Langsung ke konten utama

 

 


 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 


 


IDENTITAS MODUL AJAR

 

Nama Guru             : Raden Dwi Rahayu Lestari

Sekolah                  : SMP Negeri 4 Mataram

 Jenjang Sekolah    : SMP (Fase D)

Kelas              : VIII (delapan) Tahun Penyusunan: 2024

Alokasi Waktu       : 1.080 Menit

Jumlah Pertemuan : 9 x Pertemuan (Per pertemuan 3 JP)

Kata Kunci              : Teks laporan hasil observasi, tabel informasi, topik, gagasan utama, data dan fakta, paragraf eksposisi, paragraf deskripsi, tanda baca, penulisan kata bahasa daerah dan bahasa asing


 

INFORMASI UMUM

 

Identitas Sekolah

SMP Negeri 4 Mataram

Kompetensi Awal

Kemampuan awal yang dimiliki peserta didik adalah kemampuan pengetahuan dalam memahami isi dan menentukan gagasan utama teks laporan hasil observasi (LHO).

Sedangkan karakteristik peserta didik regular/tipikal (tanpa ketunaan dan kesulitan belajar atau berpencapaian tinggi).

Profil Pelajar Pancasila

1.     Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esadan Berakhlak Mulia. Terciptanya peserta didik yang mempunyai akhlakmulia, baik dalam beragama, akhlak yang baik kepada diri sendiri, kepada sesama manusia kepada alam dan kepada negara Indonesia.

2.     Mandiri.

Terciptanya peserta didik yang mampu mengembangkan diri untuk melakukan tanggungjawab dalam menyelesaikan tugas.

3.     Bergotong royong.

Terciptanya peserta didik yang mampu bekerjasama dan berdiskusi dalam kelompok.

4.     Berpikir kritis.

Terciptanya peserta didik yang mampu menemukansolusi dari permasalahan yang dihadapi.

5.     Kreatif.

Terciptanya peserta didik yang mampu menghasilkan gagasan, inovasi dan tindakan nyata.

Sarana dan Prasarana

1.     Ruang kelas

2.     Akses internet

3.     Layar proyektor

4.     Laptop

5.     Buku paket

6.     Buku/teks referensi

7.     Materi salindia


 

8. Kertas kaver/karton

Jumlah Peserta Didik

32 orang

Target Peserta Didik

Peserta didik regular (Kelas VIII)

Model Pembelajaran

Blended learning tatap muka/luring dipadukan dengan moda daring

Metode Pembelajaran

Discovery learning, diskusi, proyek

Deskripsi Umum

Peserta didik akan melakukan proses memahami dan menemukan topik dan gagasan pokok dalam teks laporan hasil observasi (LHO) serta melakukan pengamatan (observasi) untuk menyusun teks LHO berdasarkan struktur dan kaidah kebahasaan yang tepat. Kegiatan pembelajaran akan berlangsung selama lima kali pertemuan. Dalam proses akhirnya, peserta didik berlatih menyajikan teks LHO yang menarik.

Catatan untuk Guru

1.     Bahan ajar ini bersifat berkesinambungan dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek.

2.     Hasil yang diharapkan dari peserta didik adalah sesuai dengan tujuan pembelajaran yakni melihat peserta didik berproses mengenal gagasan utama teks LHO, mengenal struktur teks LHO, menyunting teks LHO, dan menyajikan teks LHO sesuai struktur dan kaidah kebahasaan yang tepat.

Materi Pembelajaran

1.     Memahami isi teks LHO

2.     Mengenal topik dan gagasan utama dalam teks LHO

3.     Menyunting teks LHO

4.     Menyajikan teks LHO


KOMPONEN INTI

 

Tujuan Pembelajaran Fase D Kelas VIII

Menyimak:

1. Peserta didik memahami paparan teman sejawat dan menghargai dengan berlatih menilai pemaparan teman.

 

Membaca dan Memirsa:

1.      Peserta didik dapat memahami isi informasi teks laporan hasil observasi dan menyimpulkan melalui kegiatan tanya jawab dengan tepat.

2.      Peserta didik mengidentifikasi gagasan-gagasan utama dalam teks LHO dengan tepat.

3.      Peserta didik mengembangkan pemahamannya terhadap kata-kata yang baru atau jarang ditemui melalui Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Edisi V luring maupun daring secara mandiri dan tepat.

4.      Peserta didik menelaah struktur teks LHO dengan tepat.

 

Berbicara dan Mempresentasikan:

1.      Peserta didik memaparkan teks LHO yang ditulis dengan baik dan menarik sesuai struktur dan kaidah kebahasaan,

 

Menulis:

1.      Peserta didik menyajikan teks LHO dengan baik melalui proses penyuntingan tanda baca dan penulisan kata bahasa daerah dan bahasa asing dengan tepat.

2.      Peserta didik menulis teks LHO berdasarkan pengamatan baik secara mandiri atau berkelompok sesuai kejadian yang terjadi.

Pemahaman Bermakna:

 

1.      Memahami isi informasi teks LHO, mengidentifikasi topik dan gagasan utama dalam teks LHO akan melatih peserta didik menjadi pembaca yang peduli dengan lingkungan sekitar.

