IDENTITAS MODUL AJAR
Nama Guru : Raden
Dwi Rahayu Lestari
Sekolah : SMP Negeri 4 Mataram
Jenjang Sekolah :
SMP (Fase D)
Kelas : VIII (delapan) Tahun
Penyusunan: 2024
Alokasi Waktu : 1.080 Menit
Jumlah Pertemuan : 9 x Pertemuan (Per pertemuan 3 JP)
Kata Kunci : Teks laporan hasil observasi, tabel informasi, topik,
gagasan utama, data dan fakta, paragraf eksposisi, paragraf deskripsi, tanda baca, penulisan kata bahasa daerah dan bahasa
asing
INFORMASI UMUM
Identitas Sekolah |
SMP Negeri 4 Mataram |
Kompetensi Awal |
Kemampuan awal
yang dimiliki peserta didik adalah
kemampuan pengetahuan dalam memahami
isi dan menentukan gagasan utama teks laporan hasil
observasi (LHO). Sedangkan
karakteristik peserta didik regular/tipikal
(tanpa ketunaan dan kesulitan belajar atau berpencapaian tinggi). |
Profil Pelajar Pancasila |
1. Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esadan
Berakhlak Mulia. Terciptanya peserta didik yang mempunyai akhlakmulia, baik dalam
beragama, akhlak yang baik kepada
diri sendiri, kepada sesama manusia
kepada alam dan kepada negara
Indonesia. 2. Mandiri. Terciptanya peserta didik yang mampu mengembangkan diri untuk melakukan tanggungjawab dalam menyelesaikan tugas. 3. Bergotong royong. Terciptanya peserta
didik yang mampu bekerjasama dan berdiskusi dalam
kelompok. 4. Berpikir kritis. Terciptanya peserta didik yang mampu menemukansolusi dari permasalahan yang dihadapi. 5. Kreatif. Terciptanya peserta
didik yang mampu
menghasilkan gagasan, inovasi
dan tindakan nyata. |
Sarana dan Prasarana |
1.
Ruang kelas 2.
Akses internet 3.
Layar proyektor 4.
Laptop 5.
Buku paket 6.
Buku/teks referensi 7.
Materi salindia |
|
8. Kertas
kaver/karton |
Jumlah Peserta
Didik |
32 orang |
Target Peserta Didik |
Peserta didik
regular (Kelas VIII) |
Model Pembelajaran |
Blended learning tatap muka/luring dipadukan dengan moda daring
|
Metode Pembelajaran |
Discovery learning, diskusi, proyek |
Deskripsi Umum |
Peserta didik
akan melakukan proses memahami dan
menemukan topik dan gagasan pokok
dalam teks laporan hasil observasi (LHO)
serta melakukan pengamatan
(observasi) untuk menyusun teks LHO
berdasarkan struktur dan kaidah kebahasaan yang tepat. Kegiatan pembelajaran
akan berlangsung selama lima kali
pertemuan. Dalam proses akhirnya, peserta
didik berlatih menyajikan teks LHO yang
menarik. |
Catatan untuk
Guru |
1. Bahan ajar ini bersifat berkesinambungan dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek. 2. Hasil yang
diharapkan dari peserta didik
adalah sesuai dengan tujuan pembelajaran
yakni melihat peserta didik
berproses mengenal gagasan utama
teks LHO, mengenal struktur teks
LHO, menyunting teks LHO, dan menyajikan
teks LHO sesuai struktur dan kaidah
kebahasaan yang tepat. |
Materi Pembelajaran |
1.
Memahami isi teks LHO 2.
Mengenal topik
dan gagasan utama
dalam teks LHO 3.
Menyunting teks LHO 4.
Menyajikan teks
LHO |
KOMPONEN INTI
Tujuan Pembelajaran Fase D Kelas
VIII Menyimak: 1. Peserta didik memahami paparan teman
sejawat dan menghargai dengan berlatih menilai pemaparan teman. Membaca dan Memirsa: 1.
Peserta didik dapat memahami isi
informasi teks laporan hasil observasi dan menyimpulkan melalui kegiatan tanya jawab dengan
tepat. 2.
Peserta didik mengidentifikasi gagasan-gagasan utama dalam teks
LHO dengan tepat. 3.
Peserta didik mengembangkan
pemahamannya terhadap kata-kata yang baru atau jarang ditemui melalui Kamus
Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Edisi V luring maupun
daring secara mandiri dan tepat. 4.
Peserta didik menelaah struktur teks LHO dengan
tepat. Berbicara dan Mempresentasikan: 1.
Peserta didik memaparkan teks LHO yang ditulis dengan baik dan menarik sesuai
struktur dan kaidah
kebahasaan, Menulis: 1.
Peserta didik menyajikan teks LHO dengan
baik melalui proses
penyuntingan tanda baca dan penulisan kata bahasa daerah
dan bahasa asing dengan
tepat. 2.
Peserta didik menulis teks LHO berdasarkan pengamatan baik secara mandiri atau
berkelompok sesuai kejadian yang terjadi. |
Pemahaman Bermakna: 1.
