perbandingan dan analogi sendiri.

§  Peserta didik dapat memberi contoh antonim dan sinonim.

§  Kata/frasa kunci: mengenal kalimat perbandingan, analogi, antonim, dan sinonim

§  Topik/konten inti: mengenal kalimat perbandingan dan kalimat analogi.

§  Penjelasan singkat: menunjukkan contoh kalimat perbandingan dan analogi dalam teks serta dapat membuat kalimat perbandingan dan analogi sendiri

serta dapat

6 JP


 

 

§  Peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik juga menuliskan hasil penelitian menggunakan metodologi sederhana dengan mengutip sumber rujukan secara etis. Menyampaikan ungkapan rasa simpati, empati, peduli, dan pendapat pro/kontra secara etis dalam memberikan penghargaan secara tertulis dalam teks multimodal. Peserta didik mampu menggunakan dan mengembangkan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan

 

memberi contoh antonim dan sinonim.

 

 

bukan dengan arti yang sebenarnya

O

objektif : penilaian yang berdasarkan logika dan tidak melibatkan perasaan.

observasi : pengamatan atau peninjauan secara cermat

opini : pendapat, pikiran, atau pendirian

P

persuasif : membujuk secara halus untuk meyakinkan

populer : dikenal dan disukai banyak orang dan mudah dipahami

primadona : yang utama, penting, dan sebagainya

prismatis : puisi yang kata-kata dan maknanya cukup


 

 

kiasan untuk menulis. Peserta didik menyampaikan tulisan berdasarkan fakta, pengalaman, dan imajinasi secara indah dan menarik dalam bentuk prosa dan puisi dengan penggunaan kosa kata secara kreatif.

 

 

 

 

sulit dipahami

produk : hasil produksi atau hasil sebuah pekerjaan yang berbentuk barang atau jasa

R

repetisi : gaya bahasa yang menggunakan pengulangan kata untuk mendapatkan makna tertentu

respek : memberikan rasa hormat atau menunjukkan rasa peduli

roman : karangan prosa yang melukiskan watak, hati, dan jiwa tokoh

S

simile : majas pertautan yang membandingkan dua hal yang secara hakiki berbeda, tetapi dianggap memiliki kesamaan dengan penanda

kata (seperti,


 

 

 

 

 

 

 

laksana, bagaikan, dan bak)

sinonim : kata-kata yang maknanya sama atau mirip

subjektif : penilaian berdasarkan perasaan suka dan tidak suka

survei : penyelidikan untuk penelitian

T

testimoni : pengakuan atau penilaian yang disampaikan oleh seseorang untuk sebuah produk

V

verifikasi : dicek kembali kebenarannya

W

Web : jaringan informasi yang bisa diakses melalui internet

Semester : II (Genap)


 

Bab IV : Mengulas Karya Fiksi

 

Capaian Pembelajaran (CP)

Capaian Pembelajaran Elemen

Alur Tujuan Pembelajaran dalam setiap fase

Kata/Frasa Kunci, Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat

 

Perkiraan Jumlah Jam

 

Profil Pelajar Pancasila

 

Glosarium

Pada akhir fase D, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks sosial, dan akademis. Peserta didik mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi paparan tentang topik yang beragam dan karya sastra. Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi, mempresentasikan, dan menanggapi informasi nonfiksi dan fiksi yang dipaparkan; Peserta didik menulis berbagai teks untuk

Menyimak

§  Peserta didik mampu menganalisis dan memaknai informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang tepat dari berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) audiovisual dan aural dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara. Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai informasi dari topik aktual yang didengar.

Membaca dan Memirsa

§  Peserta didik

§  Peserta didik memahami pengertian karya fiksi dan peserta didik berlatih mengidentifikasi informasi yang ada dalam sebuah karya fiksi.

§  Peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada dalam karya fiksi dan menyebutkan informasi yang ditemukan dalam sebuah karya fiksi.

§  Kata/frasa kunci: mengenal karya fiksi

§  Topik/konten inti: mengidentifikasi informansi pada karya fiksi.

§  Penjelasan singkat: memahami pengertian karya fiksi dan peserta didik berlatih mengidentifikasi informasi yang ada dalam sebuah karya fiksi serta dapat menjelaskan informasi yang ada dalam karya fiksi dan menyebutkan informasi yang ditemukan dalam sebuah karya fiksi.