2.      Peserta didik tidak hanya menjadi pembaca karya orang lain, tetapi juga menciptakan karya berupa teks LHO yang ditulis berdasarkan pengamatannya secara nyata sekaligus jeli. Hal ini menjadi latihan bagi mereka untuk peka terhadap hal-hal yang terjadi sehingga teks LHO yang dihasilkan juga akan bisa dipertanggungjawabkan sekaligus membentuk rasa tanggung jawab peserta didik.

3.      Kemampuan menulis atau menyajikan secara lisan teks LHO yang baik menjadi modal peserta didik untuk bisa mendeskripsikan sekaligus menjelaskan hal-hal sesuai pengamatannya untuk berkarya, baik di bidang tulis menulis, maupun di bidang wicara publik.

4.      Segala proses pembelajaran diharapkan dapat membentuk sikap hormat dan menghargai para penulis yang menyuguhkan tulisan-tulisan informatif sekaligus menambah wawasan.

Pertanyaan Pemantik:

 

1.      Mengapa teks laporan hasil observasi penting dalam kehidupan manusia?

2.      Seperti apakah teks laporan hasil observasi yang baik itu?

3.      Bagaimana cara menyajikan teks laporan hasil observasi yang baik?


KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

Pertemuan Pertama

 

Pendahuluan (15 menit)

1.      Guru menyapa, mengucap salam, meminta peserta didik berdoa sebelum belajar.

2.      Guru memeriksa kehadiran peserta didik.

3.      Guru dan peserta didik melakukan tanya jawab sederhana tentang kegiatan-kegiatan harian yang sering diperhatikan atau diamati.

4.      Guru mengaitkan pengalaman peserta didik dengan kegiatan pembelajaran dan materi yang akan dipelajari yakni tentang teks laporan hasil observasi (LHO).

5.      Guru menyampaikan manfaat mempelajari materi teks LHO.

6.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.

Kegiatan Inti (90 menit)

a.      Mengamati LITERASI

1.      Peserta didik membaca teks berjudul Penumpang Bus Kota dalam buku peserta didik).

2.      Peserta didik memahami isi teks Penumpang Bus Kota dengan mencari tahu arti kata yang baru didengar dalam KBBI V dengan saksama.

 

b.      Menanya

BERPIKIR KRITIS

1.      Guru meminta peserta didik untuk menelisik situasi lebih lanjut hasil pengamatan yang bisa dijelaskan seolah-olah mereka ada di dalam kendaraan tersebut.

2.      Peserta didik lain menyimak pemaparan peserta didik yang menyampaikan pendapat.

 

c.      Mengumpulkan Informasi

1.      Guru bertanya kepada peserta didik apakah pernah mengalami pengalaman perjalanan menggunakan bus atau kendaraan umum lainnya dan bertanya apakah pernah mengamati peristiwa atau suasana yang terjadi dalam kendaraan tersebut.

 

d.      Mengomunikasikan (kolaboratif, komunikatif)

1.      Peserta didik secara aktif menyampaikan pengalaman-pengalaman pengamatan yang pernah mereka alami dan peserta didik lain menyimak serta menanggapi pernyataan pengalaman peserta didik yang berbicara.

 

e.      Mengasosiasikan

1.      Peserta didik memperoleh penguatan dari guru terkait hasil presentasi pengalaman pengamatan sederhana yang dilakukan peserta didik Ketika menjadi penumpang kendaraan umum.

Penutup (15 menit)

1.      Guru mengapresiasi proses belajar peserta didik.

2.      Guru mengajak peserta didik merefleksi kegiatan belajar hari ini dengan pertanyaan “Apa

yang sudah kita pelajari hari ini?”.

3.      Peserta didik diminta guru menyimpulkan materi dan kegiatan belajar hari ini.

4.      Guru menyampaikan rencana kegiatan belajar berikutnya.

5.      Guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa dan salam penutup.


Pertemuan Kedua

 

Pendahuluan (15 menit)

1.      Guru menyapa, mengucap salam, meminta peserta didik berdoa sebelum belajar.

2.      Guru memeriksa kehadiran peserta didik.

3.      Guru dan peserta didik melakukan tanya jawab sederhana tentang kegiatan-kegiatan harian yang sering diperhatikan atau diamati.

4.      Guru mengaitkan pengalaman peserta didik dengan kegiatan pembelajaran dan materi yang akan dipelajari yakni tentang teks laporan hasil observasi (LHO).

5.      Guru menyampaikan manfaat mempelajari materi teks LHO.

6.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.

7.      Guru menyampaikan penilaian atau asesmen yang akan dilakukan.

Kegiatan Inti (90 menit)

a.     Mengamati LITERASI

1.      Peserta didik membaca materi menemukan topik dan gagasan utama dalam laporan hasil observasi dalam buku peserta didik.

 

b.     Menanya BERPIKIR KRITIS

1.      Guru meminta peserta didik untuk menentukan topik dan menemukan gagasan utama dalam tiap paragraf teks Penumpang Bus Kota.

2.      Peserta didik lain menyimak dan menanggapi pemaparan peserta didik yang menyampaikan pendapat.

 

c.      Mengumpulkan Informasi

1.      Guru bertanya kepada peserta didik bagaimana cara menentukan topik dan menemukan gagasan utama dalam tiap paragraf teks laporan hasil observasi.