Memahami isi informasi teks LHO,
mengidentifikasi topik dan gagasan utama dalam teks LHO akan melatih
peserta didik menjadi pembaca yang peduli dengan
lingkungan sekitar. 2.
Peserta didik tidak hanya menjadi pembaca karya
orang lain, tetapi
juga menciptakan karya
berupa teks LHO yang ditulis berdasarkan pengamatannya secara nyata
sekaligus jeli. Hal ini menjadi
latihan bagi mereka untuk peka terhadap hal-hal
yang terjadi sehingga teks LHO yang
dihasilkan juga akan bisa dipertanggungjawabkan sekaligus membentuk rasa tanggung jawab peserta
didik. 3.
Kemampuan menulis atau
menyajikan secara lisan teks LHO yang baik menjadi modal peserta
didik untuk bisa mendeskripsikan sekaligus menjelaskan hal-hal sesuai
pengamatannya untuk berkarya, baik di bidang tulis menulis, maupun di
bidang wicara publik. 4.
Segala proses pembelajaran
diharapkan dapat membentuk sikap hormat dan menghargai para penulis yang menyuguhkan tulisan-tulisan informatif sekaligus menambah wawasan. |
Pertanyaan Pemantik: 1.
Mengapa teks laporan hasil
observasi penting dalam
kehidupan manusia? 2.
Seperti apakah teks laporan hasil observasi yang
baik itu? 3.
Bagaimana cara menyajikan
teks laporan hasil
observasi yang baik? |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
Pendahuluan (15 menit) |
1.
Guru menyapa, mengucap salam,
meminta peserta didik
berdoa sebelum belajar. 2.
Guru memeriksa kehadiran peserta didik. 3.
Guru dan peserta didik
melakukan tanya jawab
sederhana tentang kegiatan-kegiatan harian
yang sering diperhatikan atau diamati. 4.
Guru mengaitkan pengalaman peserta
didik dengan kegiatan pembelajaran dan materi
yang akan dipelajari yakni tentang teks
laporan hasil observasi (LHO). 5.
Guru menyampaikan manfaat mempelajari materi teks LHO. 6.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. |
Kegiatan Inti
(90 menit) |
a. Mengamati LITERASI 1.
Peserta didik membaca teks berjudul
Penumpang Bus Kota
dalam buku peserta
didik). 2.
Peserta didik memahami isi teks
Penumpang Bus Kota dengan mencari tahu arti kata
yang baru didengar dalam KBBI V dengan saksama. b.
Menanya BERPIKIR KRITIS 1.
Guru meminta peserta didik
untuk menelisik situasi lebih lanjut hasil
pengamatan yang bisa
dijelaskan seolah-olah mereka
ada di dalam
kendaraan tersebut. 2.
Peserta didik lain menyimak pemaparan peserta didik
yang menyampaikan pendapat. c. Mengumpulkan Informasi 1.
Guru bertanya kepada peserta
didik apakah pernah mengalami pengalaman perjalanan
menggunakan bus atau kendaraan umum lainnya dan bertanya apakah pernah mengamati peristiwa atau
suasana yang terjadi
dalam kendaraan tersebut. d.
Mengomunikasikan (kolaboratif, komunikatif) 1.
Peserta didik secara aktif
menyampaikan pengalaman-pengalaman pengamatan yang pernah mereka alami dan peserta didik lain menyimak serta
menanggapi pernyataan pengalaman peserta didik yang berbicara. e. Mengasosiasikan 1.
Peserta didik memperoleh penguatan dari guru terkait hasil presentasi pengalaman pengamatan sederhana yang dilakukan peserta didik Ketika
menjadi penumpang kendaraan umum. |
Penutup (15 menit) |
1.
Guru mengapresiasi proses belajar peserta didik. 2.
Guru mengajak peserta didik
merefleksi kegiatan belajar hari ini dengan
pertanyaan “Apa yang sudah kita
pelajari hari ini?”. 3.
Peserta didik diminta guru menyimpulkan materi
dan kegiatan belajar hari
ini. 4.
Guru menyampaikan rencana kegiatan belajar berikutnya. 5.
Guru mengakhiri pembelajaran dengan
berdoa dan salam
penutup. |
Pertemuan Kedua
Pendahuluan (15 menit) |
1.
Guru menyapa, mengucap salam,
meminta peserta didik
berdoa sebelum belajar. 2.
Guru memeriksa kehadiran peserta didik. 3.
Guru dan peserta didik
melakukan tanya jawab
sederhana tentang kegiatan-kegiatan harian yang sering diperhatikan atau diamati. 4.
Guru mengaitkan pengalaman peserta didik dengan kegiatan pembelajaran dan materi
yang akan dipelajari yakni tentang teks
laporan hasil observasi (LHO). 5.
Guru menyampaikan manfaat mempelajari materi teks LHO. 6.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. 7.
Guru menyampaikan penilaian atau asesmen yang
akan dilakukan. |
Kegiatan Inti (90
menit) |
a. Mengamati LITERASI 1.