6 JP

§  Mandiri

§  Bernalar kritis

§  Kreatif.

A

analogi : membandingkan dua hal yang mempunyai kesamaan bentuk dengan cara kiasan

antonim : kata- kata yang maknanya berlawanan

D

data : kumpulan informasi atau keterangan yang benar dan nyata

deskripsi : suatu keadaan secara detail sehingga pembaca dapat melihat, membayangkan, dan merasakan apa yang sedang dideskripsikan

dedikasi :

§  Peserta didik mampu mengidentifikasi

unsur-unsur yang

§  Kata/frasa kunci: menemukan unsur sebuah karya fiksi

6 JP


 

menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur, dan menuliskan tanggapannya terhadap paparan dan bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya. Peserta didik mengembangkan kompetensi diri melalui pajanan berbagai teks untuk penguatan karakter.

memahami informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks deskripsi, narasi, puisi, eksplanasi dan eksposisi dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. Peserta didik menginterpretasika n informasi untuk mengungkapkan simpati, kepedulian, empati atau pendapat pro dan kontra dari teks visual dan audiovisual.

Peserta didik menggunakan sumber informasi lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan informasi pada teks. Peserta didik mampu

ada dalam sebuah karya fiksi, dan menguraikannya dengan baik.

§  Topik/konten inti:mengindentifik asi unsur-unsur dalam karya fiksi.

§  Penjelasan singkat: mengidentifikasi unsur-unsur yang ada dalam sebuah karya fiksi, dan menguraikannya dengan baik.

 

 

pengorbanan tenaga, pikiran, dan usaha demi keberhasilan suatu usaha

diafan : puisi yang kata dan maknanya mudah dipahami

E

editor : orang yang mengedit naskah

efektif : tepat guna atau tepat sasaran

eksis : ada dan berkembang

eksposisi : uraian informasi tentang sesuatu hal yang dapat menambah pengetahuan pembaca

era : masa atau kurun waktu

F

Fakta : hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan atau

§  Peserta didik mampu melakukan penilaian terhadap unsur-unsur yang ada dalam sebuah karya fiksi.

§  Kata/frasa kunci: melakukan penilaian terhadap karya fiksi

§  Topik/konten inti: menandai unsur- unsur yang ada dalam karya fiksi dalam cerpen “Kota Sulap Paman Tom” serta “Parki dan Alergi Telur”.

§  Penjelasan singkat: memahami melakukan penilaian terhadap unsur-unsur yang ada dalam sebuah karya fiksi.

6 JP

§  Peserta didik dapat membandingkan

§  Kata/frasa kunci: membandingkan

6 JP


 

 

mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai topik aktual yang dibaca dan dipirsa.

Berbicara dan Mempresentasikan

§  Peserta didik mampu menyampaikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan pengajuan usul, pemecahan masalah, dan pemberian solusi secara lisan dalam bentuk monolog dan dialog logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu menggunakan dan memaknai kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk berbicara dan menyajikan gagasannya. Peserta didik

kata bermakna konotasi dan denotasi yang diteumkan dalam karya fiksi.

kata denotasi dan konotasi dalam karya fiksi

§  Topik/konten inti: membandingkan kosakata yang bermakna konotasi dan denotasi dalam karya fiksi.

§  Penjelasan singkat: membandingkan kata bermakna konotasi dan denotasi yang diteumkan dalam karya fiksi.

 

 

yang benar-benar terjadi

fiksi : cerita rekaan atau tidak berdasarkan kenyataan

I

Ideology : kumpulan gagasan, ide, atau cara pandang yang memberikan arahan dan tujuan untuk kehidupan

ilmiah : bersifat ilmu (mengandung ilmu pengetahuan)

ikon : simbol yang mewakili suatu keadaan

imperatif : larangan atau keharusan melaksanakan perbuatan

inklusi : kegiatan mengajar peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah regular atau sekolah umum

§  Peserta didik dapat menulis sebuah atau resensi karya fiksi dengan baik setelah mempelajari informasi yang ada pada karya fiksi, unsur-unsur karya fiksi dan melakukan penilaian terhadap karya fiksi serta menggunakan kata bermakna konotasi dan denotasi dalam ulasan karya fiksi.