2.      Peserta didik mengerjakan lembar kerja peserta didik (LKPD) secara berkelompok.

 

d.      Mengomunikasikan (kolaboratif, komunikatif)

1.      Peserta didik secara aktif menyampaikan cara menentukan topik teks laporan hasil observasi dan cara menemukan gagasan utama dalam tiap paragraf teks LHO.

2.      Kelompok peserta didik menyampaikan hasil temuannya berupa topik dan gagasan utama dari tia paragraf teks LHO pada LKPD dan disimak serta ditanggapi peserta didik lain.

 

e.      Mengasosiasikan

1.      Peserta didik memperoleh penguatan dari guru terkait hasil pemaparan bagaimana cara menentukan topik dan menemukan gagasan utama paragraf teks LHO.

Penutup (15 menit)

1.      Guru mengapresiasi proses belajar peserta didik.

2.      Guru mengajak peserta didik merefleksi kegiatan belajar hari ini dengan pertanyaan “Apa yang sudah kita pelajari hari ini?” atau “Materi apa yang mudah dan yang sulit dipelajari?”.

3.      Peserta didik diminta guru menyimpulkan materi dan kegiatan belajar hari ini.

4.      Guru menyampaikan rencana kegiatan belajar berikutnya.

5.      Guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa dan salam penutup.


Pertemuan Ketiga

 

Pendahuluan (15 menit)

1.      Guru menyapa, mengucap salam, meminta peserta didik berdoa sebelum belajar.

2.      Guru memeriksa kehadiran peserta didik.

3.      Guru dan peserta didik melakukan tanya jawab sederhana tentang teks LHO yang pernah dibaca atau disimak.

4.      Guru mengaitkan pengalaman peserta didik dengan kegiatan pembelajaran dan materi yang akan dipelajari yakni tentang struktur teks laporan hasil observasi (LHO).

5.      Guru menyampaikan manfaat mempelajari struktur teks LHO.

6.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.

7.      Guru menyampaikan penilaian atau asesmen yang akan dilakukan.

Kegiatan Inti (90 menit)

a.      Mengamati LITERASI

1.      Peserta didik membaca materi struktur teks laporan hasil observasi dalam buku peserta didik.

 

b.      Menanya

BERPIKIR KRITIS

1.      Guru meminta peserta didik untuk memaknai analogi bagian tubuh bangunan atau tubuh manusia dengan struktur teks LHO.

2.      Peserta didik menyimak contoh analisis struktur teks LHO berjudul Penumpang Bus Kota dalam buku paket.

3.      Peserta didik secara berkelompok menganalisis struktur teks LHO Bendi di Kota Padang dalam lembar kerja peserta didik (LKPD).

 

c.      Mengumpulkan Informasi (kolaboratif)

1.      Peserta didik bekerja sama menganalisis dan memetakan bagian-bagian teks LHO seperti yang sudah dipelajari.

2.      Guru memfasilitasi kegiatan diskusi kelompok belajar peserta didik.

 

d.      Mengomunikasikan (kolaboratif, komunikatif)

1.      Peserta didik mempresentasikan hasil analisis struktur teks LHO Bendi di Kota Padang.

2.      Peserta didik lain sebagai audiens menyimak dan menanggapi presentasi kelompok peserta didik yang presentasi.

 

e.      Mengasosiasikan

1.      Peserta didik memperoleh penguatan dari guru terkait hasil analisis struktur teks LHO Bendi di Kota Padang.

Penutup (15 menit)

1.      Guru mengapresiasi proses belajar peserta didik.

2.      Guru mengajak peserta didik merefleksi kegiatan belajar hari ini dengan pertanyaan “Apa yang sudah kita pelajari hari ini?” atau “Proses belajar apa yang paling menarik dan menantang?”.

3.      Peserta didik diminta guru menyimpulkan materi dan kegiatan belajar hari ini.

4.      Guru menyampaikan rencana kegiatan belajar berikutnya.

5.      Guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa dan salam penutup.


Pertemuan Keempat

 

Pendahuluan (15 menit)

1.      Guru menyapa, mengucap salam, meminta peserta didik berdoa sebelum belajar.

2.      Guru memeriksa kehadiran peserta didik.

3.      Guru dan peserta didik melakukan tanya jawab sederhana tentang pemahaman awal tentang paragraf deksripsi dan paragraf eksposisi.

4.      Guru mengaitkan pengalaman peserta didik dengan kegiatan pembelajaran dan materi yang akan dipelajari yakni tentang deskripsi dan eksposisi dalam teks laporan hasil observasi (LHO).

5.      Guru menyampaikan manfaat mempelajari deskripsi dan eksposisi dalam teks LHO.

6.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.

Kegiatan Inti (90 menit)

a.     Mengamati LITERASI

1.      Peserta didik membaca materi identifikasi paragraf deskripsi dan paragraf eksposisi dalam laporan hasil observasi dalam buku paket.

 

b.     Menanya BERPIKIR KRITIS

1.      Guru meminta peserta didik membandingkan atau membedakan ciri paragraf deksripsi dan paragraf eksposisi.

2.      Peserta didik berlatih secara mandiri untuk menemukan paragraf deskripsi dan paragraf eksposisi dalam buku paket halaman 25-26.