Peserta didik membaca materi
menemukan topik dan gagasan utama dalam laporan hasil observasi dalam
buku peserta didik. b. Menanya BERPIKIR KRITIS 1.
Guru meminta peserta didik
untuk menentukan topik
dan menemukan gagasan utama dalam tiap
paragraf teks Penumpang Bus Kota. 2.
Peserta didik lain menyimak dan
menanggapi pemaparan peserta didik yang menyampaikan pendapat. c. Mengumpulkan Informasi 1.
Guru bertanya kepada peserta
didik bagaimana cara menentukan topik dan menemukan gagasan utama dalam tiap paragraf teks laporan hasil
observasi. 2.
Peserta didik mengerjakan lembar
kerja peserta didik
(LKPD) secara berkelompok. d.
Mengomunikasikan (kolaboratif, komunikatif) 1.
Peserta didik secara aktif
menyampaikan cara menentukan topik teks laporan hasil observasi dan cara menemukan gagasan utama dalam tiap paragraf
teks LHO. 2.
Kelompok peserta didik
menyampaikan hasil temuannya berupa topik dan gagasan utama dari tia
paragraf teks LHO pada LKPD
dan disimak serta
ditanggapi peserta didik
lain. e. Mengasosiasikan 1.
Peserta didik memperoleh penguatan dari guru terkait hasil pemaparan bagaimana cara menentukan topik
dan menemukan gagasan utama paragraf teks
LHO. |
Penutup (15 menit) |
1.
Guru mengapresiasi proses belajar peserta didik. 2.
Guru mengajak peserta didik
merefleksi kegiatan belajar
hari ini dengan
pertanyaan “Apa yang sudah kita pelajari hari ini?”
atau “Materi apa yang mudah dan yang sulit
dipelajari?”. 3.
Peserta didik diminta guru menyimpulkan materi
dan kegiatan belajar hari
ini. 4.
Guru menyampaikan rencana kegiatan belajar berikutnya. 5.
Guru mengakhiri pembelajaran dengan
berdoa dan salam
penutup. |
Pertemuan Ketiga
Pendahuluan (15 menit) |
1.
Guru menyapa, mengucap salam,
meminta peserta didik
berdoa sebelum belajar. 2.
Guru memeriksa kehadiran peserta didik. 3.
Guru dan peserta didik
melakukan tanya jawab
sederhana tentang teks LHO yang
pernah dibaca atau
disimak. 4.
Guru mengaitkan pengalaman peserta
didik dengan kegiatan pembelajaran dan materi
yang akan dipelajari yakni tentang struktur teks laporan hasil
observasi (LHO). 5.
Guru menyampaikan manfaat mempelajari struktur teks LHO. 6.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. 7.
Guru menyampaikan penilaian atau asesmen yang
akan dilakukan. |
Kegiatan Inti (90
menit) |
a. Mengamati LITERASI 1.
Peserta didik membaca materi
struktur teks laporan hasil observasi dalam
buku peserta didik. b. Menanya BERPIKIR KRITIS 1.
Guru meminta peserta didik
untuk memaknai analogi bagian
tubuh bangunan atau
tubuh manusia dengan
struktur teks LHO. 2.
Peserta didik menyimak contoh
analisis struktur teks
LHO berjudul Penumpang Bus Kota dalam
buku paket. 3.
Peserta didik secara berkelompok menganalisis struktur teks
LHO Bendi di Kota Padang
dalam lembar kerja
peserta didik (LKPD). c. Mengumpulkan Informasi (kolaboratif) 1.
Peserta didik bekerja sama
menganalisis dan memetakan bagian-bagian teks LHO
seperti yang sudah
dipelajari. 2.
Guru memfasilitasi kegiatan diskusi kelompok belajar peserta
didik. d.
Mengomunikasikan (kolaboratif, komunikatif) 1.
Peserta didik mempresentasikan hasil
analisis struktur teks
LHO Bendi di Kota Padang. 2.
Peserta didik lain sebagai
audiens menyimak dan menanggapi presentasi kelompok peserta didik
yang presentasi. e.
Mengasosiasikan 1.
Peserta didik memperoleh penguatan dari guru terkait hasil analisis struktur teks LHO Bendi
di Kota Padang. |
Penutup (15 menit) |
1.
Guru mengapresiasi proses belajar
peserta didik. 2.
Guru mengajak peserta didik
merefleksi kegiatan belajar hari ini dengan pertanyaan “Apa yang sudah kita pelajari hari ini?” atau “Proses belajar apa yang paling menarik dan menantang?”. 3.
Peserta didik diminta guru
menyimpulkan materi dan kegiatan belajar
hari ini. 4.
Guru menyampaikan rencana kegiatan belajar berikutnya. 5.
Guru mengakhiri pembelajaran dengan
berdoa dan salam
penutup. |
Pertemuan Keempat
Pendahuluan (15 menit) |
1.
Guru menyapa, mengucap salam,
meminta peserta didik
berdoa sebelum belajar. 2.
Guru memeriksa kehadiran peserta didik. 3.