§  Kata/frasa kunci: mengenali langkah- langkah penulisan resensi

§  Topik/konten inti: penilaian penulisan ulasan atau resensi karya fiksi Agar peserta didik lebih memahami cara menulis ulasan atau resensi karya fiksi, guru dapat mengajak peserta didik menandai

unsur-unsur paling menonjol dalam

6 JP


 

 

mampu menggunakan ungkapan sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. Peserta didik mampu berdiskusi secara aktif, kontributif, efektif, dan santun. Peserta didik mampu menuturkan dan menyajikan ungkapan simpati, empati, peduli, perasaan, dan penghargaan dalam bentuk teks informatif dan fiksi melalui teks multimoda. Peserta didik mampu mengungkapkan dan mempresentasikan berbagai topik aktual secara kritis.

Menulis

§  Peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis

 

dalam karya fiksi.

§  Penjelasan singkat: menulis sebuah atau resensi karya fiksi dengan baik setelah mempelajari informasi yang ada pada karya fiksi, unsur-unsur karya fiksi dan melakukan penilaian terhadap karya fiksi serta menggunakan kata bermakna konotasi dan denotasi dalam ulasan karya fiksi.

 

 

intonasi : ketepatan pengucapan dan irama kalimat

K

khalayak : orang banyak atau masyarakat

konsumen : orang yang menggunakan produk

kruk : tongkat penyangga untuk membantu berjalan

kuesioner : daftar pertanyaan yang digunakan dalam sebuah survey

M

Majas : cara melukiskan sesuatu dengan menyamakannya dengan sesuatu yang lain

metafora : pemakaian kata atau kelompok kata bukan dengan arti yang sebenarnya

O


 

 

untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik juga menuliskan hasil penelitian menggunakan metodologi sederhana dengan mengutip sumber rujukan secara etis. Menyampaikan ungkapan rasa simpati, empati, peduli, dan pendapat pro/kontra secara etis dalam memberikan penghargaan secara tertulis dalam teks multimodal.

Peserta didik mampu menggunakan dan mengembangkan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk menulis. Peserta didik

menyampaikan tulisan berdasarkan

 

 

 

 

objektif : penilaian yang berdasarkan logika dan tidak melibatkan perasaan.

observasi : pengamatan atau peninjauan secara cermat

opini : pendapat, pikiran, atau pendirian

P

persuasif : membujuk secara halus untuk meyakinkan

populer : dikenal dan disukai banyak orang dan mudah dipahami

primadona : yang utama, penting, dan sebagainya

prismatis : puisi yang kata-kata dan maknanya cukup sulit dipahami

produk : hasil produksi atau hasil


 

 

fakta, pengalaman, dan imajinasi secara indah dan menarik dalam bentuk prosa dan puisi dengan penggunaan kosa kata secara kreatif.

 

 

 

 

sebuah pekerjaan yang berbentuk barang atau jasa

R

repetisi : gaya bahasa yang menggunakan pengulangan kata untuk mendapatkan makna tertentu

respek : memberikan rasa hormat atau menunjukkan rasa peduli

roman : karangan prosa yang melukiskan watak, hati, dan jiwa tokoh

S

simile : majas pertautan yang membandingkan dua hal yang secara hakiki berbeda, tetapi dianggap memiliki kesamaan dengan penanda kata (seperti, laksana, bagaikan, dan bak)


 

 

 

 

 

 

 

sinonim : kata- kata yang maknanya sama atau mirip

subjektif : penilaian berdasarkan perasaan suka dan tidak suka

survei : penyelidikan untuk penelitian

T

testimoni : pengakuan atau penilaian yang disampaikan oleh seseorang untuk sebuah produk

V

verifikasi : dicek kembali kebenarannya

W

Web : jaringan informasi yang bisa diakses melalui internet

Bab V : Menciptakan Puisi


 

 

Capaian Pembelajaran (CP)

Capaian Pembelajaran Elemen

Alur Tujuan Pembelajaran dalam setiap fase

Kata/Frasa Kunci, Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat

 

Perkiraan Jumlah Jam

 

Profil Pelajar Pancasila

 

Glosarium

Pada akhir fase D, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks sosial, dan akademis. Peserta didik mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi paparan tentang topik yang beragam dan karya sastra. Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi, mempresentasikan, dan menanggapi informasi nonfiksi dan fiksi yang dipaparkan; Peserta didik menulis berbagai teks untuk menyampaikan pengamatan dan

Menyimak

§  Peserta didik mampu menganalisis dan memaknai informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang tepat dari berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) audiovisual dan aural dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara. Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai informasi dari topik aktual yang didengar.