 

c.      Mengumpulkan Informasi (kolaboratif)

1.      Antar peserta didik membandingkan atau mencocokkan jawaban tanda centang pada masing-masing kolom paragraf.

 

d.      Mengomunikasikan (kolaboratif, komunikatif)

1.      Peserta didik mempresentasikan hasil analisis paragraf deskripsi maupun eksposisi kepada guru.

2.      Peserta didik lain sebagai audiens menyimak dan menanggapi pemaparan peserta didik yang mempresentasikan.

 

e.      Mengasosiasikan

1.      Peserta didik memperoleh penguatan dari guru terkait hasil analisis paragraf deskripsi dan eksposisi dan peran pentingnya dalam penyusunan teks LHO.

Penutup (15 menit)

1.      Guru mengapresiasi proses belajar peserta didik.

2.      Guru mengajak peserta didik merefleksi kegiatan belajar hari ini dengan pertanyaan “Apa yang sudah kita pelajari hari ini?” atau “Proses belajar apa yang paling menarik dan menantang?”.

3.      Peserta didik diminta guru menyimpulkan materi dan kegiatan belajar hari ini.

4.      Guru menyampaikan rencana kegiatan belajar berikutnya.

5.      Guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa dan salam penutup.


Pertemuan Kelima

 

Pendahuluan (15 menit)

1.      Guru menyapa, mengucap salam, meminta peserta didik berdoa sebelum belajar.

2.      Guru memeriksa kehadiran peserta didik.

3.      Guru dan peserta didik melakukan tanya jawab sederhana tentang pemahaman awal tentang kaidah penulisan kata yang sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI).

4.      Guru mengaitkan pengalaman belajar peserta didik dengan kegiatan pembelajaran dan materi yang akan dipelajari yakni tentang identifikasi kata bahasa daerah dan bahasa asing dalam teks laporan hasil observasi (LHO).

5.      Guru menyampaikan manfaat mengidentifikasi kata-kata dari bahasa daerah dan bahasa asing dalam teks LHO.

6.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan asesmen yang akan dilakukan.

Kegiatan Inti (90 menit)

a.     Mengamati LITERASI

1.      Peserta didik membaca materi mengenal tanda baca dan penulisan kata berbahasa daerah dan asing dalam buku paket.

 

b.     Menanya BERPIKIR KRITIS

1.      Guru meminta peserta didik menjelaskan pentingnya tanda baca dalam sebuah kalimat.

2.      Guru dapat menganalogikan dengan lagu tanpa melodi.

 

c.      Mengumpulkan Informasi

1.      Para peserta didik mengumpulkan jawaban pentingnya tanda baca untuk sebuah kalimat.

2.      Peserta didik berlatih mandiri menempatkan tanda baca dalam kalimat-kalimat yang tersedia pada buku paket halaman 29-30.

3.      Peserta didik secara berkelompok mengerjakan lembar kerja peserta didik (LKPD) untuk mengidentifikasi kata-kata berbahasa daerah dan asing yang mereka temukan dalam teks laporan hasil observasi yang mereka cari sendiri dari berbagai sumber (kegiatan 8).

 

d.      Mengomunikasikan (kolaboratif, komunikatif)

1.      Kelompok peserta didik menyampaikan hasil temuan kata dan analisis penulisannya sudah sesuai EBI atau belum

2.      Peserta didik lain sebagai audiens menyimak dan menanggapi pemaparan peserta didik yang mempresentasikan.

 

e.      Mengasosiasikan

1.      Peserta didik memperoleh penguatan dari guru terkait hasil analisis kata berbahasa daerah dan asing yang ditemukan dalam artikel laporan hasil observasi.

Penutup (15 menit)

1. Guru mengapresiasi proses belajar peserta didik.


2.      Guru mengajak peserta didik merefleksi kegiatan belajar hari ini dengan pertanyaan “Apa yang sudah kita pelajari hari ini?” atau “Proses belajar apa yang paling menarik dan menantang?”.

3.      Peserta didik diminta guru menyimpulkan materi dan kegiatan belajar hari ini.

4.      Guru menyampaikan rencana kegiatan belajar berikutnya.

5.      Guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa dan salam penutup.

 

 

Pertemuan Keenam

 

Pendahuluan (15 menit)

1.      Guru menyapa, mengucap salam, meminta peserta didik berdoa sebelum belajar.

2.      Guru memeriksa kehadiran peserta didik.

3.      Guru dan peserta didik melakukan tanya jawab sederhana tentang tip menyajikan teks laporan hasil observasi yang baik dan menarik.

4.      Guru mengaitkan jawaban peserta didik dengan materi yang akan dipelajari yakni kegiatan proyek menyusun teks laporan hasil observasi.

5.      Guru menyampaikan manfaat menyusun laporan hasil observasi dalam keseharian.

7. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan asesmen yang akan dilakukan.

Kegiatan Inti (90 menit)

a.     Mengamati LITERASI

1.      Peserta didik menentukan topik yang akan diangkat dalam laporan hasil observasi berdasarkan hal atau kejadian yang dekat dengan lingkungan keseharian mereka (perencanaan proyek).

 

b.     Menanya BERPIKIR KRITIS

1.      Guru meminta peserta didik menjelaskan alasan mengapa mengambil topik tersebut.

2.      Peserta didik menyusun lini masa rencana penegrjaan proyek penulisan laporan hasil observasi.

 

c.      Mengumpulkan Informasi (proses pengamatan)

1.      Para peserta didik mendata informasi yang diperlukan dalam proses pengamatan.

2.      Peserta didik melakukan pengamatan dan menentukan gagasan pokok untuk pengembangan paragraf laporan hasil observasi.