Guru dan peserta didik
melakukan tanya jawab
sederhana tentang pemahaman awal tentang paragraf deksripsi dan paragraf eksposisi. 4.
Guru mengaitkan pengalaman
peserta didik dengan kegiatan pembelajaran dan materi yang akan dipelajari yakni tentang deskripsi dan eksposisi
dalam teks laporan hasil observasi (LHO). 5.
Guru menyampaikan manfaat mempelajari deskripsi dan eksposisi dalam teks LHO. 6.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. |
Kegiatan Inti (90
menit) |
a. Mengamati LITERASI 1.
Peserta didik membaca materi identifikasi paragraf deskripsi dan paragraf eksposisi dalam laporan hasil observasi dalam
buku paket. b. Menanya BERPIKIR KRITIS 1.
Guru meminta peserta didik
membandingkan atau membedakan ciri paragraf deksripsi dan paragraf eksposisi. 2.
Peserta didik berlatih secara
mandiri untuk menemukan paragraf deskripsi dan
paragraf eksposisi dalam
buku paket halaman
25-26. c. Mengumpulkan Informasi (kolaboratif) 1.
Antar peserta didik membandingkan atau mencocokkan jawaban tanda centang pada
masing-masing kolom paragraf. d. Mengomunikasikan (kolaboratif, komunikatif) 1.
Peserta didik mempresentasikan hasil
analisis paragraf deskripsi maupun eksposisi kepada guru. 2.
Peserta didik lain sebagai
audiens menyimak dan menanggapi pemaparan peserta didik yang
mempresentasikan. e. Mengasosiasikan 1.
Peserta didik memperoleh
penguatan dari guru terkait hasil analisis paragraf deskripsi dan
eksposisi dan peran pentingnya dalam penyusunan teks LHO. |
Penutup (15
menit) |
1.
Guru mengapresiasi proses belajar peserta didik. 2.
Guru mengajak peserta didik
merefleksi kegiatan belajar hari ini dengan pertanyaan “Apa yang sudah kita pelajari hari ini?” atau “Proses belajar apa yang paling menarik dan menantang?”. 3.
Peserta didik diminta guru menyimpulkan materi
dan kegiatan belajar hari
ini. 4.
Guru menyampaikan rencana kegiatan belajar berikutnya. 5.
Guru mengakhiri pembelajaran dengan
berdoa dan salam
penutup. |
Pertemuan Kelima
Pendahuluan (15 menit) |
1.
Guru menyapa, mengucap salam,
meminta peserta didik
berdoa sebelum belajar. 2.
Guru memeriksa kehadiran peserta didik. 3.
Guru dan peserta didik
melakukan tanya jawab
sederhana tentang pemahaman awal tentang kaidah
penulisan kata yang
sesuai dengan Ejaan
Bahasa Indonesia (EBI). 4.
Guru mengaitkan pengalaman belajar
peserta didik dengan
kegiatan pembelajaran dan
materi yang akan dipelajari yakni tentang identifikasi kata bahasa
daerah dan bahasa asing dalam
teks laporan hasil observasi (LHO). 5.
Guru menyampaikan manfaat mengidentifikasi kata-kata dari bahasa
daerah dan bahasa
asing dalam teks LHO. 6.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan asesmen yang akan dilakukan. |
Kegiatan Inti
(90 menit) |
a. Mengamati LITERASI 1.
Peserta didik membaca materi mengenal tanda baca dan penulisan kata berbahasa daerah dan asing dalam
buku paket. b. Menanya BERPIKIR KRITIS 1.
Guru meminta peserta didik
menjelaskan pentingnya tanda
baca dalam sebuah
kalimat. 2.
Guru dapat menganalogikan dengan lagu tanpa melodi. c. Mengumpulkan Informasi 1.
Para peserta didik mengumpulkan jawaban pentingnya tanda
baca untuk sebuah
kalimat. 2.
Peserta didik berlatih mandiri
menempatkan tanda baca
dalam kalimat-kalimat yang
tersedia pada buku paket halaman 29-30. 3.
Peserta didik secara berkelompok
mengerjakan lembar kerja peserta didik (LKPD) untuk mengidentifikasi kata-kata berbahasa daerah dan
asing yang mereka
temukan dalam teks laporan
hasil observasi yang mereka cari sendiri dari berbagai sumber (kegiatan 8). d. Mengomunikasikan (kolaboratif, komunikatif) 1.
Kelompok peserta didik
menyampaikan hasil temuan kata dan analisis penulisannya sudah
sesuai EBI atau belum 2.
Peserta didik lain sebagai
audiens menyimak dan menanggapi pemaparan peserta didik yang
mempresentasikan. e.
Mengasosiasikan 1.
Peserta didik memperoleh
penguatan dari guru terkait hasil
analisis kata berbahasa daerah dan asing
yang ditemukan dalam
artikel laporan hasil
observasi. |
Penutup (15
menit) |
1. Guru mengapresiasi proses belajar peserta didik. |
2.
Guru mengajak peserta didik
merefleksi kegiatan belajar hari ini dengan pertanyaan “Apa yang sudah kita pelajari hari ini?” atau
“Proses belajar apa yang paling
menarik dan menantang?”. 3.