Membaca dan Memirsa

§  Peserta didik memahami

§  Peserta didik dapat mengenali pengertian dan ciri- ciri sebuah puisi serta dapat mengidentifikasi unsur-unsur yang ada dalam sebuah puisi.

§  Kata/frasa kunci: mengenal puisi.

§  Topik/konten inti: Mengenal pengertian puisi serta mengenal unsur-unsur puisi.

§  Penjelasan singkat: mengenali pengertian dan ciri- ciri sebuah puisi serta dapat mengidentifikasi unsur-unsur yang ada dalam sebuah puisi.

6 JP

§  Mandiri

§  Bernalar kritis

§  Kreatif.

A

analogi : membandingkan dua hal yang mempunyai kesamaan bentuk dengan cara kiasan

antonim : kata- kata yang maknanya berlawanan

D

data : kumpulan informasi atau keterangan yang benar dan nyata

deskripsi : suatu keadaan secara detail sehingga pembaca dapat melihat, membayangkan, dan merasakan apa yang sedang dideskripsikan

dedikasi : pengorbanan

§  Peserta didik dapat menjelaskan ciri- ciri puisi, membandingkan puisi diafan dan puisi prismatis, serta mengenali unsur-unsur sebuah puisi.

§  Kata/frasa kunci: mengenali puisi diafan dan puisi prismatis.

§  Topik/konten inti: mengenal pengertian puisi, memahami perbedaan antara puisi diafan dengan prismatic serta

mengenal unsur-

6 JP


 

pengalamannya dengan lebih terstruktur, dan menuliskan tanggapannya terhadap paparan dan bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya. Peserta didik mengembangkan kompetensi diri melalui pajanan berbagai teks untuk penguatan karakter.

informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks deskripsi, narasi, puisi, eksplanasi dan eksposisi dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. Peserta didik menginterpretasika n informasi untuk mengungkapkan simpati, kepedulian, empati atau pendapat pro dan kontra dari teks visual dan audiovisual.

Peserta didik menggunakan sumber informasi lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan informasi pada teks. Peserta didik mampu mengeksplorasi

 

unsur puisi prismatis.

§  Penjelasan singkat: menjelaskan ciri- ciri puisi, membandingkan puisi diafan dan puisi prismatis, serta mengenali unsur-unsur sebuah puisi.

 

 

tenaga, pikiran, dan usaha demi keberhasilan suatu usaha

diafan : puisi yang kata dan maknanya mudah dipahami

E

editor : orang yang mengedit naskah

efektif : tepat guna atau tepat sasaran

eksis : ada dan berkembang

eksposisi : uraian informasi tentang sesuatu hal yang dapat menambah pengetahuan pembaca

era : masa atau kurun waktu

F

Fakta : hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan atau yang benar-benar

§  Peserta didik dapat menemukan pesan- pesan yang ada dalam sebuah puisi.

§  Kata/frasa kunci: menemukan pesan dalam puisi.

§  Topik/konten inti: Mengidentifikasi majas yang digunakan dalam puisi serta menemukan pesan- pesan yang ada dalam puisi.

§  Penjelasan singkat: menemukan pesan- pesan yang ada dalam sebuah puisi.

6 JP

§  Peserta didik mampu membandingkan majas yang ada dalam puisi. Majas

yang dikenalkan

§  Kata/frasa kunci: membandingkan majas metafora, simile, dan repetisi dalam puisi.

6 JP


 

 

dan mengevaluasi berbagai topik aktual yang dibaca dan dipirsa.

Berbicara dan Mempresentasikan

§  Peserta didik mampu menyampaikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan pengajuan usul, pemecahan masalah, dan pemberian solusi secara lisan dalam bentuk monolog dan dialog logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu menggunakan dan memaknai kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk berbicara dan menyajikan gagasannya. Peserta didik

adalah majas metafora dan simile. Peserta didik juga dikenalkan pada gaya repetisi dalam puisi.

§  Topik/konten inti: mengenal majas metafora dan simile dalam puisi serta mengenal gaya repetisi dalam puisi.

§  Penjelasan singkat: membandingkan majas yang ada dalam puisi. Majas yang dikenalkan adalah majas metafora dan simile. Peserta didik juga dikenalkan pada gaya repetisi dalam puisi.