Penutup (15 menit)

a.      Guru mengapresiasi proses belajar peserta didik.

b.     Guru mengajak peserta didik merefleksi kegiatan belajar hari ini dengan pertanyaan “Apa yang sudah kita pelajari hari ini?” atau “Proses belajar apa yang paling menarik dan menantang?”.

c.      Peserta didik diminta guru menyimpulkan materi dan kegiatan belajar hari ini.

d.      Guru menyampaikan rencana kegiatan belajar berikutnya.

e.      Guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa dan salam penutup.


Pertemuan Ketujuh

 

Pendahuluan (15 menit)

1.      Guru menyapa, mengucap salam, meminta peserta didik berdoa sebelum belajar.

2.      Guru memeriksa kehadiran peserta didik.

3.      Guru dan peserta didik melakukan tanya jawab sederhana tentang pengalaman pengamatan peserta didik sebagai proses pengumpulan data dan informasi teks LHO.

4.      Guru mengaitkan jawaban peserta didik dengan materi yang akan dipelajari yakni kegiatan proyek menyusun teks laporan hasil observasi.

5.      Guru menyampaikan manfaat menyusun laporan hasil observasi dalam keseharian.

6.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan asesmen yang akan dilakukan.

Kegiatan Inti (90 menit)

a.     Mengamati LITERASI

1.      Peserta didik mengulas kembali topik dan gagasan utama yang didata sebagai bahan pengamatan dalam proses penyusunan laporan hasil observasi.

 

b.     Menanya BERPIKIR KRITIS

1.      Guru meminta peserta didik melaporkan hasil pengamatan apakah datanya sudah cukup atau belum.

 

c.      Mengumpulkan Informasi (proses penulisan)

1.      Peserta didik menulis laporan hasil observasi sesuai struktur teks LHO berdasarkan data dan informasi yang diperoleh selama pengamatan.

Penutup (15 menit)

1.      Guru mengapresiasi proses belajar peserta didik.

2.      Guru mengajak peserta didik merefleksi kegiatan belajar hari ini dengan pertanyaan “Apa yang sudah kita pelajari hari ini?” atau “Proses belajar apa yang paling menarik dan menantang?”.

3.      Peserta didik diminta guru menyimpulkan materi dan kegiatan belajar hari ini.

4.      Guru menyampaikan rencana kegiatan belajar berikutnya.

5.      Guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa dan salam penutup.

 

Pertemuan Kedelapan

 

Pendahuluan (15 menit)

1.      Guru menyapa, mengucap salam, meminta peserta didik berdoa sebelum belajar.

2.      Guru memeriksa kehadiran peserta didik.

3.      Guru dan peserta didik melakukan tanya jawab sederhana tentang pengalaman pengamatan peserta didik sebagai proses pengumpulan data dan informasi teks LHO.

4.      Guru mengaitkan jawaban peserta didik dengan materi yang akan dipelajari yakni kegiatan proyek menyusun teks laporan hasil observasi.

5.      Guru menyampaikan manfaat menyusun laporan hasil observasi dalam keseharian.

6.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan asesmen yang akan dilakukan.


Kegiatan Inti (90 menit)

a.    Mengamati LITERASI

1. Peserta didik mengulas kembali topik dan gagasan utama yang didata sebagai bahan pengamatan dalam proses penyusunan laporan hasil observasi.

 

b. Menanya BERPIKIR KRITIS

1. Guru meminta peserta didik melaporkan hasil pengamatan apakah datanya sudah cukup atau belum.

 

c.      Mengumpulkan Informasi (proses penulisan)

1.      Peserta didik menyunting laporan hasil observasi sesuai struktur teks LHO berdasarkan data dan informasi yang diperoleh selama pengamatan.

Penutup (15 menit)

1.      Guru mengapresiasi proses belajar peserta didik.

2.      Guru mengajak peserta didik merefleksi kegiatan belajar hari ini dengan pertanyaan “Apa yang sudah kita pelajari hari ini?” atau “Proses belajar apa yang paling menarik dan menantang?”.

3.      Peserta didik diminta guru menyimpulkan materi dan kegiatan belajar hari ini.

4.      Guru menyampaikan rencana kegiatan belajar berikutnya.

5.      Guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa dan salam penutup.

 

 

Pertemuan Kesembilan

 

Pendahuluan (15 menit)

1.      Guru menyapa, mengucap salam, meminta peserta didik berdoa sebelum belajar.

2.      Guru memeriksa kehadiran peserta didik.

3.      Guru dan peserta didik melakukan tanya jawab sederhana tentang pengalaman pengamatan peserta didik sebagai proses pengumpulan data dan informasi teks LHO.

4.      Guru mengaitkan jawaban peserta didik dengan materi yang akan dipelajari yakni kegiatan proyek menyusun teks laporan hasil observasi.

5.      Guru menyampaikan manfaat menyusun laporan hasil observasi dalam keseharian.

6.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan asesmen yang akan dilakukan.