Peserta didik diminta guru menyimpulkan materi
dan kegiatan belajar
hari ini. 4.
Guru menyampaikan rencana kegiatan belajar berikutnya. 5.
Guru mengakhiri pembelajaran dengan
berdoa dan salam
penutup. |
Pertemuan Keenam
Pendahuluan (15 menit) |
1. Guru menyapa, mengucap salam, meminta
peserta didik berdoa
sebelum belajar. 2. Guru memeriksa kehadiran peserta didik. 3. Guru
dan peserta didik melakukan tanya jawab sederhana tentang tip menyajikan teks laporan hasil observasi yang baik dan menarik. 4. Guru
mengaitkan jawaban peserta didik dengan materi yang akan dipelajari yakni kegiatan proyek menyusun teks
laporan hasil observasi. 5. Guru menyampaikan manfaat menyusun laporan
hasil observasi dalam
keseharian. 7. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan asesmen yang
akan dilakukan. |
Kegiatan Inti (90 menit) |
a.
Mengamati LITERASI 1. Peserta didik
menentukan topik yang
akan diangkat dalam
laporan hasil observasi berdasarkan hal atau kejadian yang dekat dengan lingkungan
keseharian mereka (perencanaan proyek). b. Menanya BERPIKIR KRITIS 1. Guru
meminta peserta didik menjelaskan alasan mengapa mengambil topik tersebut. 2. Peserta didik
menyusun lini masa
rencana penegrjaan proyek
penulisan laporan hasil
observasi. c.
Mengumpulkan
Informasi (proses pengamatan) 1.
Para peserta didik
mendata informasi yang
diperlukan dalam proses
pengamatan. 2. Peserta didik
melakukan pengamatan dan
menentukan gagasan pokok
untuk pengembangan paragraf laporan hasil
observasi. |
Penutup (15 menit) |
a.
Guru mengapresiasi proses
belajar peserta didik. b.
Guru mengajak peserta didik merefleksi kegiatan belajar hari ini dengan pertanyaan “Apa yang sudah
kita pelajari hari ini?” atau “Proses belajar apa yang paling menarik dan menantang?”. c. Peserta didik
diminta guru menyimpulkan materi dan kegiatan belajar hari ini. d. Guru menyampaikan rencana kegiatan belajar berikutnya. e. Guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa
dan salam penutup. |
Pertemuan Ketujuh
Pendahuluan (15 menit) |
1.
Guru menyapa, mengucap salam,
meminta peserta didik
berdoa sebelum belajar. 2.
Guru memeriksa kehadiran peserta
didik. 3.
Guru dan peserta didik melakukan
tanya jawab sederhana tentang pengalaman pengamatan peserta
didik sebagai proses
pengumpulan data dan informasi teks
LHO. 4.
Guru mengaitkan jawaban peserta
didik dengan materi
yang akan dipelajari yakni kegiatan proyek
menyusun teks laporan hasil observasi. 5.
Guru menyampaikan manfaat menyusun laporan hasil observasi dalam keseharian. 6.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan
asesmen yang akan
dilakukan. |
Kegiatan Inti
(90 menit) |
a. Mengamati LITERASI 1.
Peserta didik mengulas kembali
topik dan gagasan utama yang didata
sebagai bahan pengamatan dalam proses penyusunan laporan hasil observasi. b. Menanya BERPIKIR KRITIS 1.
Guru meminta peserta didik
melaporkan hasil pengamatan apakah datanya sudah
cukup atau belum. c. Mengumpulkan Informasi (proses
penulisan) 1.
Peserta didik menulis laporan
hasil observasi sesuai
struktur teks LHO berdasarkan data
dan informasi yang diperoleh selama pengamatan. |
Penutup (15 menit) |
1.
Guru mengapresiasi proses belajar peserta didik. 2.
Guru mengajak peserta didik
merefleksi kegiatan belajar hari ini dengan pertanyaan “Apa yang sudah kita pelajari hari ini?” atau “Proses belajar apa yang paling menarik dan menantang?”. 3.
Peserta didik diminta guru menyimpulkan materi
dan kegiatan belajar
hari ini. 4.
Guru menyampaikan rencana kegiatan belajar berikutnya. 5.
Guru mengakhiri pembelajaran dengan
berdoa dan salam
penutup. |
Pertemuan Kedelapan
Pendahuluan (15 menit) |
1. Guru menyapa, mengucap salam, meminta peserta didik berdoa sebelum
belajar. 2. Guru memeriksa kehadiran peserta didik. 3. Guru dan peserta didik melakukan tanya jawab
sederhana tentang pengalaman pengamatan peserta
didik sebagai proses
pengumpulan data dan informasi teks
LHO. 4.
Guru mengaitkan jawaban peserta didik dengan
materi yang akan
dipelajari yakni kegiatan proyek menyusun teks
laporan hasil observasi. 5.