 

 

terjadi

fiksi : cerita rekaan atau tidak berdasarkan kenyataan

I

Ideology : kumpulan gagasan, ide, atau cara pandang yang memberikan arahan dan tujuan untuk kehidupan

ilmiah : bersifat ilmu (mengandung ilmu pengetahuan)

ikon : simbol yang mewakili suatu keadaan

imperatif : larangan atau keharusan melaksanakan perbuatan

inklusi : kegiatan mengajar peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah regular atau sekolah umum

§  Peserta didik mampu menciptakan puisi sendiri dan memasukkan majas ke dalam puisinya.

§  Kata/frasa kunci: langkah-langkah menciptakan puisi.

§  Topik/konten inti: memahami langkah-langkah penulisan puisi serta menciptakan puisi.

§  Penjelasan singkat: menciptakan puisi

sendiri dan memasukkan majas

6 JP


 

 

mampu menggunakan ungkapan sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. Peserta didik mampu berdiskusi secara aktif, kontributif, efektif, dan santun. Peserta didik mampu menuturkan dan menyajikan ungkapan simpati, empati, peduli, perasaan, dan penghargaan dalam bentuk teks informatif dan fiksi melalui teks multimoda. Peserta didik mampu mengungkapkan dan mempresentasikan berbagai topik aktual secara kritis.

Menulis

§  Peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis

 

ke dalam puisinya.

 

 

intonasi : ketepatan pengucapan dan irama kalimat

K

khalayak : orang banyak atau masyarakat

konsumen : orang yang menggunakan produk

kruk : tongkat penyangga untuk membantu berjalan

kuesioner : daftar pertanyaan yang digunakan dalam sebuah survey

M

Majas : cara melukiskan sesuatu dengan menyamakannya dengan sesuatu yang lain

metafora : pemakaian kata atau kelompok kata bukan dengan arti yang sebenarnya

O

§  Peserta didik mampu mendeklamasikan sebuah puisi dengan baik.

§  Kata/frasa kunci: mengenal cara mendeklamasikan puisi.

§  Topik/konten inti: deklamasi puisi serta menyimak puisi yang dideklamasikan dan menemukan pesan puisi yang dideklamasikan.

§  Penjelasan singkat: mendeklamasikan sebuah puisi dengan baik.

6 JP


 

 

untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik juga menuliskan hasil penelitian menggunakan metodologi sederhana dengan mengutip sumber rujukan secara etis. Menyampaikan ungkapan rasa simpati, empati, peduli, dan pendapat pro/kontra secara etis dalam memberikan penghargaan secara tertulis dalam teks multimodal.

Peserta didik mampu menggunakan dan mengembangkan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk menulis. Peserta didik

menyampaikan tulisan berdasarkan

 

 

 

 

objektif : penilaian yang berdasarkan logika dan tidak melibatkan perasaan.

observasi : pengamatan atau peninjauan secara cermat

opini : pendapat, pikiran, atau pendirian

P

persuasif : membujuk secara halus untuk meyakinkan

populer : dikenal dan disukai banyak orang dan mudah dipahami

primadona : yang utama, penting, dan sebagainya

prismatis : puisi yang kata-kata dan maknanya cukup sulit dipahami

produk : hasil produksi atau hasil


 

 

fakta, pengalaman, dan imajinasi secara indah dan menarik dalam bentuk prosa dan puisi dengan penggunaan kosa kata secara kreatif.

 

 

 

 

sebuah pekerjaan yang berbentuk barang atau jasa

R

repetisi : gaya bahasa yang menggunakan pengulangan kata untuk mendapatkan makna tertentu

respek : memberikan rasa hormat atau menunjukkan rasa peduli

roman : karangan prosa yang melukiskan watak, hati, dan jiwa tokoh

S

simile : majas pertautan yang membandingkan dua hal yang secara hakiki berbeda, tetapi dianggap memiliki kesamaan dengan penanda kata (seperti, laksana, bagaikan, dan bak)


 

 

 

 

 

 

 

sinonim : kata- kata yang maknanya sama atau mirip

subjektif : penilaian berdasarkan perasaan suka dan tidak suka

survei : penyelidikan untuk penelitian

T

testimoni : pengakuan atau penilaian yang disampaikan oleh seseorang untuk sebuah produk