Kegiatan Inti (90 menit)

a.    Mengamati LITERASI

1.      Kelompok peserta didik memeriksa ulang laporan hasil observasi.

 

b.      Mengomunikasikan (kolaboratif, komunikatif)

1.      Peserta didik menyampaikan laporan hasil observasinya untuk mend guruanggapan dari kelompok peserta didik lain dan guru

Penutup (15 menit)

1. Guru mengapresiasi proses belajar peserta didik.


2.      Guru mengajak peserta didik merefleksi kegiatan belajar hari ini dengan pertanyaan “Apa yang sudah kita pelajari hari ini?” atau “Proses belajar apa yang paling menarik dan menantang?”.

3.      Peserta didik diminta guru menyimpulkan materi dan kegiatan belajar hari ini.

4.      Guru menyampaikan rencana kegiatan belajar berikutnya.

5.      Guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa dan salam penutup.


 

Nama             :

Tanggal         :

 

 

Petunjuk pengerjaan:

1)      Bacalah teks Sepeda Motor di Indonesia dengan saksama dalam buku paket kalian

2)      Isilah tabel gagasan utama dengan jawaban yang tepat.

 

 



 

Tabel Pengisian:



 

 

 

Nama             :

Tanggal         :

 

 

Petunjuk pengerjaan:

1) Bacalah teks Bendi di Kota Padang dengan saksama dalam buku paket kalian

3)      Isilah tabel analisis struktur teks LHO dengan jawaban yang tepat.



 

Tabel struktur teks Bendi di Kota Padang

 

 

No.

 

Struktur Teks

 

Kalimat dalam Teks

1

Pembuka (Definisi Umum)

 

2

Isi (Deskripsi Bagian)

 

3

Penutup (Simpulan)

 


 

 

 

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

Pertemuan Ke-5

 

 

 

 

Nama             :

Tanggal         :

 

 

Petunjuk pengerjaan:

 



ASESMEN FORMATIF

 

 

Satuan Pendidikan       : SMP Negeri 3 Penajam Paser Utara Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester      : VII / Ganjil Jumlah Soal      : 5 Soal

Bentuk Soal                 : Pilihan Ganda

 

 

Pilih satu jawaban benar!

1.     Bacalah kutipan teks berikut dengan cermat!

Bencana alam adalah suatu peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia. Bencana alam dapat terjadi di mana pun dan kapan pun, tak terkecuali di Indonesia. Indonesia merupakan negara kepulauan yang rawan bencana alam. Itulah sebabnya, Indoensia banyak mengalami bencana alam terutama gempa bumi, gunung Meletus, banjir, dan tanah longsor.

 

 

Dari teks tersebut yang termasuk dalam definisi umum laporan hasil observasi adalah ….

A.     Bencana alam adalah suatu persitiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia.

B.     Bencana alam dapat terjadi di mana pun dan kapan pun, tak terkecuali di Indonesia.

C.     Indonesia merupakan negara kepulauan yang rawan bencana alam.

D.     Itulah sebabnya Indonesia banyak mengalami bencana alam.

 

2.     Bacalah teks di bawah ini dengan saksama untuk menjawab soal nomor 2 dan 4!

 

Kerajinan tenun Buton merupakan salah satu kerajinan yang menjadi primadona masyarakat Provinsi Sulawesi Tenggara. Sejak dahulu, sebagian besar Wanita Buton dikenal pandai menenun. Kepandaian menenun inilah yang meyebabkan hasil karya tenunan Buton berkembang cukup besar.

 

Daya Tarik dari tenun Buton adalah motif-motifnya yang menggambarkan objek alam yang mereka temukan di sekitar. Selain itu, motif-motifnya sangat bervariasi. Selain kain, hasil kerajinan tenun Buton telah dibuat dalam bentuk lain seperti baju, jas, sarung, selendang, topi, dan tas. Para perajin juga sedang mengembangkan ide kreatifnya dengan membuat tenunan yang digunakan untuk gorden, taplak meja, alat dekorasi, dan peralatan rumah tangga lainnya.


Kain tenun Buton yang dikenakan seseorang menunjukkan status sosial orang tersebut. Kain tenun dengan motif sederhana (kasopa) biasanya digunakan untuk gadis dari kalangan umum. Gadis dari kalangan bangsawan biasanya memakai kain tenun dengan motif yang lebih rumit dan didominasi warna perak.

 

 

Informasi yang sesuai dengan teks laporan hasil observasi tersebut adalah

A.     Daya tarik dari Tenun Buton adalah motif-motifnya menggambarkan objek sosial.

B.     Kain Buton dikenakan oleh seseorang untuk menunjukkan status sosial dalam masyarakat.

C.     Gadis dari kalangan umum biasanya menggunakan kain tenun dengan motif lebih rumit.

D.     Tenun Buton merupakan salah satu kerajinan yang menjadi primadona masyarakat Sumata.

 

3.     Simpulan isi paragraf teks di atas adalah

 

A.     Daya tarik tenun Buton

B.     Perajin tenun Buton

C.     Perkembangan tenun Buton

D.     Dominasi warna tenun Buton

 

4.     Arti kata motif dalam teks laporan hasil observasi tersebut adalah ….

A.     Bentuk

B.     Warna

C.     Jenis

D.     Corak

 

5.     Cermati kalimat-kalimat acak berikut!

1)     Tingkatan derajat ini terbukti dalam aturan pemakaian batik pada masa Paku Buwono III.

2)     Motif ini menunjukkan sebuah tingkatan derajat sosial yang sangat tinggi dibanding motif-motif lainnya.

3)     Hal ini mengandung arti bahwa kain batik memiliki aturan dalam pemakaiannya.