Guru menyampaikan manfaat
menyusun laporan hasil
observasi dalam keseharian. 6.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, kegiatan
pembelajaran, dan asesmen yang akan dilakukan. |
Kegiatan Inti (90
menit) |
a. Mengamati LITERASI 1. Peserta didik mengulas kembali topik dan
gagasan utama yang didata sebagai bahan pengamatan dalam
proses penyusunan laporan hasil observasi. b. Menanya BERPIKIR KRITIS 1. Guru meminta peserta didik melaporkan hasil pengamatan
apakah datanya sudah cukup atau belum. c. Mengumpulkan
Informasi (proses penulisan) 1. Peserta didik menyunting laporan hasil observasi sesuai struktur teks
LHO berdasarkan data
dan informasi yang
diperoleh selama pengamatan. |
Penutup (15 menit) |
1.
Guru mengapresiasi proses belajar peserta
didik. 2.
Guru mengajak
peserta didik merefleksi kegiatan belajar hari ini dengan pertanyaan “Apa yang sudah kita pelajari hari ini?” atau “Proses belajar apa yang paling menarik dan menantang?”. 3. Peserta didik diminta
guru menyimpulkan materi
dan kegiatan belajar hari
ini. 4. Guru menyampaikan rencana
kegiatan belajar berikutnya. 5. Guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa dan salam penutup. |
Pertemuan Kesembilan
Pendahuluan (15 menit) |
1.
Guru menyapa, mengucap salam,
meminta peserta didik
berdoa sebelum belajar. 2.
Guru memeriksa kehadiran peserta didik. 3.
Guru dan peserta didik melakukan
tanya jawab sederhana tentang pengalaman pengamatan peserta didik sebagai proses
pengumpulan data dan
informasi teks LHO. 4.
Guru mengaitkan jawaban peserta
didik dengan materi
yang akan dipelajari yakni kegiatan proyek
menyusun teks laporan hasil observasi. 5.
Guru menyampaikan manfaat menyusun laporan hasil observasi dalam keseharian. 6.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan
asesmen yang akan
dilakukan. |
Kegiatan Inti
(90 menit) |
a. Mengamati LITERASI 1.
Kelompok peserta didik memeriksa ulang
laporan hasil observasi. b.
Mengomunikasikan (kolaboratif, komunikatif) 1.
Peserta didik menyampaikan laporan hasil observasinya untuk
mend guruanggapan dari
kelompok peserta didik
lain dan guru |
Penutup (15
menit) |
1. Guru mengapresiasi proses belajar peserta
didik. |
2.
Guru mengajak peserta didik
merefleksi kegiatan belajar hari ini dengan pertanyaan “Apa yang sudah kita pelajari hari ini?” atau “Proses belajar apa yang paling menarik dan menantang?”. 3.
Peserta didik diminta guru menyimpulkan materi
dan kegiatan belajar hari
ini. 4.
Guru menyampaikan rencana kegiatan belajar berikutnya. 5.
Guru mengakhiri pembelajaran dengan
berdoa dan salam
penutup. |
Nama :
Tanggal :
Petunjuk pengerjaan:
1) Bacalah
teks Sepeda Motor di Indonesia
dengan saksama dalam
buku paket kalian
2) Isilah
tabel gagasan utama dengan jawaban
yang tepat.
Tabel Pengisian:
Nama :
Tanggal :
Petunjuk pengerjaan:
1) Bacalah teks Bendi di Kota Padang dengan saksama dalam buku paket kalian
3) Isilah
tabel analisis struktur
teks LHO dengan
jawaban yang tepat.
Tabel struktur teks Bendi
di Kota Padang
No. |
Struktur Teks |
Kalimat dalam Teks |
1 |
Pembuka (Definisi Umum) |
|
2 |
Isi (Deskripsi Bagian) |
|
3 |
Penutup (Simpulan) |
|
LEMBAR KERJA PESERTA
DIDIK
Pertemuan Ke-5
Nama :
Tanggal :
Petunjuk pengerjaan:
ASESMEN FORMATIF
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 3 Penajam Paser Utara Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester :
VII / Ganjil Jumlah Soal : 5 Soal
Bentuk Soal :
Pilihan Ganda
Pilih satu jawaban benar!
1.
Bacalah kutipan teks berikut dengan
cermat!
Bencana
alam adalah suatu peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia.
Bencana alam dapat terjadi
di mana pun dan kapan pun, tak terkecuali di Indonesia. Indonesia merupakan negara kepulauan
yang rawan bencana alam. Itulah sebabnya, Indoensia
banyak mengalami bencana alam terutama gempa bumi, gunung Meletus, banjir, dan tanah
longsor.
Dari teks tersebut yang termasuk dalam definisi umum laporan hasil observasi adalah ….
A. Bencana alam adalah suatu persitiwa alam
yang mengakibatkan dampak
besar bagi populasi manusia.
B. Bencana alam dapat terjadi di mana pun dan kapan pun,
tak terkecuali di Indonesia.
C.
Indonesia merupakan negara
kepulauan yang rawan bencana alam.
D.
Itulah sebabnya Indonesia
banyak mengalami bencana
alam.
2.