V

verifikasi : dicek kembali kebenarannya

W

Web : jaringan informasi yang bisa diakses melalui internet

Bab VI : Menulis Teks Pidato


 

 

Capaian Pembelajaran (CP)

Capaian Pembelajaran Elemen

Alur Tujuan Pembelajaran dalam setiap fase

Kata/Frasa Kunci, Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat

 

Perkiraan Jumlah Jam

 

Profil Pelajar Pancasila

 

Glosarium

Pada akhir fase D, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks sosial, dan akademis. Peserta didik mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi paparan tentang topik yang beragam dan karya sastra. Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi, mempresentasikan, dan menanggapi informasi nonfiksi dan fiksi yang dipaparkan; Peserta didik menulis berbagai teks untuk menyampaikan pengamatan dan

Menyimak

§  Peserta didik mampu menganalisis dan memaknai informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang tepat dari berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) audiovisual dan aural dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara. Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai informasi dari topik aktual yang didengar.

Membaca dan Memirsa

§  Peserta didik memahami informasi berupa

§  Peserta didik mampu menemukenali informasi yang ada dalam sebuah teks pidato.

§  Kata/frasa kunci: mengenal pidato.

§  Topik/konten inti: salam pembuka pidato serta mengenali pernyataan dalam sebuah teks pidato.

§  Penjelasan singkat: menemukenali informasi yang ada dalam sebuah teks pidato.

6 JP

§  Mandiri

§  Bernalar kritis

§  Kreatif.

A

analogi : membandingkan dua hal yang mempunyai kesamaan bentuk dengan cara kiasan

antonim : kata- kata yang maknanya berlawanan

D

data : kumpulan informasi atau keterangan yang benar dan nyata

deskripsi : suatu keadaan secara detail sehingga pembaca dapat melihat, membayangkan, dan merasakan apa yang sedang dideskripsikan

dedikasi :

pengorbanan tenaga, pikiran,

§  Peserta didik dapat menyimpulkan pengertian pidato dan mengidentifikasi struktur teks pidato.

§  Kata/frasa kunci: pengertian pidato dan struktur teks pidato.

§  Topik/konten inti: menyimpulkan pengertian pidato serta mengidentifikasi dan memahami struktur pidato .

§  Penjelasan singkat: menyimpulkan pengertian pidato

dan

6 JP


 

pengalamannya dengan lebih terstruktur, dan menuliskan tanggapannya terhadap paparan dan bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya. Peserta didik mengembangkan kompetensi diri melalui pajanan berbagai teks untuk penguatan karakter.

gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks deskripsi, narasi, puisi, eksplanasi dan eksposisi dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. Peserta didik menginterpretasika n informasi untuk mengungkapkan simpati, kepedulian, empati atau pendapat pro dan kontra dari teks visual dan audiovisual.

Peserta didik menggunakan sumber informasi lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan informasi pada teks. Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi

 

mengidentifikasi struktur teks pidato.

 

 

dan usaha demi keberhasilan suatu usaha

diafan : puisi yang kata dan maknanya mudah dipahami

E

editor : orang yang mengedit naskah

efektif : tepat guna atau tepat sasaran

eksis : ada dan berkembang

eksposisi : uraian informasi tentang sesuatu hal yang dapat menambah pengetahuan pembaca

era : masa atau kurun waktu

F

Fakta : hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan atau yang benar-benar

§  Peserta didik dapat menyimpulkan fakta, data, dan kata ilmiah dalam teks pidato.

§  Kata/frasa kunci: menyimpulkan fakta, data, dan kata-kata ilmiah dalam teks pidato.

§  Topik/konten inti: mengenal fakta dan data yang digunakan dalam teks pidato serta memahami kata- kata ilmiah yang digunakan dalam teks pidato.

§  Penjelasan singkat: menyimpulkan fakta, data, dan kata ilmiah dalam teks pidato.

6 JP

§  Peserta didik mampu mengidentifikasi pengertian kalimat persuasif dan ungkapan rasa peduli atau simpati yang digunakan dalam pidato.

§  Kata/frasa kunci: kalimat persuasif dan ungkapan rasa peduli atau simpati dalam pidato.

§  Topik/konten inti: memahami pengertian kalimat persuasif dan

ungkapan rasa

6 JP


 

 

berbagai topik aktual yang dibaca dan dipirsa.