4)     Batik mengandung sebuah tatanan bagi para pemakainya.

5)     Sebagai contoh penggunaan motif parang rusak barong.

 

Urutan kalimat-kalimat acak tersebut agar bisa menjadi teks laporan hasil observasi yang padu adalah

 

A. 4) – 1) – 5) 3) 2)

B.   4) – 2) 1) 5) 3)

C. 4) 3) 5) 2) - 1)

D. 4) 5) 1) 2) – 3)


 

Kunci Jawaban:

 

1.  A

2.  B

3.  C

4.  D

5.  D

 

Skor setiap butir soal = 20

Penghitungan skor akhir = Jumlah jawaban benar x skor Contoh:

Jumlah soal jawaban benar 4 4 x 20 = 80


RUBRIK PENILAIAN PROYEK

 

 

Lakukan sebuah pengamatan objek sosial dengan teman kelompokmu, lalu tulislan sebuah teks laporan haisl observasi sesuai struktur, kaidah kebahasaan, dan penulisan EYD.

 

 

 

No.

Aspek Penilaian

Skor

4

3

2

1

 

1

Perencanaan

 

 

 

 

a. Merumuskan tema pengamatan

Lengkap

Kurang

Lengkap

Sedikit

Tidak

terkonsep

b. Proses pengumpulan data

Lengkap

Banyak

Sedikit

Sedikit sekali

 

2

Pelaksanaan

 

 

 

 

a. Proses pengamatan

Lengkap

Sebagian

besar

Sebagian

kecil

Tidak

lengkap

 

3

Laporan

 

 

 

 

a. Teks LHO disusun sesuai struktur (definisi umum, deskripsi bagian, dan simpulan)

 

Lengkap

Hanya ada dua dari tiga

struktur

Hanya ada satu dari 3 struktur

 

Tidak sesuai

b. Teks LHO sesuai aspek kebahasaan (penggunaan verba, (kata kerja), adjektiva (kata sifat), sinonim, antonim,konjungsi)

 

 

Lengkap

Hanya ada 4 dari 5 kaidah kebahasaa

n

Hanya ada 3 dari 5 kaidah kebahasaa

n

 

Hanya ada 2

dari 5 kaidah kebahasaan

c.. Teks LHO ditulis dengan memerhatikan kaidah penulisan tata bahasa

Indonesia (EYD) yang tepat

 

Sesuai

Sebagian besar sesuai

 

Sebagian kecil sesuai

Sebagian besar tidak sesuai EYD

Skor maksimal

24

 

 

 

Pedoman penskoran = Total skor yang diperoleh x 100

Skor maksimal

Contoh:

22 x 100 = 91,6

24


MATERI BACAAN GURU DAN SISWA

 

 

Teks laporan hasil observasi sering disebut dengan teks LHO. Teks ini berfungsi memberikan informasi mengenai sutau objek atau situasi setelah melakukan observasi atau pengamatan.

Jenis teks ini juga sering disebut teks klasifikasi karena berisi klasifikasi tentang jenis objek atau situasi sesuai kriterianya sehingga informasinya bersifat lebih spesifik.

Struktur teks LHO ada tiga:

1.      Definisi Umum (Pembuka), memuat keterangan umum serta berbagai informasi tambahan dari yang diamati.

2.      Deskripsi Bagian (Isi), berisi pemaparan secara rinci mengenai beberapa bagian yang kemudian membentuk kesatuan hal yang dilaporkan.

3.      Penutup (Simpulan), yaitu berupa kesimpulan atau pemaparan penulis mengenai kegunaan, kelebihan, serta manfaat dari objek atau situasi yang diobservasi.

 

 

Ciri – Ciri Teks Laporan Hasil Observasi

1.  Ditulis secara lengkap dan sempurna.

2.  Bersifat objektif, global, dan universal.

3.  Objek yang akan dibicarakan atau dibahas adalah objek tunggal.

4.  Ditulis berdasarkan fakta sesuai pengamatan yang telah dilakukan.

5.  Informasi teks merupakan hasil penelitian terkini yang sudah terbukti kebenarannya.

6.  Tidak mengandung prasangka/dugaan yang menyimpang atau tidak tepat.

7.  Saling berkaitan dengan hubungan berjenjang antara kelas dan subkelas yang terdapat di dalamnya.

8.  Tidak adanya bagian penutup dari penulis. Penulis hanya melaporkan apa yang dilihat dan diketahuinya berdasarkan hasil analisis serta observasinya.

9.  Menitikberatkan pada pengelompokkan segala sesuatu ke dalam jenis-jenis dengan ciri atau keadaannya secara umum.

10.  Disajikan secara menarik, baik kata, bahasa, isinya berbobot maupun susunannya logis.

11.  Teks laporan hasil observasi menggambarkan sesuatu secara umum dan sesuai fakta, tanpa adanya opini penulis.

 

 

Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi sangat berkaitan dengan penelitian dan pengetahuan, maka hal ini termasuk ke dalam jenis teks formal yang mengharuskan bahasa yang baku atau sesuai


kaidah bahasa indonesia yang baik dan benar, serta mudah dipahami. Kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi di antaranya:

1.  Menggunakan verba (kata kerja)

2.  Menggunakan adjektiva (kata sifat)

3.  Menggunakan sinonim

4.  Menggunakan antonim

5.  Menggunakan kata penghubung (konjungsi)

 

 

Sumber referensi tambahan selain dari buku paket:

https://www.kompas.com/skola/read/2022/05/31/100000969/struktur-teks-laporan-hasil- observasi-berserta-tujuannya?page=all

https://kumparan.com/berita-hari-ini/penegrtian-struktur-dan-kaidah-kebahasaan-teks- laporan-hasil-observasi-1wFi1VEpdhz


KEGIATAN REMIDIAL DAN PENGAYAAN

 

 

Remidial Teks LHO

 

Analisislah penulisan bahasa asing maupun bahasa daerah yang kamu temukan dalam sebuah teks LHO. Teks LHO dapat kamu cari di buku maupun internet.