Bacalah teks di bawah ini dengan saksama
untuk menjawab soal nomor 2 dan 4!
Kerajinan tenun Buton merupakan salah satu kerajinan yang menjadi
primadona masyarakat Provinsi Sulawesi
Tenggara. Sejak dahulu,
sebagian besar Wanita Buton dikenal
pandai menenun. Kepandaian menenun inilah yang meyebabkan hasil karya tenunan
Buton berkembang cukup besar.
Daya Tarik dari tenun Buton adalah motif-motifnya yang
menggambarkan objek alam yang mereka
temukan di sekitar. Selain itu, motif-motifnya sangat bervariasi. Selain kain,
hasil kerajinan tenun Buton telah
dibuat dalam bentuk lain seperti baju, jas, sarung, selendang, topi, dan tas. Para perajin juga sedang
mengembangkan ide kreatifnya dengan membuat tenunan
yang digunakan untuk gorden, taplak meja, alat dekorasi, dan peralatan rumah tangga
lainnya.
Kain tenun Buton yang dikenakan seseorang menunjukkan
status sosial orang tersebut. Kain tenun dengan motif sederhana
(kasopa) biasanya digunakan
untuk gadis dari kalangan umum. Gadis dari kalangan bangsawan
biasanya memakai kain tenun dengan motif yang
lebih rumit dan didominasi warna perak.
Informasi yang sesuai dengan
teks laporan hasil observasi tersebut
adalah …
A.
Daya tarik dari Tenun Buton adalah motif-motifnya menggambarkan objek sosial.
B. Kain Buton dikenakan oleh seseorang untuk menunjukkan status
sosial dalam masyarakat.
C. Gadis
dari kalangan umum biasanya menggunakan kain tenun dengan motif lebih rumit.
D. Tenun Buton merupakan salah
satu kerajinan yang menjadi primadona masyarakat Sumata.
3.
Simpulan isi paragraf
teks di atas adalah …
A.
Daya tarik tenun Buton
B.
Perajin tenun Buton
C.
Perkembangan tenun Buton
D.
Dominasi warna tenun
Buton
4.
Arti kata motif dalam teks laporan
hasil observasi tersebut adalah ….
A.
Bentuk
B.
Warna
C.
Jenis
D.
Corak
5. Cermati kalimat-kalimat acak berikut!
1)
Tingkatan derajat
ini terbukti dalam aturan pemakaian batik
pada masa Paku Buwono III.
2)
Motif ini menunjukkan sebuah
tingkatan derajat sosial yang sangat tinggi dibanding motif-motif lainnya.
3) Hal ini mengandung arti bahwa kain batik memiliki
aturan dalam pemakaiannya.
4)
Batik mengandung sebuah
tatanan bagi para pemakainya.
5)
Sebagai contoh penggunaan motif parang rusak barong.
Urutan
kalimat-kalimat acak tersebut agar bisa menjadi teks laporan hasil observasi
yang padu adalah …
A. 4) – 1)
– 5)
– 3) – 2)
B. 4) – 2) – 1) – 5) – 3)
C. 4) – 3) – 5) – 2) - 1)
D. 4) – 5) – 1) – 2) – 3)
Kunci Jawaban: 1.
A 2.
B 3.
C 4.
D 5.
D Skor setiap
butir soal = 20 Penghitungan
skor akhir = Jumlah jawaban
benar x skor
Contoh: Jumlah soal
jawaban benar 4 4 x 20
= 80 |
RUBRIK PENILAIAN PROYEK
Lakukan sebuah pengamatan objek sosial dengan teman kelompokmu, lalu tulislan sebuah
teks laporan haisl
observasi sesuai struktur, kaidah kebahasaan, dan penulisan EYD.
No. |
Aspek Penilaian |
Skor |
|||
4 |
3 |
2 |
1 |
||
1 |
Perencanaan |
|
|
|
|
a. Merumuskan tema pengamatan |
Lengkap |
Kurang Lengkap |
Sedikit |
Tidak terkonsep |
|
b. Proses
pengumpulan data |
Lengkap |
Banyak |
Sedikit |
Sedikit sekali |
|
2 |
Pelaksanaan |
|
|
|
|
a. Proses pengamatan |
Lengkap |
Sebagian besar |
Sebagian kecil |
Tidak lengkap |
|
3 |
Laporan |
|
|
|
|
a. Teks LHO disusun sesuai
struktur (definisi umum, deskripsi
bagian, dan simpulan) |
Lengkap |
Hanya ada dua dari tiga struktur |
Hanya ada satu
dari 3 struktur |
Tidak sesuai |
|
b. Teks LHO sesuai
aspek kebahasaan (penggunaan verba, (kata kerja), adjektiva (kata sifat), sinonim, antonim,konjungsi) |
Lengkap |
Hanya ada 4
dari 5 kaidah kebahasaa n |
Hanya ada 3
dari 5 kaidah kebahasaa n |
Hanya ada 2 dari 5 kaidah kebahasaan |
|
c.. Teks LHO ditulis dengan
memerhatikan kaidah penulisan tata bahasa Indonesia (EYD)
yang tepat |
Sesuai |
Sebagian besar sesuai |
Sebagian kecil
sesuai |
Sebagian besar tidak sesuai EYD |
|
Skor maksimal |
24 |
Pedoman penskoran = Total skor yang diperoleh x 100
Skor maksimal
Contoh:
22 x 100 = 91,6
24
MATERI BACAAN GURU DAN SISWA
Teks laporan
hasil observasi sering disebut dengan teks LHO. Teks ini berfungsi memberikan informasi mengenai sutau objek atau situasi setelah
melakukan observasi atau pengamatan.