Berbicara dan Mempresentasikan

§  Peserta didik mampu menyampaikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan pengajuan usul, pemecahan masalah, dan pemberian solusi secara lisan dalam bentuk monolog dan dialog logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu menggunakan dan memaknai kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk berbicara dan menyajikan gagasannya. Peserta didik mampu

 

simpati serta mengidentifikasi contoh-contoh kalimat persuasif dan ungkapan rasa simpati dalam pidato.

§  Penjelasan singkat: mengidentifikasi pengertian kalimat persuasif dan ungkapan rasa peduli atau simpati yang digunakan dalam pidato.

 

 

terjadi

fiksi : cerita rekaan atau tidak berdasarkan kenyataan

I

Ideology : kumpulan gagasan, ide, atau cara pandang yang memberikan arahan dan tujuan untuk kehidupan

ilmiah : bersifat ilmu (mengandung ilmu pengetahuan)

ikon : simbol yang mewakili suatu keadaan

imperatif : larangan atau keharusan melaksanakan perbuatan

inklusi : kegiatan mengajar peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah regular atau sekolah umum

intonasi :

§  Peserta didik mampu menulis teks pidato dengan langkah-langkah yang sudah diberikan dan memasukkan unsur- unsur kebahasaan kata-kata ilmiah serta kalimat persuasif di dalamnya.

§  Kata/frasa kunci: menulis teks pidato dengan unsur-unsur kebahasaan.

§  Topik/konten inti: menulis pidato.

§  Penjelasan singkat: menulis teks pidato dengan langkah- langkah yang sudah diberikan dan memasukkan

unsur-unsur kebahasaan kata- kata ilmiah serta kalimat persuasif di dalamnya..

6 JP


 

 

menggunakan ungkapan sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. Peserta didik mampu berdiskusi secara aktif, kontributif, efektif, dan santun. Peserta didik mampu menuturkan dan menyajikan ungkapan simpati, empati, peduli, perasaan, dan penghargaan dalam bentuk teks informatif dan fiksi melalui teks multimoda. Peserta didik mampu mengungkapkan dan mempresentasikan berbagai topik aktual secara kritis.

Menulis

§  Peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai

§  Peserta didik mampu menyimpulkan bermacam-macam metode dalam berpidato dan dapat berpidato dengan baik di depan kelas.

§  Kata/frasa kunci: metode-metode dalam berpidato.

§  Topik/konten inti: metode-metode dalam berpidato (metode impromptu, manuskrip, memoriter, dan ekstempore).

§  Penjelasan singkat: menyimpulkan bermacam-macam metode dalam berpidato dan dapat berpidato dengan baik di depan kelas.

6 JP

 

ketepatan pengucapan dan irama kalimat

K

khalayak : orang banyak atau masyarakat

konsumen : orang yang menggunakan produk

kruk : tongkat penyangga untuk membantu berjalan

kuesioner : daftar pertanyaan yang digunakan dalam sebuah survey

M

Majas : cara melukiskan sesuatu dengan menyamakannya dengan sesuatu yang lain

metafora : pemakaian kata atau kelompok kata bukan dengan arti yang sebenarnya

O

objektif :


 

 

tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik juga menuliskan hasil penelitian menggunakan metodologi sederhana dengan mengutip sumber rujukan secara etis. Menyampaikan ungkapan rasa simpati, empati, peduli, dan pendapat pro/kontra secara etis dalam memberikan penghargaan secara tertulis dalam teks multimodal.

Peserta didik mampu menggunakan dan mengembangkan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk menulis. Peserta didik menyampaikan

tulisan berdasarkan fakta, pengalaman,

 

 

 

 

penilaian yang berdasarkan logika dan tidak melibatkan perasaan.

observasi : pengamatan atau peninjauan secara cermat

opini : pendapat, pikiran, atau pendirian

P

persuasif : membujuk secara halus untuk meyakinkan

populer : dikenal dan disukai banyak orang dan mudah dipahami

primadona : yang utama, penting, dan sebagainya

prismatis : puisi yang kata-kata dan maknanya cukup sulit dipahami

produk : hasil produksi atau hasil sebuah pekerjaan


 

 

dan imajinasi secara indah dan menarik dalam bentuk prosa dan puisi dengan penggunaan kosa kata secara kreatif.