 

Pengayaan Teks LHO

 

Buatlah daftar objek atau situasi yang dapat diamati baik di lingkungan sekitar rumah maupun di lingkungan sekolah


GLOSARIUM

 

Definisi                                       : Kata, frasa, atau kalimat yang mengunkapkan makna, keterangan , atau ciri utama dari orang, benda, proses, atau aktivitas.

 

Deskripsi                                    : Pemaparan atau penggambaran dengan kata- kata secara jelas dan terperinci

 

Eksposisi                                     : Teks yang berisi uraian atau informasi, bertujuan menyampaikan pendpaat atau gagasan, disajikan dengan fakta untuk memperkuat informasi.

 

Fakta                                           : Hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan atau benar-benar terjadi

 

Observasi                                   : Peninjauan secara cermat

 

Objek                                          : Benda, hal, dan sebagainya yang dijadikan sasaran untuk diteliti, diamati, diperhatikan, dan sebagainya


DAFTAR PUSTAKA

 

Gusfitri, Maya Lestari, Elly Delfia. 2021. Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

 

Gusfitri, Maya Lestari, Elly Delfia. 2021. Buku Panduan Guru Bahasa Indonesia Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

 

Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima (Luring)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SAYEMBARA MENULIS TEATER PUTIH

  JANGAN LUPA BERKABAR, SAYANG   / Jangan lupa berkabar, sayang, perihal jambu air yang kita taman bulan Desember lalu. Sudah berapa kali berbuah? Manis, bukan? Aku masih ingat janji kita, makan rujak jambu bersama anak-anak kita kelak. Tapi kau sekarang sudah menikah. Jangan kau suruh suamimu tebang pohon jambu itu, biarkan ia tumbuh seperti kenangan di kepala kita masing-masing.   // Jangan panggil aku sayang lagi. Aku sudah bersuami. Ia akan marah jika membaca surat yang kaukirim. Pohon jambu itu sudah besar. Jika berbuah, akan kupetik dan kumakan sendiri. Suamiku tidak suka pedas katanya. Bagus bagiku jika ia tidak makan rujak. Tiap kali aku makan buah jambu itu, di saat yang sama aku kembali mengingatmu.   / Jangan lupa berkabar, sayang, perihal anakmu yang akan lahir bulan Agustus. Aku sudah menghitung hari pernikahanmu sampai tiba kelahiran anakmu, anak kau dan suamimu. Beritahu aku jika anakmu laki-laki. Sebab, aku suka bayi laki-laki. Aku s...
Assalamualaikum Wr. Wb Hadirin yang terhormat Alhamdulillahhirrobbialamin Washolatuwassalamualaasrifil anbiyaiwalmursalin waalaalihi wasohbii ajmain. Bapak Ibu hadirin tamu undangan yang berbahagia, pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita atas kehadirat Allah SWT. pemilik segala kesempurnaan, kemuliaan, dan kebahagiaan. Yang mana senantiasa memberikan kita nikmat sehat, kesempatan utk bisa hadir menyaksikan prosesi bersatunya dua insan dalam ikatan suci pernikahan bertempat di kediaman mempelai wanita di Jln. Bungkarno, Presak Timur, Pagutan, Mataram. Tak lupa shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW. Beserta keluarga dan para pengikutnya semoga kita semua yang hadir pada kesempatan kali ini senantiasa bisa mendapatkan syafaatnya. Amin. Bapak Ibu hadirin tamu undangan izinkan saya Nining dan Raden untuk membawakan rangkaian resepsi pernikahan dari ananda Iddaratun Dwi Zaruri Puteri dari Bapak Subulal Huda dan Ibu B...

Piagam Gumi Sasak Sebuah Sejarah Kebudayaan

                                               Piagam Gumi Sasak Sebuah Sejarah Kebudayaan Piagam Gumi Sasak adalah sebuah dokumen yang berisi kesepakatan bersama untuk membangun kembali,menyatukan kembali, dan menegakkan kembali kebudayaan sasak berdasarkan landasan yang sebenarnya. Piagam Gumi Sasak lahir dari sebuah diskusi panjang dari beberapa intelektual Sasak yang memiliki persfektif budaya ke depan. Dalam diskusi ini terjadi berbagai bentuk kajian yang cukup panjang. Pada tanggal 17 agustus 2015   ketika acara launcing buku yang berjudul Membaca Arsitektur Sasak karya Drs.H.L.Agus Fathurrahman yang kemudian menjadi awal kesadaran bahwa Sasak memiliki khazanah ilmu pengetahuan dan peradaban yang tinggi sejak masa lalu. Sebelumnya pada tahun 2014 sudah...