Jenis teks ini juga sering disebut
teks klasifikasi karena
berisi klasifikasi tentang
jenis objek atau situasi sesuai
kriterianya sehingga informasinya
bersifat lebih spesifik.
Struktur teks LHO ada tiga:
1.
Definisi Umum (Pembuka), memuat
keterangan umum serta berbagai informasi tambahan dari yang diamati.
2.
Deskripsi Bagian (Isi), berisi pemaparan secara rinci mengenai
beberapa bagian yang kemudian membentuk kesatuan hal yang dilaporkan.
3.
Penutup (Simpulan), yaitu berupa kesimpulan atau pemaparan penulis mengenai kegunaan, kelebihan, serta manfaat
dari objek atau situasi yang diobservasi.
Ciri – Ciri Teks Laporan
Hasil Observasi
1. Ditulis secara
lengkap dan sempurna.
2. Bersifat objektif,
global, dan universal.
3. Objek yang akan dibicarakan atau dibahas adalah
objek tunggal.
4. Ditulis berdasarkan fakta sesuai pengamatan yang telah dilakukan.
5. Informasi teks merupakan hasil
penelitian terkini yang sudah terbukti
kebenarannya.
6. Tidak mengandung prasangka/dugaan yang menyimpang atau tidak tepat.
7. Saling berkaitan
dengan hubungan berjenjang antara kelas dan subkelas yang terdapat di dalamnya.
8. Tidak adanya
bagian penutup dari penulis. Penulis
hanya melaporkan apa yang dilihat
dan diketahuinya berdasarkan hasil analisis serta observasinya.
9. Menitikberatkan pada
pengelompokkan segala sesuatu ke dalam jenis-jenis dengan ciri atau keadaannya
secara umum.
10. Disajikan secara
menarik, baik kata, bahasa, isinya
berbobot maupun susunannya logis.
11. Teks laporan hasil
observasi menggambarkan sesuatu secara umum dan sesuai fakta, tanpa
adanya opini penulis.
Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi
Teks laporan hasil
observasi sangat berkaitan dengan penelitian dan pengetahuan, maka hal ini termasuk ke dalam jenis teks formal yang mengharuskan bahasa
yang baku atau sesuai
kaidah bahasa
indonesia yang baik dan benar,
serta mudah dipahami.
Kaidah kebahasaan teks
laporan hasil observasi di antaranya:
1. Menggunakan verba (kata kerja)
2. Menggunakan adjektiva (kata sifat)
3. Menggunakan sinonim
4. Menggunakan antonim
5. Menggunakan kata penghubung (konjungsi)
Sumber referensi tambahan
selain dari buku paket:
https://www.kompas.com/skola/read/2022/05/31/100000969/struktur-teks-laporan-hasil- observasi-berserta-tujuannya?page=all
https://kumparan.com/berita-hari-ini/penegrtian-struktur-dan-kaidah-kebahasaan-teks- laporan-hasil-observasi-1wFi1VEpdhz
KEGIATAN REMIDIAL
DAN PENGAYAAN
Remidial Teks LHO
Analisislah penulisan bahasa asing maupun bahasa daerah
yang kamu temukan dalam sebuah teks LHO. Teks LHO dapat
kamu cari di buku maupun internet.
Pengayaan Teks LHO
Buatlah daftar objek atau situasi yang dapat diamati baik di lingkungan sekitar
rumah maupun di lingkungan sekolah
GLOSARIUM
Definisi : Kata,
frasa, atau kalimat yang mengunkapkan makna, keterangan , atau ciri utama dari orang, benda, proses, atau aktivitas.
Deskripsi : Pemaparan
atau penggambaran dengan kata- kata
secara jelas dan terperinci
Eksposisi : Teks yang berisi uraian atau informasi, bertujuan menyampaikan pendpaat atau gagasan, disajikan
dengan fakta untuk memperkuat informasi.
Fakta : Hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan
atau benar-benar terjadi
Observasi : Peninjauan secara cermat
Objek : Benda, hal, dan sebagainya yang dijadikan sasaran untuk diteliti, diamati,
diperhatikan, dan sebagainya
DAFTAR PUSTAKA
Gusfitri, Maya Lestari, Elly Delfia. 2021. Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII.
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Gusfitri, Maya Lestari, Elly Delfia. 2021. Buku
Panduan Guru Bahasa Indonesia Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kamus Besar Bahasa
Indonesia Edisi Kelima
(Luring)
Komentar
Posting Komentar