 

 

 

 

yang berbentuk barang atau jasa

R

repetisi : gaya bahasa yang menggunakan pengulangan kata untuk mendapatkan makna tertentu

respek : memberikan rasa hormat atau menunjukkan rasa peduli

roman : karangan prosa yang melukiskan watak, hati, dan jiwa tokoh

S

simile : majas pertautan yang membandingkan dua hal yang secara hakiki berbeda, tetapi dianggap memiliki kesamaan dengan penanda kata (seperti, laksana, bagaikan, dan bak)

sinonim : kata-


 

 

 

 

 

 

 

kata yang maknanya sama atau mirip

subjektif : penilaian berdasarkan perasaan suka dan tidak suka

survei : penyelidikan untuk penelitian

T

testimoni : pengakuan atau penilaian yang disampaikan oleh seseorang untuk sebuah produk

V

verifikasi : dicek kembali kebenarannya

W

Web : jaringan informasi yang bisa diakses melalui internet

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SAYEMBARA MENULIS TEATER PUTIH

  JANGAN LUPA BERKABAR, SAYANG   / Jangan lupa berkabar, sayang, perihal jambu air yang kita taman bulan Desember lalu. Sudah berapa kali berbuah? Manis, bukan? Aku masih ingat janji kita, makan rujak jambu bersama anak-anak kita kelak. Tapi kau sekarang sudah menikah. Jangan kau suruh suamimu tebang pohon jambu itu, biarkan ia tumbuh seperti kenangan di kepala kita masing-masing.   // Jangan panggil aku sayang lagi. Aku sudah bersuami. Ia akan marah jika membaca surat yang kaukirim. Pohon jambu itu sudah besar. Jika berbuah, akan kupetik dan kumakan sendiri. Suamiku tidak suka pedas katanya. Bagus bagiku jika ia tidak makan rujak. Tiap kali aku makan buah jambu itu, di saat yang sama aku kembali mengingatmu.   / Jangan lupa berkabar, sayang, perihal anakmu yang akan lahir bulan Agustus. Aku sudah menghitung hari pernikahanmu sampai tiba kelahiran anakmu, anak kau dan suamimu. Beritahu aku jika anakmu laki-laki. Sebab, aku suka bayi laki-laki. Aku s...
Assalamualaikum Wr. Wb Hadirin yang terhormat Alhamdulillahhirrobbialamin Washolatuwassalamualaasrifil anbiyaiwalmursalin waalaalihi wasohbii ajmain. Bapak Ibu hadirin tamu undangan yang berbahagia, pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita atas kehadirat Allah SWT. pemilik segala kesempurnaan, kemuliaan, dan kebahagiaan. Yang mana senantiasa memberikan kita nikmat sehat, kesempatan utk bisa hadir menyaksikan prosesi bersatunya dua insan dalam ikatan suci pernikahan bertempat di kediaman mempelai wanita di Jln. Bungkarno, Presak Timur, Pagutan, Mataram. Tak lupa shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW. Beserta keluarga dan para pengikutnya semoga kita semua yang hadir pada kesempatan kali ini senantiasa bisa mendapatkan syafaatnya. Amin. Bapak Ibu hadirin tamu undangan izinkan saya Nining dan Raden untuk membawakan rangkaian resepsi pernikahan dari ananda Iddaratun Dwi Zaruri Puteri dari Bapak Subulal Huda dan Ibu B...

Piagam Gumi Sasak Sebuah Sejarah Kebudayaan

                                               Piagam Gumi Sasak Sebuah Sejarah Kebudayaan Piagam Gumi Sasak adalah sebuah dokumen yang berisi kesepakatan bersama untuk membangun kembali,menyatukan kembali, dan menegakkan kembali kebudayaan sasak berdasarkan landasan yang sebenarnya. Piagam Gumi Sasak lahir dari sebuah diskusi panjang dari beberapa intelektual Sasak yang memiliki persfektif budaya ke depan. Dalam diskusi ini terjadi berbagai bentuk kajian yang cukup panjang. Pada tanggal 17 agustus 2015   ketika acara launcing buku yang berjudul Membaca Arsitektur Sasak karya Drs.H.L.Agus Fathurrahman yang kemudian menjadi awal kesadaran bahwa Sasak memiliki khazanah ilmu pengetahuan dan peradaban yang tinggi sejak masa lalu. Sebelumnya pada tahun 2014 sudah...